5 Peralatan Tempur Wajib Punya Untuk Ibu Menyusui

Foto Ibu dan Bayi memegang pencuci botol sleek baby

Ehaaaaai pemirsaaaa. Mumpung masih bau-bau tahun baru, udah pada bikin resolusi 2020 belum? Saya? BELUM DOOONG. *loh kok bangga* Meski belum bikin, kali ini saya mau evaluasi resolusi tahun 2019 saya, yang salah satunya adalah: “Kalandra bisa ASI eksklusif, sukur-sukur sampe 1 tahun.”

HAMDALAAAAAH Resolusi paling penting seJawa-Bali itu dapat dilalui dengan sukses di tahun 2019. Tahun lalu saya emang ngotot sengotot-ngototnya kasih ASI meski kena mastitis ringan dan payudara luka. Kenapa sih seorang Ibu harus maksain kasih ASI? Karena ASI tentunya satu faktor penting dalam pemenuhan gizi, yang berperan dalam 1000 Hari pertama kehidupan anak.

1000 hari pertama kehidupan tuh kapan sih? Pas bayi brojol owek-owek? Ternyata bukaaan. 1000 Hari Pertama Kehidupan dihitung dari hari pertama konsepsi, terbentuk embrio, hamil, bayi baru lahir, hingga ia berusia 2 tahun. Ini nih yang dinamakan golden age period yang penting banget untuk diberikan perhatian lebih banyak.

Selain faktor dari dalam, yaitu si ASI, ada beberapa faktor luar yang menurut saya sangat mendukung saya dalam kesuksesan menyusui 2 anak saya, Sherpa dan Kala. Mau tahu apa saja? Berdasarkan pengalaman selama 4 tahun.. Ini dia 5 Peralatan Tempur Wajib Punya Untuk Ibu Menyusui (Atau ibu yang anaknya masih nyusu!)

1. Botol & Dot Bayi

Perjalanan saya mencari dot yang pas itu.. MELELAHKAN. Dari yang murah sampe yang mahal, semua ditolak oleh Kala. Sebagai ibu bekerja di kantor, tentulah saya stress karena anak ini agak berbeda dengan kakaknya yang nrimo segala botol dan nenggak ASI seenak udel. Kala, 1 botol gak pernah abis. Sering disisain. Masa seharian aja gak nyampe 400 ML abis, padahal saya kalo bawa pulang ASI bisa 600 ML dan stok ASI ada 4 Freezer.

Baca juga: Cara Mudah Manajemen ASI Perah Agar Sukses ASI Eksklusif!

Ada kali saya beli botol sampe 10 biji dengan varian berbeda. Sampe akhirnya dia mau pake botol yang wide neck. Tapi itu dari gak mau, terus tiba-tiba mau. Jadi kudu ngotooottt, netijeeeen. Sekadar tips agar anak tidak bingung puting, kalo dia udah pake dot ukuran S atau M, gak usah dinaikin ukurannya. Nanti dia jadi keenakan alirannya lancar dan males direct breastfeeding. So, botol dan dot yang tepat is a must!

2. Pompa ASI

“Ah pompa ASI kan mahal, beli yang ecek-ecek aja deh”. “Loh, saya kan cuma Ibu rumah tangga, ngapain ya pompa ASI?” Heeeey, buibuuuuk. Mau ASInya banyak gak? Mau me-time lebih sering dan lebih lama gak? YA POMPAAAA, JAENAAAB! Jangan malessss.

Punya pompa ASI yang berkualitas (gak harus mahal) itu tingkat wajibnya fardhu ain untuk busui. Jadi nabung yaa buat breastpump cakep. Jangan cuma beli baju-baju bayi lucu buat konten Instagram. Inget, ASI itu makanan anak yang kebutuhannya primer. Kalo susah nabung, minta sama temen yang mau ngadoin. Sesekali jadi temen yang gak tau diri gak apa-apa kok. Ehe. Ehe.

Baca juga: Daftar Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir & Budgetnya

3. Tas ASI & botol ASI

Lagi-lagi, saya harus menekankan bahwa tas asi & botol ASI itu wajib punya meski kamu gak kerja kantoran. Siapa tahu pak suami ajak staycation tanpa anak, atau kamu ada kerjaan di luar kota yang mengharuskan pumping setiap 4 jam sekali. Tas ASI yang mumpuni menjadi pahlawan yang setia setiap saat!

Tips milih tas ASI: Tentu saja yang bisa memerangkap dingin, yang tidak bocor dan bisa ditutup sampe rapet, muat banyak tapi ringkes, dan biar semangat pilih yang tampilan atau warnanya kece biar semangat nentengnya.

4. Sikat Botol

Sumpah ya, pertama kali saya punya sikat botol untuk menyusui, saya cuma beli yang biasa karena tahunya sikat botol yang kaya gitu doang. Yang disodok-sodok ke depan belakang itu lho. Tapi setelah beberapa kali mencoba, banyak sudut-sudut yang tidak terjangkau kepala sikat, dan membuat busa sabun pencuci botolnya masih tersisa di botol.

Hidup saya berubah jadi lebih indah ketika saya beralih ke sikat botol yang dapat diputar. Oh waaaaww, sungguh mudah dipakai, fleksibel, tidak mahal, dan botol-botol ASI jadi keset dan kinclong. Pastikan sikat botol ini tidak dipakai untuk mencuci peralatan makan lain ya. Khusus untuk botol ASI atau susu anak.

5. Pembersih botol dan dot bayi

Dalam 1000 pertama kehidupan anak, penting banget untuk 1000 hari perlindungan juga, yaitu menjaga kebersihan. Tahun ini, sudah genap 4 tahun saya memiliki anak, dan dalam 4 tahun juga pencuci botol saya selalu Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi. Pertamanya pake brand ini pas mau belanja-belanja, temen mereferensikan Sleek Baby karena menurut dia, ini adalah produk bayi yang aman.

Sempat coba merk lain 2x karena ada promo di swalayan dan walaaaaah… Kualitasnya jauhhh di bawah Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi. Lengket, masih ada sisa lemak susu, sehingga meninggalkan bau apek di botol. Gak saya abisin merk itu dan beralih ke Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi lagi.

Foto Ibu dan Bayi memegang pencuci botol sleek baby
Kalandra mau bantuin Moy bersih-bersih. :’)

Kemarin pas mbak di rumah pulang kampung, saya yang lagi nyuciin botol dan dot susu Kala baca-baca label di botol Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi. Biasanya emang gak pernah nyuci botol? Ya pernah, tapi seringan si mbak. Hehehehee. Nah dari labelnya itu tertera 8 Proteksi, yaitu:

  1. Food Grade: Arti gampangnya, aman jika tertelan. Tapi bukan berarti dicemilin juga yaaa. :’)
  2. Natural Anti Bacterial: Bahan alaminya mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal
  3. Stain Removal: Ini nih yang tadi saya highlight, mampu membersihkan noda dan sisa lemak yang nempel di botol dan piring makan bocah.
  4. Hypoallergenic: Loh, kenapa harus Hypoallergenic ya? Kan gak dikenain kulit bayi. Nah, formula ini mampu meminimalisir iritasi kulit, sehingga bisa melindungi kulit tangan ibunya juga yang lagi nyuci botol.
  5. Dermatologically Tested: Sudah teruji aman secara klinis
  6. Microbiological Tested: Sudah teruji efektif dalam membunuh Mikroorganisme berbahaya
  7. High Quality Concentrate: Karena bentuknya yang konsentrat, gak perlu banyak-banyak, sudah bisa bikin perintilan si kecil bersih. HEMAT = KESUKAAN IBU-IBU!
  8. Paraben Free: Tidak pakai paraben, zat yang dapat berbahaya bagi si kecil. Gak salah ini menjadi produk pilihan saya dari dulu hingga sekarang.

Untuk informasi produk Sleek Baby lainnya bisa kunjungi Facebook dan Instagram-nya ya.


Itu diaaaa 5 perlengkapan wajib punya untuk kamu yang masih menyusui, atau untuk yang anaknya masih menyusui. Ada lagi yang perlu ditambahkan? Punya pengalaman seputar pencuci botol juga? Atau tentang menyusui? Fire away, moms. Saya pengen denger segala curhatannya nih. Untuk yang masih menyusui, semangatt selalu. Untuk yang sudah tidak menyusui tapi anaknya masih pake dot, lebih semangat lagi. Have a good year ahead, buibuuuuuk!

2 thoughts on “5 Peralatan Tempur Wajib Punya Untuk Ibu Menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *