8 Modal Awal Seorang Content Creator

A woman in front of camera with tripod, with plants background

Siapa di sini yang udah jadi content creator dan merasa modal HP aja cukup? Eits, seorang content creator itu juga butuh modal, lho. Makin canggih kamu, makin gede juga modalnya, tapi ya makin tinggi juga ratecard-nya, hehehe.

Baca Juga: Adab Dalam Bersocial Media

Dan untuk membantu kamu-kamu para content creator baru, saya coba share 8 essential things nih yang dibutuhkan saat awal jadi content creator.

  1. HP yang Mumpuni

    Maksud dari mumpuni ini apa ya? Gak harus HP terbaru & terkeren. Tapi yang sesuai kebutuhan . Yang penting gak bikin stres karena batre gampang drop & harus dicharge trus. Kalo hanya buat foto-foto saja mungkin Android kelas menengah cukup. But when it comes to video, iPhone bisa jadi pilihan yang ok karena stabil, dan didukung apps2 video yg canggih.
  2. Internet yang Lancar

    Internet itu nyawaaaa dari seorang content creator. Gak bisa digampangin. Karena ya post apapun butuh internet. Gak ada internet, jadi lumpuh semua. Maka pastikan internet kamu ada cadangannya. Kayak saya, meskipun ada internet dari mobile data, ada wifi di rumah, tapi juga ada modem yang bisa dibawa-bawa sehingga selalu siap siaga!
  3. Laptop Non Lemot

    Laptop tentu saja merupakan modal awal dan senjata kita sebagai content creator. Tidak harus yang belasan juta. Laptop kelas 5 jutaan juga banyak yang ok kok kalau sekadar ngetik, kirim email, ngeblog, bikin invoice, dll. Beda kalo kamu content creator yang kebanyakan kontennya adalah video2 profesional atau gamer. Ini butuh laptop yang speknya tingkat dewa.
  4. Lighting yang OK

    Gak ada konten yang lebih mengesalkan dibandingkan konten yg gelap dan buram. Kalau lagi bikin konten siang hari, manfaatkan cahaya alami. Cahaya matahari itu tercakep, tapi kalo kamu butuh bikin konten di malam hari atau di ruangan gelap, wajib ada lighting yg ok. Apa saja lightingnya? Bisa pakai ring light, soft box, dan tambahan reflektor. Silakan googling untuk menemukan yang paling cocok dan sesuai kebutuhan. 👌
  5. Microphone

    Dulu saya beranggapan kalau mic ini tidak butuh-butuh amat. Tapi ternyata suara yang dihasilkan jika pakai mic ya lebih jelas, lebih jernih, dan lebih enak didengar = Orang lebih betah denger. Pilihan mic ini macem-macem, ada yg bisa diselipkan ke baju, ada yg ala-ala podcaster, ada yang ditempel di HP, dll. Lagi-lagi, silakan cari-cari info yang mana yang paling sesuai kebutuhan kamu. Jangan cuma ikut-ikutan orang lain.
  6. Camera

    Sejujurnya, jika kamu hanya butuh foto & video sehari2, HP sekelas Samsung S 21 atau iPhone 13, sudah sangat baik dan tidak terlalu butuh kamera. Dulu saya punya camera Mirrorless, tapi lama-lama repot juga bawa-bawa kamera & lensa, karena kebutuhan saya hanya foto & video biasa. Namun jika kamu videografer pro, punya kamera yang cakep wajib hukumnya.
  7. Tripod

    Sebagai seorang content creator, latihlah diri untuk siap di segala situasi. Tidak ada teman yang fotoin? Bisa tetep fotofoto. Tentu dengan bantuan si kaki 3 alias tripod. Saya sendiri di rumah punya 2 jenis tripod. Yg sederhana dan ukuran kecil untuk webinar, online meeting. Yg besar dan berbahan carbon (enteng) untuk video & foto yg cakupan angle lebih luas.
  8. Apps Design, Foto, dan Video Berbayar

    Jika sehari-hari kita kerjanya buat tulisan, foto & video, sisihkan budget untuk app berbayar. Karena kalo gak berbayar, biasanya kita disuruh tonton iklan beberapa detik bahkan gak cuma 1, tapi bisa lebih dari 2 video. Capek lho nungguin iklan kalau app yang gratisan. Nih aku share ya apa saja app berbayar yang aku pakai. Berikut contohnya:
  • Lightroom: Edit foto, pakai preset2
  • Unfold: Design2 IG Stories
  • InShot: Edit video
  • PicsArt: Edit foto
  • Remini: Memperjelas foto buram
  • Canva: App design grafis

Hamdalah sampai sekarang saya masih sempat bikin konten seperti ini agar temen-temen di sini terbantu dan jadi tahu apa saja yang perlu diprioritaskan ketika menjadi content creator. Jadi jangan cuma buat kerenkeren atau punya-punyaan. Miliki jika kamu memang butuh ya. Sekian dan terima kasih. Jangan lupa save & share jika berguna, dan komen kalau belum jelas ya!

2 thoughts on “8 Modal Awal Seorang Content Creator

Leave a Reply

Your email address will not be published.