Cara Mudah Mengubah BPJS Kesehatan Perusahaan Menjadi BPJS Mandiri

Cara Mengubah BPJS Perusahaan menjadi BPJS Mandiri

Assalamualaikum, pemirsaaa.. Apa kabar nih semuanya? Kangen gak sama tulisan saya yang gak nyampah? Harus kangen dong. Karena kali ini saya ingin sharing seputar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial alias BPJS, tepatnya yang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Mau cerita cara buat baru? Bukaaaaan, karena untuk yang satu itu sudah buanyak sekali yang menulis, dan caranya mudah kok. Seperti misalnya di tulisan Natalixia ini.

Yang mau saya share kali ini adalah Cara Mengubah Status BPJS Kesehatan Perusahaan menjadi BPJS Kesehatan Mandiri. Ngggg gemana-gemana maksudnya? Saya kupas satu-satu ya biar lebih asyik masyuuuuk:

Kenapa harus mengubah status BPJS Perusahaan menjadi Mandiri? 

Gini ceritanya, saya sudah punya BPJS Kesehatan Mandiri sejak tahun 2014, namun pada tahun 2015 saya bekerja di perusahaan S, sehingga dibayarkan oleh kantor. Di tahun 2016, saya resign sehingga perusahaan S berhenti bayarin iuran saya. Karena saya ingin tetap punya BPJS Kesehatan, maka saya harus mengubah statusnya. Dari yang pertamanya dibayarin perusahaan jadi bayar sendiri saja.

Alasan lain selain resign, bisa juga karena perusahaan kamu tiba-tiba stop membiayai BPJS. Intinya, ketika tempat kamu bekerja sudah berhenti bayarin iuran, buru-buru deh ganti status dari single jadi menikah. Karena kalau dibiarin, kamu jadi tidak dianggap punya BPJS. Ih, kalo ada apa-apa deg-degan dooong.

Jika setelah putus hubungan dengan perusahaan saya tidak ganti status, namun tetap bayar bagaimana? 

Nahhh, ini sama percis dengan yang saya alami. Saya pikir, kalau tidak dibayari kantor lagi maka akan otomatis balik lagi statusnya ke BPJS Kesehatan Mandiri. Jadinya tahun lalu itu saya terus saja bayar iuran perbulannya. Cuma saya agak bingung, iuran kelas 1 dari 59ribu kan naik jadi 80ribu nih. Kok tiap mau bayar di Mandiri jatohnya selalu tetap 59ribu? Ternyata itu karena statusnya belum move-on dari status yang dulu. Jadi yang ditagihkan masih segitu-segitu aja biayanya. Mendingan stop aja transfer setiap bulannya, karena gak ngefek, gak keitung.

Jadi duit yang kita bayar setelah nggak dibayarin perusahaan ke mana dong? 

Masih ada, jatohnya semacam mengendap gitu. Pada kasus saya, ada sekitar 5 kali saya bayar tiap bulannya sebanyak 59ribu. Ketika kemarin saya aktifkan lagi yang Kesehatan Mandiri, kata mas-mas loket sih uang itu akan membayar iuran saya di bulan-bulan berikutnya. Misalnya total ada 600ribu, maka sekitar 3-4 bulan ke depan saya tidak usah bayar lagi, akan terdebet dari situ.

Ok, cukup basa-basinya. Saya mau ubah status kayak kakak. Syaratnya apa saja ya? 

  1. Kalau kita resign, bawalah surat pernyataan resign dari perusahaan. Karena saya resign dari tahun lalu dan baru mengurus kemarin, saya tidak ada surat resign. Namun setelah dicek status BPJS Perusahaan saya sudah dinonaktifkan. Maka tidak masalah tidak ada surat resign.
  2. Kartu Keluarga (asli dan fotocopy)
  3. KTP (asli dan fotocopy)
  4. Kartu BPJS. Kalau belum dicetak seperti saya, yang penting ada yang bentuk PDF itu loh yang dulu sempat dikirim ke email. Itu aja diprint yes.
  5. Buku tabungan Mandiri/BNI/BRI. Hanya jika kamu mau yang kelas 1. Sedangkan kalau BPJS kelas 3 tidak harus melampirkan buku tabungan.
  6. Foto 3×4 (2 lembar). Kemarin sih saya nggak diminta, tapi buat jaga-jaga ya bawa aja.

Ok. Ngerti sama semua syaratnya. Apakah ini semua bisa secara online atau by phone? Secara bikin pertama kali saja bisa lewat telepon. 

Sayangnya, kamu harus datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Misalnya saja di KK dan KTP saya masih tertera Pondok Bambu Jakarta Timur, maka saya datang ke kantornya yang berlokasi di Jalan Sugi, Rawamangun.

Cara Mengubah BPJS Perusahaan menjadi BPJS Mandiri
Aih ini fotonya gak bisa yang cakepan ya? Yang uratnya gak kluar kek kang mandor gitu. :))

Saya sudah datang ke kantor BPJS. Ke mana saya harus mengadu? 

Jika di kantor Rawamangun, langsung aja turun ke basement untuk menuju LOKET A. Di samping satpam ada beberapa form. Pilih formulir untuk MEMBUAT BPJS PESERTA BARU. Saya sempat bertanya pada petugas A, dan dia bilang formnya bukan seperti bikin yang baru. Saya agak kzl karena pak satpam bilang form yang diisi untuk kasus saya adalah form membuat peserta baru. Petugas A keder, dia nanya sama petugas B. Petugas B ternyata 1 suara dengan pak satpam. Dan karena tampang petugas B lebih yakin dan lebih ganteng, saya ikutin aja deh.

Saya isi 2 form. Form pernyataan, sama form data diri gitu. Isi NIK, nomor BPJS yang sudah ada, dll. Jika semua sudah lengkap diisi, balik lagi ke pak satpam dan minta nomor antrian. Saya datang jam 13.00, dapat antrian 212. Di saat itu, antrian ada di 130an. Biar gak terombang-ambing ketidakpastian, tanya pak satpam. Kira-kira dengan nomor antrian kamu, berapa lama lagi akan dipanggi. Pak satpam ndut dan unyuk itu bilang “Yaaah, sekitar 2 jam lah mbak. 1 jam aja bisa 30 – 50 orang.”

Bertolak dari pernyataan itu, saya makan siang dulu di warteg seberang BPJS, dan menyempatkan diri mengurus penggabungan NPWP dengan suami di KPP Pajak Matraman – Duren Sawit. Agak berpacu dengan waktu sih, tapi saya nekatin aja ke kantor pajak yang berjarak 5km dari Rawamangun. Hamdalah pas balik lagi jam 15.45, antriannya nomor 202. God bless me! :)) Selengkapnya tentang serba serbi penggabungan NPWP sudah saya bahas di postingan >> Langkah-langkah Penggabungan NPWP Istri dan Suami

Yeaaay. udah ngerti nih kak tips-tipsnya untuk ganti status. Kira-kira ada lagi gak masukannya biar aku gak bolak-balik untuk ngurus beginian? 

  • Saat nomor antrean dipanggil, tanya SEMUAAAA yang mau kamu tanya. Gak usah gak enak.
  • Saya tanya apakah bisa bayarnya didebet bulanan aja dari bank? Katanya bisa. Tapi saya harus ke banknya untuk mengomunikasikan hal tersebut. Karena BPJS tidak berwenang untuk mendebet dari rekening peserta.
  • Kalau keluarga seperti suami atau anak belum punya BPJS, sekalian bikin saat itu juga. Di form ada pilihannya kok “Anggota keluarga yang ingin dibayarkan”. Aduh saya lupa kalimat persisnya, tapi saya isi nama suami dan anak. Tapi kebetulan Mahe dan Sherpa baru bikin bulan lalu, jadi yang saya ubah cuma status pembayaran saja dimana saya yang bayarin tiap bulan untuk mereka.
  • Karena sebelumnya saya tinggal di Pondok Bambu, maka fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1 saya adalah puskesmas Pondok Bambu. Kirain gak bisa diubah, ternyata masnya nanya “Mau diubah gak nih?” Saya tanya apakah bisa di puskesmas Jatiwaringin, karena sekarang saya tinggal di Jatiwaringin. Petugasnya bilang bisa. Tapi saya memutuskan untuk tetap di Pondok Bambu saja yang lebih familiar.
  • Kartu Keluarga yang saya pakai ketika membuat BPJS di tahun 2014 adalah KK lama. Nah pas kemarin curhat sama mas-masnya kalo punya KK baru yang bertiga suami dan anak, masnya dengan baik mengubah data KK saya.

Udah sih itu aja. Oh ada juga beberapa tips yang mempermudah hidup kamu: 

  1. Sebelum berangkat, yakinkan lagi apa saja syaratnya dengan menelpon call center 1500400.
  2. Bawa ballpoint. Karena isi formulir antre, mendingan bawa pulpen sendiri biar gak stres tunggu-tungguan.
  3. Bawa minuman dan cemilan, secara tempatnya di basement yang suam-suam kuku. Kalo dehidrasi dan pingsan di sana sedih kan.
  4. Kalo sampe sana gak yakin, tanya sama minimal 3 orang. Karena jawaban mereka biasanya beda-beda.
  5. Jangan langsung ambil nomor antrian sebelum yakin itu loket yang benar dan formulir yang kamu isi adalah formulir yang betul. Foto nomor antrian, jadi kalo tiba-tiba keselip, ada buktinya.
  6. Ngantre adalah suatu hal yang pasti. Jadi jangan lupa bawa power bank biar tetep bisa Instastoryan.
  7. Spare 1 hari untuk urus beginian. Jadi mendingan cuti daripada ijin kantor. Yang ada diamuk HRD karena kamu keluar kantor bisa 4-5 jam!
  8. Kantor BPJS Kesehatan buka jam 08.00 – 15.00. Jam 3 sore itu batas akhir ambil nomor antrean. Karena kemarin pas nomor saya dipanggil udah jam 16.00, dan peserta bener-bener abis sekitar jam 16.45.

Semoga tips dan trik di atas membantu ya. Yang terakhir, jangan terlalu emosi sama petugas BPJS. Mereka menerima ratusan peserta tiap harinya yang selalu kebingungan, selalu emosi, dan mudah spanneng. Jadi ulaskan senyum di wajah manis kamu dan ucapkan terima kasih dengan menyebut namanya di akhir sesi. Semuanya mudah kalau kamu mengikuti prosedur kok. Semoga kita semua selalu sehat agar BPJS tidak pernah digunakan ya. Good luck! :)

95 thoughts on “Cara Mudah Mengubah BPJS Kesehatan Perusahaan Menjadi BPJS Mandiri”

  1. Haii Kak, saya juga baru urusin pindah ke Bpjs mandiri lagi, padahal resignnya sudah 2 tahun lalu. Rabu tanggal 27 Desember kemarin setelah antri 1 jam di BPJS Pancoran pas sampe depan petugasnya malah gak bisa diurus disana, katanya sudah didelegasikan di puskesmas2 terdekat.

    Besoknya saya ke puskesmas deket rumah ke loket BPJS nya, prosesnya cuma 5 menitan, yang diminta cuma fotokopi packlaring sama KK lalu sama petugas di scan dan disuruh datang lagi tgl 2 Januari besok buat aktivasi. Semoga sukses beneran tanggal 2 besok nih :)

    1. Waaah, ini informasi yang berbeda nih. Tapi bedannya mungkin kalo di kantor BPJS langsung bisa hari itu juga selesai ya. Kalo di puskesmas nunggu. Good luck!

      1. Farhan rizky ramadhan

        Kak persyratan apa aja yg hrs dibawa untuk mengaktifkan bpjs perusahaan ke bpjs mandiri, krna resign dari perusahaan, jdi di non aktifkan semua

      2. Kak beda saya kan d PHK, dan saya cek status BPJS saya digital sudah statusnya keluar dengan kemauan sendiri, persyaratan sama nggak sama kaya resign?
        Krn saya belum dapat paklaring dan surat PHK pun tdk dikasih perusahaan, mohon infonya Kak.. Terima kasih

      3. ka saya resign sudah dari januari terus baru mau urus sekarang ke mandiri lalu dari januari ke september ini saya bayar tunggakan atau tidak ya ka ? soalnya saya ga pakai juga itu bpjs kemarin

    2. Sya resign bru bln juni kmrn n awal nov kmrn sya ngurus bpjs dr yg awalnya ikut perusahaan pindah mandiri kq tetep hrs pakai surat resign ya?

      1. Nida Usalimah

        Terus gimana mba bisa dilanjutkan ga proses nya walau gada surat resign? Soalnya saya juga masalah nya gitu

      2. Siti sabardiyah

        Kk cantik,mksih tuk info nya,sy prnh tlp ke care center nya..gak nyambung” malah pulsa hp kesedot mulu..trs ta coba ke kantor nya lgsg ,,satpam nya bilng tlp aja ke care center…haduuuuh udah aq terangin susaaah….ttp ja hrs tlp care center..sy tinggal di bdh..mksih kk cantik

    3. Hai ka. Saat pindah status ke mandiri, adakah tunggakan/denda yg harus dibayar? Soalnya saya juga resign sekitar 2 taun lalu tapi belum ubah status bpjs ke mandiri.

  2. Tulisan yang amat terstruktur lagi informatif namun tetap ringan serta menarik dibaca sampai habis. Mamoi stunning deh!

  3. Nadia Isnuari

    monmaap…
    ay salah fokus ama komen-komenan mamoy dan papoy..

    nyooooowww
    so swit amatan :’)

  4. artikel yg bagus mb.. mudah d pahami..

    klo perpindahan dri perusahaan k mandiri apa mesti nunggu 14 hari jg utk pembayaran dan dapetin kartu mb?
    terimakasih

    1. saya sih gak harus ada nunggu2an ya. Tapi emang saya gak sempet dibuatkan kartu yang kerasnya itu karena sudah mau tutup. jadi kudu ke sana lagi kalo mau jadiin kartunya. :)

  5. Saya mau tanya, saya resign udah 3 tahun yang lalu dan udah gak bayar iuran selama 3 tahun. Lalu saya mau pindah ke bpjs mandiri apakah harus membayar tunggakan, atau jatohnya buat baru ?

    1. kita jadi seperti bikin baru, tapi dengan nomor yang sama kak. Gak bayar tunggakan kok, dimulai dari 0 lagi yaa :)

  6. Wenna wijayanti

    Kalo saya udh 2 tahun ga kerja lagi apakah bpjs kesehatan saya kena tunggakan, sedangkan ga saya urus sudah 2 tahun yg lalu?

      1. Farhan Iskandar

        Saya bingung, jadi kalo kita mau pindah dari BPJS perusahaan ke mandiri, kita harus bayar tunggakan dan denda apa tidak mbak? Mohon pencerahannya :)

  7. Wenna wijayanti

    Kalo gaada atm mandiri, bca, btn dan atm yg kerjasama dengan bpjs kesehatan, bisa ga pake atm itu, sedangkan ku ga punya buku rekening?

  8. hikmah zoldik

    1.kak kl misal dulu yg kerja suamiku, trus skrg mo pindah k bpjs mandiri, bisa ga yg urus saya istrinya??? krn dy sibuk…… bisa pke surat kuasa atau apa gitu…

    2. setelah berhasil pindah dr bpjs ketenagakerjaan k bpjs mandiri lngsung bisa d pakai atau harus nunggu dl??? kl misal nunggu kira2 brp hari kerja sejak terbit nomor VA

  9. Saya mengundurkan diri dari perusahaan, dan bpjs kesehatan saya bermasalah, dan ingin dirubah menjadi pribadi apakah bisa jika ingin merubah datanya tanpa paklaring. Terimakasih.

  10. Tiba2 bpjs sy pas tanggal byr nya tertulis tagihan sdh dibyr,lah jelas2 sy baru mo byr…bertanya ke bpjs ktnya bpjs mandiri sy dialihkan keperusahaan suami tp kt hrd nya tdk prnh ngajuin pengalihan…bgmn itu kan sy jd binggung gmn mo byrnya

  11. Mohon pencerahannya,
    Sebelumnya status saya dan istri masih bekerja dan punya bpjs kesehatan di kantor masing-masing. Setelah istri saya resign sejak februari 2019 krna ngurus anak. otomatis BPJS anak istri off.
    Pertanyaan ke-1: Bisa tidak anak istri saya urus BPJS Mandiri? tanpa ikut dari kantor saya
    pertanyaan ke-2: HRD saya bilang, klo 1 keluarga masih dalam 1 KK, tidak bisa dipisah, 1 kantor satu mandiri. ada 2 solusi katanya, anak istri bisa ikut bpjs dari kantor saya dgn konsekuensi proses peralihan tunggu sampai 3 bulan. dan saya tidak bisa lama menunggu sampai 3 bulan, anak saya masih balita soalnya, rentan kesehatan.
    solusi kedua, saya cabut dari keanggotaan kantor, dan semuanya urus mandiri. kira” begitu kah?
    Pertanyaan ke-3: Jika saya cabut dari keanggotaan kantor, apakah saya harus membayar sisa tunggakan anak istri saya sejak dari februari kemarin.

    Mohon pencerahannya, Trim’s

    1. Mau tanya jika tidak ada dokumen kk asli cuma ada foto copian aja bsa ga utk ngurus pindah bpjs mandiri

  12. Sarah meitasari

    Ka mau tanya dong kemaren kan saya abis ngurus bpjs dr perusahaan ke pribadi,setelah itu kan diberi kertas yg isinya langkah membayar bpjs nya ,tp kertas itu hilang ka ,gimana ya caranya untuk membayar tagihan supaya kartu bpjs nya aktif..?? Soalnya saya lupa kertas itu hilang ka,tolong info nya

  13. Rian Iskandar

    Maaf kak mau tanya,,
    Saya udah 6 bulan resign dan baru mau di urusin skrng dari BPJS perusahaan ke pribadi,,
    Nah yang saya mau tanyain apa bisa langsung aktif bpjs y dan bisa langsung di pakai setelah di pindahkan ke BPJS pribadi?
    Terimakasih sebelumnya

  14. Kak…aku abis kontrak udh setahun yg lalu,nah skrg aku baru mau alihin dari perusahaan ke pribadi…itu nnti kita kena denda gak sih ?terimkasih sebelumnya??

  15. Hai ka, mau tanya untuk urusnya harus sesuai dengan alamat ktp atau bisa dimana saja ya? Soalnya domisiliku beda dengan ktp. Makasih

  16. hallo kak, salah satu persyaratan pengurusan pemindahan status bpjs ke mandiri itu perlu buku tabungan (Mandiri, BNI & BRI) kalau gk punya apa tetap bisa di urus ?

  17. Ka, ak mau tanya, ak resign sudah 1tahun tp baru mau pindah bpjs pribadi sekarang, trs ak selama 1tahun gak bayar iuran bpjs nya, apa nnt ak kena denda? krna ak sudah pernah pakai buat lahiran,

  18. Hai kak, thanks utk infonya y
    Saya kbtulan baru mnikah n blm punya kk baru
    Apakah bs dirubah ke alamat tmpt tinggal saat ini? Karena beda kota dgn alamat terdahulu

  19. Kak saya awal nya mandiri dan kemudian pindah ke perusahaan , karena korona tempat kerja saya tutup dan bpjs saya tidak aktif lagi karena ada tunggakan , kalau saya ganti kemandiri lagi bisa nggak kak ?

  20. Kak,saya kan mau ngurus pindah bpjs perusahan kemandiri,
    Ngurus bpjs kekantor cabangnya sesuai alamat ktp apa sesuai sama alamat kartu bpjs ?

    1. Bisa!!!
      bayar via Market Place ky Tokopedia dkk atau via Virtual Account yg dkasih dr BPJS nya

      Mudahnya bayar aja di Indomaret

  21. Januar Iswoyo

    Maaf Kak mau tanya..klo status saya resign dari bulan desember 2019 dan status BPJS kesehatan dari perusahaan sudah di non aktifkan apakah masih bisa pindah ke BPJS Mandiri, kira2 ada biaya’nya ga ya…?

  22. Haii ka, saya mau nanya jadi awal tahun 2020 kemarin saya sudah tidak bekerja sampai bulan maret, selama waktu dari januari sampai maret saya tidak bayar iuran ka dan juga tidak mengganti status ke mandiri. Pas di bulan maret saya sudah mulai bekerja lagi sampai saat ini, tapi pas saya cek lewat aplikasi status bpjs saya saat ini Non aktif ka keterangannya ” Keluar kemauan sendiri”. Mohon infonya ada kendala apa ya kira2 ka?

    1. itu bpjs ketenagakerjaannya berarti udah dinonaktifkan oleh HRDnya. Mending langsung hubungi BPJSNya ya biar jelas

  23. Maaf kak mau tanya, aku juga resign tahun lalu nih.. ini mau pindh ke mandiri. Nah kan ada jeda waktu tuh, disuruh bayar pelunasan ngga untuk satu tahun itu? Atau ngga usah disuruh lunasin soalnya kan udah nonaktif

  24. Kalau baca2 digoogle bpjs kesehatan jika resign terus bpjs non aktif kalau dibiarkan tidak diurus selalu jawabannya kena denda. Tapi ngak ada yg beritahu perhitungan dendannya bagaimana. Berarti ngak kena denda ya Bu?.

    1. Aku sih gak kena denda ya. Tapi bisa jadi ada untuk peraturan baru. Biar yakin langsung hubungi BPJSnya yaa :)

  25. Kak kalo mau pindah ke bpjs mandiri, itu 1 kk kita juga harus bikin semua atau bisa buat saya aja ya kak buat nya

  26. Saya malah disuruh nyantumin nomor mbanking. Sedangkan mbanking saya sudah lama gak di pake. Karna ganti nomor hp. Uh ribet banget

  27. Kak saya kan sebelumnya terdaftar peserta pbi trus sya bekerja diperusahaaan dan perusahaaan yg membayar iuran saya, kemudian sya kluar dr perusahaan dan ingin kembali menjadi peserta pbi ato klo gk ya pindah faskes tingkat 3 biar ringan iurannya, gmana tuh ka caranya?

  28. Kak.. Aku mau tanya.. Kan aku barus resign bulan desember ini, dan status bpjs ku masih aktif krn bulan desember masih d claim sama perusahaan.. Tp untuk bulan januari 2021 aku baru bayar sendiri. Ino berarti statusnya non aktif di bulan januari ya.. Harus nunggu statusnya menjadi nonakaktif dulu baru bisa ubah kepesertaan menjadi mandiri atau gmn kak??? Trims

  29. Ka saya resign dari perusahaan feb 2020 dan karna baru 2 bulan kerja jdi ga dikasih paklaring karna katanya minimal 3 bln baru bisa dpt, apa masih bisa dipindahin statusnya ke mandiri? Mksh

  30. Saya resign desember dan status sudah non aktif. Terus saya mau beralih ke mandiri dan bisakah langsung pindah kelas 3 (sebelumnya kelas 1 di perusahaan). Mohon pencerahan. Trima kasih

  31. Klo mutasi dari Perudahaan ke Mandiri,tp yg difaftar hanya khusus pribadi(tidak ikut sertakan anggota,anak/istri) gmn boleh gk ?

  32. Retno Dwi Niarsih

    Kak ini kan saya mau ngurus bpjs dari perusahaan ke Mandiri tapi ini saya masih 1 KK sama orang tua saya..sedangkan nanti 2 bulan lagi saya mau menikah,otomatis saya pecah KK dong,,kalo menurusnya nanti kalo sehabis menikah gimana yha?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top