10 Penjual Tanaman Online Recommended Untuk Tanaman Hias

10 Penjual Tanaman Online yang Recommended
Salah satu pertanyaan paling banyak yang saya dapatkan dari teman-teman online khususnya di Instagram tentang hobi baru saya adalah “Kak, beli tanamanya di penjual tanaman mana sih? Rekomen tempat beli tanaman hias doong!” Ok akan saya share beberapa penjual tanaman di sini, tapi bear in mind ini adalah beberapa toko dimana saya pernah beli ya. Jadi bukan penjual tanaman yang “kata orang bagus”. Bisa jadi nanti artikel ini disunting dan ditambahkan, atau ada part 2 nya. Cuss dimulai! 1. Delfawood (Babakan, Tangsel) Toko tanaman yang digawangi oleh mbak Anjar yang ceriwis dan kocak ini, terkenal dengan salenya via IG Live. Serruu abis ikutin sale Delfawood. Yang dalam hitungan detik juga sold. Gak yang super murah, tapi harganya make sense. Misalnya aja di tempat lain setengah harga, tapi gak pake pot terakota kayak di Delfa, atau gak serimbun dan sesehat di Delfa. Dan yang saya suka dari Delfa, dia memberdayakan masyarakat sekitar, dan gak semua tentang uang. Saya scroll timelinenya, mereka suka bagi-bagi sedekah dari hasil penjualan tanaman. Two thumbs up!
 
View this post on Instagram
 

A post shared by Titiw – Blogger & Plant Mom (@travelmom.id) on

2. Sanggar Kemuning (Ciputat) Nursery ini cukup tenar di kalangan Instagramer dan selebgram. Pricey kalo menurut kantong saya yang seadanya, tapi kualitasnya bagus. Suka sale pas pagi, nah jajan pas sale juga ok untuk dapet yang bagus dan gak mahal-mahal banget. Untuk kebunnya sendiri, bisa dikunjungi setiap Sabtu jam 9-15 dengan beberapa terms and condition. Saya pernah ke sana, dan harus diakui tempatnya luaass, adem, dan sangat proper untuk tempat tinggal para tanaman. Jangan lupa bawa anti nyamuk!
SanggarKemuning
@SanggarKemuning
3. Rumah Delima (Tokped – Pulogadung) Harga terjangkau, dan gak dinyana, tanaman yang dateng ukurannya pada gede-gede! Misalnya aja, karet kebo harganya 90ribu, tingginya lebih tinggi dari saya. Atau Philo Marble, ukurannya udah lumayan banget. Penjual tanamannya ibu-ibu yang baru aja melahirkan, jadi kadang suka slow response. Untuk temen-temen yang rumahnya di Jakarta Timur, bisa coba belanja di sini ya. 4. Nur Mustika Online (Shopee – Bekasi) Udah gak terhitung berapa kali saya belanja di sini. Apa sih yang diharapkan dari tanaman 10-20ribu? Ukuran kecil, tanamanya kurang sehat, dan sebagainya. Tapiiii.. untuk ukuran Nursery ramah kantong anak sekolahan, Nur Mustika took satisfaction to the next level! Setiap tanaman yang datang sehat, packingan rapih, dan ukurannya woww gak nyangka cukup gede. Tanaman yang paling aku hepi beli di sana adalah Sente & Dieffenbachia. Cuma kekurangannya adalah, dia tidak punya variasi tanaman hias yang banyak. Cuma segitu-segitu aja. Buat yang tinggal di Bekasi, saya betul-betul merekomendasikan tempat ini.
NurMustikaOnline
@NurMustikaOnline
5. Jelajah Flora (Shopee – Depok) Love banget sama penjual tanaman ini. Ownernya yg baik, trusted, dan mau ditanya tentang ini itu. Harga tanamannya terjangkau, tapi jauh sehingga ongkirnya agak mahal untuk saya. Teman-teman Depok bisa beli di sini ya! . 6. Cantigi Flora (Tokped – Bekasi) Pertamanya mau jajan di sini karena ada Kokedama. Tapi sekalian beli yg lain. Tanamannya seger, owner baik, mau anter sendiri barangnya ke rumah. Jajan sekam bakar, cocopeat, tanah, juga bisa di sini. Gak mahal dan karungan gedeeee.
 
View this post on Instagram
 

A post shared by Titiw – Blogger & Plant Mom (@travelmom.id) on

7. Rerimboenan (Tangsel) Sesuai dengan namanya, tanaman yang dijual Rerimboenan ini rimbun dan sehat. Mungkin sudah 5x saya beli king monstera di beberapa tempat berbeda. Namun di Rerimboenan ini yang kualitasnya terbaik. Ada tokonya juga di Tokopedia, dan seller berkenan mengantar langsung ke rumah kalau ada buyer yang searah. Cuma nambah 50ribu udah dibawain pake mobil. Tentunya jadi lebih murah dan aman! Oh ya, seringnya Rerimboenan jual tanaman sudah sepaket dengan pot terakota yang bikin jualannya jadi lebih menarique.
 
View this post on Instagram
 

A post shared by Titiw – Blogger & Plant Mom (@travelmom.id) on

9. Tanaman 20ribu (Bogor) Iya, beneran harganya 20ribu. Ya gak semua, tapi gak jarang si seller jual 5 pot dan mencantumkan “paket 5 pot 100rb”. Saya pernah beli Monstera di sini. Agak deg-degan karena pake ekspedisi yang 2 hari di jalan, tapi ternyata Monsteranya masih sehat. Sekali waktu juga beli Stephania Suberosa yang budget sobat miskin, gak dinyana dia langsung tumbuh hanya dalam hitungan hari. Yay!
Tanaman20Ribu
@Tanaman20Ribu
10. Unique Pot (Cibubur) Kalo penjual tanaman ini adalah tempat saya beberapa kali beli kaktus. Kalo follow IG saya, mungkin pernah liat kaktus koboi saya yang lebih tinggi dari Mahe. Nah itu belinya di sini pas lagi super sale yang setahun sekali. Kaktus bercabang tinggi hampir 180cm harganya “cuma” 150ribuan. Yang mana itu mah biasanya harga kaktus koboi pendek 2 batang. Tiap kamis, Unique Pot ada “Harga Kamis Manis” dimana harga tanemannya dipaketin dan terjangkau. Cocok untuk yang tinggal di timur jakarta karena gak harus berat di ongkir.
 
View this post on Instagram
 

A post shared by Titiw – Blogger & Plant Mom (@travelmom.id) on

Selain 10 toko online ini, saya juga sudah pernah beli di beberapa toko lain. Ada yang mengesankan, ada yang mengesalkan. Tunggu part 2 untuk Recommended plant seller ya. Kalian sendiri biasa beli tanaman di mana? Kalo ada yang mau aku bahas topik tertentu seputar tanaman, share aja di komen. Nanti aku buatin tulisannya ya. Semoga postingan ini membantu kalian semua yang mau mulai nanem-nanem. Happy Gardening!

13 thoughts on “10 Penjual Tanaman Online Recommended Untuk Tanaman Hias

  1. Ibel says:

    huaa kak titiw.. aku beli online selalu mengecewakan.. makasih ya rekomendasinya. tapi aku udah liat di ig kakak sih. udah mau persiapan jajan lagi. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *