Step by Step Cek Dini Gejala Kanker

Hari Kanker Sedunia

Awal Februari ini, tepatnya tanggal 4 diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Kanker tuh kayaknya berasa jauuuh, tapi ternyata dia cukup dekat lho. Aku pernah tanya kepada dokter Obgyn, kenapa banyak sekali angka perempuan yang terkena cancer? Beliau menjawab ada beberapa faktor. Seperti misalnya:

  • Ketakutan yang berlebihan
  • Menganggap gejala yang ada bukanlah sesuau yang serius
  • Faktor ekonomi dan akses yang terbatas
  • Minimnya informasi

Berkenaan dengan hal ini, ada 2 pemeriksaan kanker yang menurutku sangat penting untuk perempuan, yaitu:

1. Pengecekan Payudara (Sadari, USG, Mamografi)
2. Pengecekan Serviks (Pap Smear)

Untuk payudara, bisa dilakukan sebulan sekali sendiri, dengan cara SADARI. Detail caranya bisa digoogling ya. Yang di bawah 40 th bisa dengan USG, dan yang di atas 40 th bisa dengan Mamografi.

Sedangkan untuk pemeriksaan Serviks, yang umum dilakukan adalah Pap Smear. Ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah sexually active, sekitar 2-3 tahun sekali. Agar lebih aman lagi, lakukan vaksin HPV. Harusnya sih lebih optimal untuk mencegah kanker serviks kalau vaksin HPV dilakukan oleh perempuan yang baru puber, yaitu di usia 11-12 tahun. Namun bisa juga dilakukan oleh orang dewasa agar makin aman.

Baca Juga: Hal-hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kanker Payudara: Dari Pencegahan, Gejala, Hingga Pengobatan

BACA SLIDE DI ATAS SAMPE HABIS YAA UNTUK DETAILNYA!

Memang tidak mudah untuk periksa-periksa seperti ini, khususnya penyakit seperti kanker. Selain budget, ada juga ketakutan dicap penyakitan, belum lagi gak sedikit dokter yang julid. Bukannya diberikan informasi yang baik, keluhan pasien malah dijadikan konten di Social Media.

Tapi demi sehat, hempas semua hal-hal negatif yang berkecamuk di pikiran. Yuk mulai nabung, dan lakukan pemeriksaan ini sesuai waktunya. FYI aku sudah rutin melakukan 2 pemeriksaan ini sejak 3 tahun yang lalu. Semoga kita selalu diberikan sehat oleh Allah dengan ikhtiar jaga lifestyle yang baik dan pemeriksaan secara berkala.

Silakan disave & share untuk yang memerlukan. Semangatttt perempuan-perempuan kuat. We’re in this together. ALL IS WELL! ❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published.