5 Aplikasi Wajib Punya Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

5 Aplikasi Ibu Hamil dan Menyusui

Jumpa lagi bersama saya di postingan pertama bulan Desember ini. How’s life, guys? Saya masih cuti melahirkan, dan akan masuk kantor lagi di awal Februari. So far, punya anak bayi ini ngeri-ngeri sedaaap. Ngeri ketika ditinggal ART pulang kampung (WHAT?! ANAK 2 GAK PAKE ART SAMSEK? BERANI MATI BANGET BUN!), dan sedap ketika cium-cium wangi leher anak bayi (yakaaan? Setuju kaaan?).

Hamdalah meski ART 1 pulang kampung untuk selamanya, dan ART 2 pulang kampung untuk sementara (entah kapan baliknya), saya punya support system yang super duper membantu dalam mengasuh 2 anak yang ngganteng-ngganteng. Ada suami yang bisa diandelin buat gendong dan ajak main anak, ada mertua yang bisa dititipin Sherpa, dan ada juga Mama yang bisa dititipin bayi ketika saya sesekali pergi ke luar rumah.

 

5 Aplikasi Ibu Hamil dan Menyusui

Nah, buat ibu baru atau ibu hamil, bantuan untuk kalian itu gak berhenti sampe situ aja. Bantuan berupa aplikasi yang berguna di dalam gadget kita juga super penting. Maklum, pregnancy brains dan kepanikan sana sini bisa bikin kita jadi gak terorganisir dan blank. I’ve been there and still swimming there, ladies!

Jadi, di postingan kali ini saya mau share 5 aplikasi ibu hamil dan menyusui yang paling membantu saya ketika hamil dan menjadi ibu baru. Tangkeeeeeep!

1. PrimakuDownload

Ini adalah aplikasi andalan saya untuk pengingat imunisasi anak. Dibuat oleh tim Ikatan Dokter Anak Indonesia, aplikasi ini sebelumnya dinamakan aplikasi PRIMA dan berganti nama jadi PRIMAKU.

Lumayan lengkap untuk dokumentasi tumbuh kembang anak, reminder vaksin, dan tips-tips stimulasi anak.

Aplikasi Ibu Hamil Primaku
Tampilan Aplikasi Primaku

2. TheAsianParent (TAP)Download

Apps TAP ini lebih ke arah komunitas sih. Ada artikel- seputar kehamilan, tumbuh kembang anak, video edukatif, dan berita-berita kekinian seputar parenting. Untuk ibu hamil, dia juga ada Pregnancy Wheel, semacam kalo minggu ke 8, bumil lagi ngalamin apa dan jabang bayi udah segede apa.

Nah, di bagian komunitas, kita bisa tanya jawab sesama parents, ada polling, dll.

Lumayan banget dijawabin sama parents-parents lain yang pernah mengalami apa yang jadi concern kita. Apps ini otomatis memakai bahasa Indonesia kalo IP address kita di Indonesia, dan langsung berubah jadi bahasa Inggris kalo kita di Singapore misalnya.

Oh ya, selain memiliki website, TAP juga sering bikin kuis atau polling berhadiah, serta event yang cucooo, jadi coba dipantengin aja yaa.

theAsianparent apps
Aplikasi theAsianparent
Aplikasi Ibu Hamil theAsianParent

3. Baby CenterDownload

Fitur paling tenar dari apps ini adalah pregnancy wheel & tracker, yang somehow super super tepat. Seperti pregnancy wheel di theAsianparent, cuma ini lebih detail lagi.

Misalnya: Janin usia 15 minggu, biasanya bumil udah gak terlalu mual. Dikasih tips supaya lebih seger dan gakmual, dikasih liat video workout yang sesuai untuk bumil, dll. Ada juga stimulasi persalinan, tips segala macem, dll.

Bahkan setelah bayi lahir, masih ada tips seperti tips mandiin bayi, kapan tali puser bayi puput, dan kiat-kiat untuk nidurin bayi dengan nyaman. Hanya saja karena ini apps luar negeri (UK), maka semuanya berkiblat ke parents yang bule, dan semua berbahasa inggris.

Jadi silakan disesuaikan dengan kebutuhan yes.

Apps Baby Center

4. Baby DaybookDownload

Orang tua baru, biasanya keteteraaan banget nginget-nginget udah pumping jam berapa, kapan harus pumping, anak tidur jam berapa, anak udah berapa kali pipis dan pup, daaaan segala printilan lain.

Di sini kamu bisa mencatatnya dengan lengkap kap kap. Tapi untuk kamu yang kurang apik dan resik dalam mencatat segala hal, hati-hati apps ini bisa bikin overwhelmed saking detailnya.

Aplikasi Baby Daybook

5. NetflixDownload

Oh come onnnn! Bumil dan ibu baru itu sungggguhhh terbantu dengan adanya Netflix. Apa itu Netflix? Aplikasi streaming film dan TV series yang super duper lengkap. Ketika mual-mual seharian, nonton film komedi sangat membantu bikin lupa dengan si mual. Saat anak minta nenen semalaman dan kita harus terjaga, Netflix ada untuk menemani.

Jadi saya sarankan kalo mau kasih kado ke ibu baru melahirkan, coba deh bayarin subscription Netflixnya selama 6 bulan, atau sekalian setahun. She’ll thank you. A lot.

Aplikasi Netflix

Itu dia 5 aplikasi ibu hamil dan menyusui andalan saya agar tetap waras dan bahagia dalam membesarkan dua anak. Apakah kamu ada saran juga mengenai aplikasi apa yang dapat membuat bumil dan busui lebih terbantu dan bahagia?

Fire away in comment section! Have a lovely days ahead, moms (and dads)!

4 thoughts on “5 Aplikasi Wajib Punya Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

  1. dadan.abdussobur says:

    Bagus sekali itu buat ibu-ibu yamg gampang panik yang sedang hamil, setidaknya banya pengetahuan mengenai kesehatn ibu dan anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *