Lebih Hemat Popok Sekali Pakai atau Clodi? Intip Hitungannya di Sini

Temen-temen yang punya bayi, pasti tahu kalo popok sekali pakai adalah penyelamat bangsa. Tidak langsung basah dan bocor, gak harus langsung ganti, tinggal buang, selesai deh masalah perpipisan dan perpupan.

Tapi apa iya masalahnya selesai di situ? Menurut Mongabay, popok sekali pakai menjadi penyumbang sampah terbanyak kedua di laut, yakni 21% menurut riset Bank Dunia pada 2017. Di peringkat pertama ada sampah organik yang mencapai 44%. Tidak hanya mempengaruhi kualitas air, ikan pun dapat terkontaminasi mikroplastik akibat memakan material plastik dari bahan popok yang dibuang sembarangan itu.

Sampah popok juga menjadi persoalan sungai di pulau Jawa. Sampah popok yang banyak dibuang ke sungai itu juga berpotensi mencemari sungai sebagai salah satu sumber air baku PDAM. Menurut Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton), sebanyak 3 juta popok sekali pakai dibuang warga ke sungai Brantas SETIAP HARI. This is crazy! 😰😭😱

I know, sulit sekali untuk tidak memakai diapers. Tapi kita bisa meminimalisir sampah popok dengan memakai Clodi atau Cloth Diaper. Berbeda dengan popok kain biasa, Clodi tidak langsung bocor karena punya penadah atau insert yang menahan cairan. Saya pribadi, memakai Clodi dari pagi sampai sore, baru memakai popok sekali pakai saat bayi tidur malam.

Jadwalnya seperti ini:

  • Setelah mandi pagi: 1 clodi
  • Siang jam 12: 1 clodi
  • Sore jam 15: 1 clodi
  • Setelah mandi sore: 1 clodi
  • Bobok malam: 1 popok sekali pakai
  • Kalau bocah pup, ganti clodi lebih sering. Jadi pakai clodi bisa 7x sehari.

Kalau saya share kepedulian tentang hal ini ke teman-teman, banyak juga yang penasaran dan bertanya nih. Berikut Frequently Asked Questions atau FAQ yang saya dapatkan:

1. Clodi kan mahal? Satunya bisa 30-100ribu (termasuk insert)

>> Iya, tapi jangka pendeknya jadi murah. Misalnya 1 hari butuh diapers 7, dikalikan Rp 2.000, adalah Rp 14.000. Untuk sebulan, habis Rp 420.000. Setahun? Habis Rp 5.040.000. Kalo anak pakai popok sampai 3 tahun, ya goodbye 15 jutaaaa.

Jika pakai Clodi, coba sehari 7 dikalikan Rp 50.000 adalah Rp 350.000. Minimal punya clodi untuk 2 hari, berarti 14xRp 50.000 = Rp 700.000. Lebih mahal satuannya, tapi bisa dipakai sampai anak usia 2-3 tahun!

2. Yah, pake clodi harus nyuci dong?

>> Jangan dikit-dikit mikir susahnya. Baju juga tiap hari kita cuci gak masalah.

3. Cara pakai clodi gimana sih?

>> Clodi ini adjustable alias bisa dikancingin sesuai besar badan si anak. Biar lebih jelas coba googling di youtube yah.

Cara memastikan clodi sudah ok

4. Gimana cara nyuci clodi?

>> Buang eeknya kalau ada (diflush). Rendem clodi, kucek-kucek, baru dimasukin mesin cuci. Jangan pake pemutih, bleaching, dan jangan kena sinar matahari super kenceng.

5. Di mana beli Clodi?

>> Banyak buangettt yang jual di online store, tapi saya beli di Shopee, yang harganya Rp 30,000 (sudah termasuk insert). Yang mau tahu toko pilihan saya, boleh komen di bawah yaa.

Selain lebih hemat, Clodi juga membantu mengurangi ruam popok yang biasanya diderita bayi-bayi yang memakai popok sekali pakai. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk buibuk yang concern dengan lingkungan dan ingin berhemat yesss. Yang masih ragu-ragu, coba dulu yuk, demi lingkungan yang lebih baik untuk anak kita yang masih piyik. Aye!

23 thoughts on “Lebih Hemat Popok Sekali Pakai atau Clodi? Intip Hitungannya di Sini

  1. tatakata says:

    wah bermanfaat bgt ini tulisannya dan informasinya kak, terutama buat yg punya baby jd sekarang bisa pake clodi aja dari pada popok sekali pakai

  2. Hendra Suhendra says:

    Thanks for sharing. Say hi from blogmashendra. Fenomena buang popok bekas ke sungai itu masih menjadi tren bagi sebagian masyarakat di Tanah Air. Apalagi bagi mereka yang enggan membuang ke tempat sampah dan membakarnya, yah lagi-lagi terbentur dengan mitos yang katanya, popok bekas gak boleh dibakar… Hadeeh…

    • titiw says:

      tapi dengan dibakar memang lebih bahaya mas karena menimbulkan masalah baru yaitu masalah pernapasan dan timbal berat. Semoga ada solusi terbaik ya. :)

    • titiw says:

      Lolll, dulu pas Sherpa pake clodi juga sesekali tapi kok bocor trus. ternyata emang kurang jago aja dlu makeinnya. Sekarang pas Kala dah enaaak banget. Lebih ramah lingkungan dan juga ramah di kantong.

    • titiw says:

      Coba search “Clodistore” di Shopee, aku pake yang clodi Little Hippo. Harga 14,500. Jangan lupa beli insertnya juga harganya 9,900.

    • titiw says:

      Coba search “Clodistore” di Shopee, aku pake yang clodi Little Hippo. Harga 14,500. Jangan lupa beli insertnya juga harganya 9,900. Jadi 1 clodi bisa abis sekitar 25,000 lah. tapi dompet dan lingkungan amaaan :)

      • Maya says:

        Halo kak baru nemu blog kaka.. ak ada coba beli beberapa merk sih cuma belum ku cuci soalnya babynya juga belum launching hehe.. oh ya yg merk little hippo ini bisa cuma di ganti insertnya aja ga ya? Jadi clodi covernya ga perlu diganti gitu.. thanks ka

        • titiw says:

          Hehehe ttp diganti atuh neng, kan covernya juga pasti basah. Insert ini fungsinya cuma nahan pipis supaya gak langsung bececeran :D

  3. Yusanti sp says:

    Alhamdulillah, kegiring kesini awalnya gara-gara checklist perlengkapan persiapan melahirkan..
    both artikel yg ini & yg itu ngebantu banget buat aku & suami yang lagi mulai mempersiapkan perintilan melahirkan..
    makasii ya mba, semoga jadi pahala jariyah sharingnya..
    sebagai calon ibu yg pekerja kebantu bgt sama infonya, khususnya masalah clodi ini..
    utk rekomendasi yg di shopee juga nanti aku cari-cari deh, sekalian sama yutubnya biar ga gampang bocor..
    sama hitungannya yg kurleb 14 pcs clodi bisalah ya mab selamat hehehe..
    makasii makasii :*
    salam kenal..

    • titiw says:

      Waaa senangnya kalo bisa membantu. Silakan disebarkan kepada yang membutuhkan yaa. Yes, aku juga nulis manajemen ASI untuk ibu bekerja. Silakan dibaca2 yaa. Iya, 14 clodi bisa lah kalo tiap hari nyuci :)

  4. Bella Setiowati says:

    Kak, mau tanya dong. Clodi tu bau pesing gt ga sih insert nya kl udah dipake. Soalnya tetanggaku dulu pernah make. Tapi kaya bau gitu kak. Jadi sia anak jg ga nyaman. Makanya dr kemarin ga aku masukin list pembelian.

    • titiw says:

      Halo, kalo aku sih misalnya bekas pipis, direndem dulu pake sabun cuci baju. Baru deh kucek2 terus ditaro di mesin cuci. Kalo bekas pup, lebih komprehensif lagi. KUcek2 banget, rendem, kucek lagi, baru masuk mesin cuci. Hehehe. Trus pas jemur harus super keringgg banget.

  5. Defitra says:

    Bun, untuk pemakaian clodi nya sekali pakai itu berapa insert yang dimasukin? 1 clodi 1 insert kah belinya? Atau gimana? Masih bingung nih, hehe, apalagi kemarin aku dah terlanjur beli popok kain selusin. Huhu berguna g ya ntr popo kainnya :'(

    • titiw says:

      Halo, 1 clodi 1 insert ya. Insert kan gunanya buat nampung supaya gak rembes aja. Kalo ganti clodi, ya pake insert yang baru juga yaa :) Popok kain kalo gak kepake, masih bisa buat nadah iler, saputangan, dll hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *