Renovasi Halaman: Budget & Step by Step

Halaman Titiw

Setelah cerita A-Z renovasi halaman di IG stories, saya juga akan share pengalaman berkebun yang lainnya di postingan ini. Siapa tahu bisa bantu kalian yang lagi cari ide renovasi taman, atau lagi hitung-hitung budget. 👌

Awalnya gemes sama halaman di rumah yang selalu becek, banyak nyamuk, gak beraturan, & sesekali liat mikimos lewat. Bergidik dengan pemikiran “gemana kalo ada uler“, akhirnya saya memutuskan untuk renov halaman. 🌿

Ngide Jumat, langsung eksekusi Sabtu. Sebelum renov, pillih-pilih tanaman untuk dikasih orang. Lalu kotak-kotak metan & komposter, pindahin semuanya dulu ke garasi. Geser-geser pot, baru deh cabut rumput liar dan sapu bersih halaman. 🧹

Awalnya, abis bersih-bersih langsunggg hambur-hambur batuan putih di atas tanah. Eh batunya kurang, kurang buanyaaak. Akhirnya saya Memutuskan untuk besok dilanjutin. Malamnya gak dinyana hujan, dan pas besok pagi ditengok, batu-batu putih itu auto kotor dan becyeeek! OMG!

Nelpon Vina, dia bilang batunya buat renovasi halaman udah cucok, tapi udah dialesin pasir kan tanahnya? HAH? PASIR? BUAT APA? Emangnya mau bangun rumah? Dan Vina pun sharing 1 postingan seorang arsitek yaitu mas Mande. Di situ dibagikan tips agar batuan tidak cepat kotor, yaitu tutupin tanah dengan pasir dulu, baru paranet.

Allahuakbaaaaar. Akhirnya saya dan mbak ART gosoook tuh batu putih satu-satu demi mendapatkan hasil maksimal. Untungnyaaa gak semua bagian halaman udah dikasih batu. Untungnya, batu yang dibeli masih kurang sehingga gak sikat lebih banyak batu. Lol, dasar orang Indonesia, apa-apa masih untung. Jadi, agar kalian dapat menghindari kesalahan seperti yang akika lakukan, cus diceki-ceki step di bawah ini!

Step-step yang baik & benar sesuai GBHN:

1. Di atas tanah, tabur pasir secara merata. Pasir biasa, beli sepick up kecil. Kenapa pasir? Supaya tanah gak langsung kena batu dan bikin becyek yang susah dibersihkan.

2. Gelar paranet di atasnya. Ukur luas halaman, tambahin dikit supaya paranet gak kurang karena ketarik.

3. Tabur batu putih di atas paranet. Halaman ini luasnya sekitar 7×3 meter. Awal beli 5 karung, cuma bisa buat nutupin sendal. Lanjut beli 91 karung lg (81 batu gede, 10 batu kecil). Kalo gak perfeksionis, 80 karung sebetulnya cukup.

4. Tambah batu pijakan juga. Saya pilih warna gelap supaya kontras dengan batu putih.

Swipe foto di bawah ini untuk liat detail halaman yang sudah direnov yes!

BUDGET:

💸 Batu pencabut harta batch 1: 5x 35rb = Rp 175.000 (pas mau ngetes doang)
💸Batu pencabut harta batch 2: 91x 30rb = Rp 2.730.000 (Nemu yang lebih murah deket rumah)
💸 Pasir 1 pick up bonus abang2 centhyil = Rp 280.000
💸 Batu pijakan siratal mustakim: 11 x 25rb = Rp 275.000
💸 Paranet 60% buat nutup aib: 7×3 meter = Rp 175.000

Total: Rp 3.635.000

Dan inilah hasilnya, pemirsaaa!

Plis kerjakan step-step renovasi halaman di atas dengan tepat. JANGAN NGIDE ABIS TANAH LANGSUNG DIHAJAR BATU. Itu yang aku lakukan sebelumnya, dan berbuah manis: AKU GOSOK BATU SATU-SATU KARENA SETENGAH HALAMAN TERLANJUR DIBANJUR BATU TANPA DILAPIS PASIR SEPERTI YANG AKU CERITAKAN DI ATAS!

Budget renovasi halaman segini pasti lebih murah kalo halaman kamu lebih kecil dan kalo kamu bukan Virgo. POSTINGAN INI WAJIB DISAVE DAN DISHARE KARENA AKU SAMPE PENGEN MAKAN BALSEM GELIGA SAKING ENCOKNYA GOSOK BATU.

Kalo masih ada pertanyaan sok atuh dikomen, atau meluncur ke IG higlight di akun IG aku @travelmom.id >> RENOV HALAMAN. Ktxbye eike banting tulang dulu yaaa demi beli batu (berlian). Semoga harinya barokah! ❤

One thought on “Renovasi Halaman: Budget & Step by Step

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *