Jawaban dan Tips Atas Pertanyaan “Kenapa Daun Menguning?”

Kenapa daun menguning

KENAPA DAUN TANAMAN MENGUNING? 🌿💛😱

“Kak, daunku menguning secara cepat, ini kenapa yaa?”
“Kak Tiw, aku udah cek daunku, gak ada hama kok hampir tiap minggu menguning?”
‘Sis, ini daun tanamanku baru lahiran tapi kok kuning ya? Apa kebanyakan siramnya?”

Hampir tiap hari aku dapat DM di Instagram dengan pertanyaan ini. Di kolom QnA juga selalu ada. Kalau dilampirkan foto dan cerita di balik itu, kadang aku bisa menjelaskan. Tapi kadang juga sulit untuk menerka-nerka jika tidak melihat langsung.

Makanya aku mau bantu merekap kenapa daun kok bisa menguning, ciri-cirinya, dan bagaimana solusinya. Singkatnya, yang buat daun tanaman itu menguning bisa:

1. Underwatering – Kurang air
2. Overwatering – Kebanyakan air
3. Serangan Hama – Macem-macem hama
4. Defisiensi Mineral – Kurang nutrisi
5. Pot kesempitan – Bikin kurang berkembang optimal
6. Daun sudah tua – emang udah umurnya

Selain alasan-alasan di atas, sebenarnya ya pasti ada saja masalah lain. Tapi kira-kira ini adalah jawaban yang paling masuk akal dari masalah yang kerap kali terjadi.

Selain daun menguning, ada juga pertanyaan kenapa daun terbakar, kenapa daun tiba-tiba berwarna coklat, kenapa daun bolong-bolong. Buanyaaak yaaah, lol. Tapi kali ini aku hanya mau fokus untuk penanganan dan jawaban kenapa daun tanaman kamu bisa menguning.

Lengkapnya, silakan swipe foto-fotonya ya. Wajib SAVE & SHARE biar kalo ada apa-apa tinggal dilihat lagi. Have a great day guys, semoga anak-anak ijo kalian sehat selaluuu!

Untuk tips berkebun lainnya: GARDENING TIPS

4 thoughts on “Jawaban dan Tips Atas Pertanyaan “Kenapa Daun Menguning?”

  1. rasehaM says:

    Mantab ilmunya! Selama ini ku kira yang namanya tanaman ya harus sering2 disiram supaya cepet subur dan tumbuh, ternyata ada porsi2nya juga ya.

  2. vira says:

    baca post ini lalu gue inget belum nyiram taneman satu-satunya yg ada di dalam rumah sejak 2 hari yg lalu. *buru2 ambil aer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *