Salah Satu Kunci BB Anak Naik: Pijat Bayi

Tips-BB-Anak-Naik-dengan-Pijat-Bayi-Konicare-1

Apaaaa? Bisa naikin berat badan anak dengan pijat? Ya bukan cara instan juga ya Bunda-Bundaaa. Namun pijat ini adalah salah 1 stimulasi yang dianjurkan kepada bayi. Selain menaikkan bonding Ibu-anak atau Ayah-anak, Pijat ternyata juga berperan penting dalam menaikkan berat badan anak. Sebelum membahas hal itu, saya mau cerita sedikit pengalaman saya dengan pijat bayi. 

Sejak anak-anak (Sherpa & Kalandra) lahir, salah satu aktivitas yang paling saya sukai adalah memijat anak. Saat memijat anak, ada sentuhan dan komunikasi yang hanya dirasakan orangtua, khususnya saya sebagai seorang Ibu. Saya jadi paham yang membuat ia geli, yang membuat ia hepi, yang membuat ia tenang. Saya merasa menjadi semakin dekat dengan anak dan tali bonding itu semakin terjalin erat.

Awalnya saya pikir pijat bayi ya sekadar sentuhan sayang terhadap anak. Namun ternyata, baru tahu bahwa menurut WHO ada ribuan kematian bayi karena sepsis, dimana sepsis ini adalah peradangan kulit karena kurangnya perhatian terhadap kulit bayi di usia dini. 

Dan saya baru tahu juga bahwa kematian bayi sangat dapat ditekan jika perawatan kulit bayi lebih diperhatikan. Misalnya ya dengan sentuhan orangtuanya itu saat pijat. Sentuhan berkaitan erat dengan bonding. Rasa nyaman. Dan rasa nyaman itu menghasilkan imunitas yang lebih tinggi pada anak. Gimanaa kalo ada bayi baru lahir langsung dibuang? Kedinginan, nggak ada yang nyentuh, kulitnya kering. Ya Allah, ngembeng dah mata gua nulis begini.

Hamdalah anak-anak saya tumbuh sehat, namun ya ada satu hal yang bikin gak sreg. Berat badan anak (khususnya Kalandra), agak sulit naik. Bahkan sempat dia berada di grafik merah. Tanya-tanya ke dokter, lihat-lihat artikel parenting dan kesehatan, saya dapat masukan untuk lebih rajin pijat bayi. 

Baca Juga: Perjuangan, Drama, dan Air Mata untuk Menaikkan Berat Badan Anak (Part 2)

Wait, beneran pijet bayi bisa menaikkan BB anak?

Dikulik dari KlikDokter:

Pemijatan meningkatkan aktivitas vagal (aktivitas persarafan) tubuh, sehingga turut memicu pelepasan hormon yang berperan dalam penyerapan makanan, seperti hormon gastrin dan insulin, dan secara tidak langsung meningkatkan nafsu makan dan berat badan bayi.

Biasanya untuk merawat dan melembabkan kulit bayi aku menggunakan Minyak Telon saja. Dan setelah membaca aku mengetahui bahwa minyak telon juga bisa digunakan untuk memijat bayi sehingga memberikan kehangatan lebih buat si bayi. Dari situ saya lebih rajin lagi mijet anak.

Merek minyak telon yang aku gunakan adalah Konicare Minyak Telon. Saya memakai produk ini sejak dulu, bahkan sebelum punya anak. Alasan yang paling utama, karena wanginya bayi banget. Dan ketika sudah punya anak, Konicare selalu menjadi pilihan saya. 

Sekarang ini varian yang sering aku pakai adalah Konicare yang Konicare Minyak Telon Plus Lavender (wangi lavender tutup ungu) yang wanginya bayii banget, dan juga Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass (wangi sereh tutup orange) yang wanginya menenangkan. Selain itu, kulit bayi juga dapat terjaga selama 8 jam dari nyamuk-nyamuk nakal. 

Toiletries Konicare

Gak cuma itu, Konicare juga memiliki rangkaian produk yang mensupport kesehatan kulit bayi. Seperti: 

· Baby Diaper Rash Cream – Untuk mengurangi ruam popok dan kemerahan pada kulit bayi yang biasanya disebabkan oleh popok. 

· Minyak Kayu Putih – Wanginya enak buat dihirup-hirup ketika lagi agak gak enak badan, cocok juga untuk orang dewasa.

· Minyak Kayu Putih Plus – Punya fungsi yang sama dengan minyak kayu putih yang original, namun lebih dapat melindungi dari gigitan nyamuk.

· Bedak Bayi Cair – Ini sungguh berguna karena bedak biasa bikin anakku suka bersin-bersin. Sehingga bedak cair bikin kulit terjaga, gak lembab, tapi juga gak bikin kering.

· Baby Massage Oil – Kaya akan antioksidan, melembabkan dan melembutkan kulit, dan yang pasti aman bagi kulit bayi

Waaah, banyak ya produk-produk Konicare yang membantu kita sebagai orangtua untuk menjaga kulit bayi. Semoga dengan penggunaan produk yang aman dan terpercaya, kesehatan anak juga makin baik, dan kekhawatiran orangtua juga jadi berkurang. Siapa di sini yang sudah pakai Konicare juga? Share yuk di kolom komen! :)

Minyak Telon Konicare

8 thoughts on “Salah Satu Kunci BB Anak Naik: Pijat Bayi

  1. rasehaM says:

    Bener banget! Bahkan ada rekan kantorku, anaknya masih rutin pijat di salah satu baby spa kenamaan meskipun anaknya sudah 9 tahun! Anakku jg kalau habis pijet langsung teratur jam tidurnya, biasanya tengah malam pasti terbangun.

  2. mayta kamila says:

    wah sungguh informatiff kakk, iya bgt sih pijit tuh bikin anak ga tantrum juga ga sihh karena ga pegel2 lagi abis main jempalitan. anw minyak telon ga akan ada pudarnya karena itu lah bau bayi sebenarnya

  3. Bujuju says:

    Kita aja doyan yah dipijat, apalagi bocah. Plus quality time sama bocah yah, pandang pandangan ahhh mesrah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.