Instastory: Pilihan Transportasi Menuju Toraja

Pernahkan kamu mengunjungi Toraja di Sulawesi Selatan? Untuk menuju daerah yang kerap disebut sebagai daerah yang kaya akan budaya tersebut, ada beberapa pilihan Transportasi Toraja dari kota Makassar. Yaitu:

  • Jalan darat: Dapat ditempuh 6 – 8 jam
  • Jalur udara: Ditempuh 1 jam

Pilihan ini tergantung waktu, kocek, dan mental yang kalian miliki. Jika lewat jalan darat memang lebih murah, namun kemungkinan mualnya tinggi karena melewati banyak kelokan. Saya bukti hidupnya.

Pilihan untuk naik pesawat? Lebih mahal, namun langsung sampai tidak pakai drama. Sayangnya, jadwal penerbangan Makassar – Toraja tidak tentu. Sering sekali cancel begitu saja tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Baca Juga: Instastory: Jempanang Pagi Itu

Karena perjalanan saya beberapa waktu lalu membutuhkan ketepatan waktu yang pasti, maka kami memilih alternatif lain, yaitu: perpaduan jalan darat dan udara. Dari Makassar, naik pesawat dengan tujuan Bandara Palopo yang ditempuh dalam 45 menit. Lalu disambung jalan darat sekitar 1,5 jam untuk sampai ke kota Toraja. Hamdalah penerbangan dari Palopo lebih dapat dipercaya daripada yang dari Makassar.

Pilihan terakhir itulah yang saya lakukan untuk Transportasi Toraja. Tidak menyesal sedikit pun karena badan tidak rontok kelamaan di jalan, dutambah lagi pemandangan darat Palopo – Toraja sungguh cantik dan mengagumkan.

Transportasi Menuju Toraja

Kalau kamu bagaimana? Lebih suka menggunakan jalur darat, laut, atau udara?

*Instastory merupakan cerita singkat di balik gambar yang saya post di Instagram. Diusahakan terbit setiap hari Rabu.*

10 thoughts on “Instastory: Pilihan Transportasi Menuju Toraja

  1. Fanny_dcatqueen says:

    Mungkin aku bakal pilih yg sama :D. Rasanya udh ga terlalu kuat kalo hrs naik bis dgn jalan kelok2 sampe 10 jam :p. Mnding yg lbh cepet sampe. Tp memamg rada riskan sih ya kalo pesawat ke kota kecil gini. Srg banget delay dan cancel. Aku pernah ngerasain itu pas ke medan-sibolga. .

    Pgn bisa liat Toraja :). Semoga setelah wabah ini berlalu, aku bisa start traveling lagi

  2. Sintia Astarina says:

    Awalnya aku cuma tau kalo dari Makassar mau ke Toraja biasanya pakai bus, soalnya ini yang sering ada di itinerary berbagai open trip.. Bisa pakai jalur udara toh? Tapi sering cancel, ya? Huhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *