5 Keuntungan Membeli Tiket Pesawat Citilink Secara Online

Alohhaaa! Sebelum teknologi berkembang pesat kayak sekarang, masih inget gak sih gemana cara kita beli tiket pesawat? Hayo milleniaaaalsss mana suaranya? Kalo generasi baby boomers alias ayah ibu kita sih pasti masih inget ya. Atau jangan-jangan mereka masih beli tiket pesawat dengan cara yang konvensional?

Yang udah pasti gak inget caranya ya gen Z. Dari mereka gede, udah banyak kemudahan dalam membeli tiket pesawat. Nih tante kasih tau ya adek-adek, dulu tuh kalo beli tiket pesawat gak segampang sekarang. Tinggal buka HP, klak klik klak klik, pencet ini itu, selesai. Jaman SNMPTN namanya UMPTN, kalo beli tiket pesawat kudu ngantre di bandara. Atau ke agen-agen tiket yang mana harus didatengin secara offline. Ribet dan ngabisin waktu bangeeet!

Nah, dari sekian banyak maskapai, perusahaan yang paling saya suka karena take off dan landingnya paling mulus itu ya Citilink. Sehingga saya paling sering beli tiket pesawat Citilink secara online. Udah gitu, kalo beli tiket pesawat secara online, kerap kali saya dapet promo dan point-point yang bisa diredeem dengan discount lagi. Banyak banget deh keuntungan beli tiket secara online.

Dan saya juga baru tahu nih, kalau pihak bandara telah meniadakan loket pembelian tiket. Hal ini dilakukan berdasarkan keputusan pemerintah yakni surat edaran dari Menteri Perhubungan, yang mana loket tersebut dialih fungsikan menjadi layanan customer service.

Selain keuntungan yang udah saya jelaskan di atas, coba tengok beberapa benefit lain jika beli tiket pesawat Citilink secara online:

1. Pemesanan tiket jauh lebih cepat

Sebagai traveler yang males mikir dan males gerak, tentunya pemesanan online bikin beli tiket lebih cepat. Udah gitu informasi tentang lama perjalanan yang ditempuh, rute jalan pesawat, seluruh jadwal penerbangan, serta rincian harga tiket juga merupakan paket komplet di dalamnya. Untuk pajak juga dihitungin. Jadi gak usah puyeng.

Beli tiket enaknya kapan? Bisa kapan aja. Udah gitu sistem pembayarannya juga bisa dilakukan di beberapa platform. Bisa menggunakan ATM, mobile atau internet banking, dan juga kartu kredit. Satset satset, 3 menit, selesai! Lebih cepet daripada bikin mie instant!

2. Dapat dilakukan dengan fleksibel

Enaknya beli tiket pesawat Citilink secara online, kita bisa melakukannya dengan fleksibel sesuai jadwal yang kita punya. Gak cuma itu, kita juga bisa melihat perbedaan harga yang mungkin terjadi di tanggal tertentu, sehingga harganya lebih murah dibanding waktu lainnya.

Fleksibel di sini, bisa dibilang kita ya kapan aja mau beli tiket bisa. Mau itu seminggu sebelumnya, sebulan sebelumnya, atau malah sehari sebelum keberangkatan. Secara, pasti banyak kaaan temen-temen saya di sini yang traveler impulsif? Hehehe.

Tiket yang dibeli secara online juga sekarang tidak harus dicetak atau diprint. Kita cukup memperlihatkan kode booking di HP, dan tinggal ditunjukin kepada petugas.

Mbak-mbak Citilink :)

3. Lebih aman

Keuntungan lainnya dari pembelian tiket online ialah keamanan yang terjamin pada data-data saat memesan tiket. Kita tidak perlu memasukkan informasi pribadi yang sifatnya rahasia semisal nomor rekening bank. Data yang wajib dimasukkan adalah nomer HP, nomor KTP, nama lengkap, dan alamat email.

Layanan pembelian tiket online biasanya menyediakan pembayaran secara online melalui kartu kredit atau dari sistem transfer. Baik itu menggunakan mobile banking maupun internet banking. Sehingga kita tak perlu lagi bawa-bawa uang tunai sambil antre untuk membayar tiket pesawat. Duh jadi inget tahun 90an nih guyys! *kalimat penyingkap usia*

4. Menyediakan banyak pilihan

Enaknya beli tiket pesawat secara online, kita bebas mau pilih maskapai apa. Kalo dulu, misalnya mau naik pesawat X, ya kudu ke kantor pesawat X. Ribet yaaaah. Nah sekarang tentunya bisa milih maskapai apapun cuma dalam sekali klik.

Ketika kita pilih destinasi dan tanggal, biasanya web atau e-commerce akan menawarkan beberapa pilihan maskapai dengan alternatif sistem pembayarannya. Dengan pilihan yang banyak ini kita jadi mudah memilih maskapai mana saja yang dapat memenuhi kebutuhan.

5. Adanya diskon dan promo

Di atas udah saya singgung tentang diskon, tapi emang harus dijelasin lagi sih kalo enaknya beli tiket pesawat online itu ya karena promonya ituuuu. Promo atau diskon biasanya diberikan pihak maskapai ataupun platform dan situs-situs website yang biasa jual tiket pesawat. Jamaknya, harga promo atau diskon ini berlaku pada waktu tertentu, seperti hari raya, cuti panjang, atau pada tanggal anniversary website tersebut.

Biasanya sih, e-commerce dan website yang lagi promo bakal share infonya di mana-mana dan gede-gedean. Saya sering tahu promo-promo tiket murah dari temen-temen traveler, ataupun dari social media.


YAYYY! Itu dia tadi 5 keuntungan beli tiket secara online. Apa lagi sih kira-kira keuntungan beli tiket pesawat secara online? Yukkk saling berbagi di kolom komentaar! :D

14 thoughts on “5 Keuntungan Membeli Tiket Pesawat Citilink Secara Online

  1. rasehaM says:

    Iya, teknologi dan promo-promo yang disediakan Traveloka sangat membantu. Gak usah jauh2 ngomomgin jaman emak babe kite. Lha wong 2008 aja aku sama temen2 mau ke Bali masih datang ke salah satu Travel Agent di Otista kok untuk booking hotel dan pesawat ;)

  2. Eddy Fahmi says:

    Iya, sekarang udah nggak jamannya print dan kertas lagi, semua urusan beres di henfon. Dan kalo aku perlu beli tiket pesawat, biasanya minta tolong istriku aja. Entah sihir apa yg dia gunakan, tapi selalu dapet harga paling miring, mwahahahaa.

  3. Anggie says:

    Jadi inget dulu kalau beli tiket pesawat di agen itu yang kita dapat satu amplop berisi ga cuma tiket – tapi kayak terms&condition si maskapainya, rasanya bangga kalau bisa petantang-petenteng bawa tiket yang tebalnya kayak surat undangan nikah ke bandara,haha.

    Sekarang kalau ke bandara ga perlu bawa apa2 selain paspor/ktp dan hp berisi screenshot tiket, itupun hanya perlu booking numbernya doang

    • titiw says:

      Betuuul! Dulu tebeeel banget dokumen yang kita bawa untuk naik pesawat yaaaah. Skrg tinggal tunjukin HP aja. Indahnya teknologi. :’)

  4. Matius Teguh Nugroho says:

    Baru kepikiran cobain rute baru Citilink ke KL sama Phnom Penh, eh udah keburu corona :(
    Awal tahun depan deh semoga.

    Citilink ini LCC yang oke kayak AirAsia. Kabinnya rapi, dapet bagasi, mau pesen makan juga banyak pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *