Halo Sisa Cuti Akhir Tahun. Sudah Booking Hotel Traveloka?

man lifting a woman in the pool

Bulan Oktober datang, gerimis dan hujan mulai menyerang. Di akhir tahun seperti ini, sudah harus mulai hitung-hitung sisa cuti nih. Secara awal tahun gak kepake tuh biasanya cuti-cuti karena sibuk. Atau malah gara-gara pandemi yang tidak berkesudahan. Giliran pandemi mereda, pengen minta cuti sama bos ragu-ragu karena langsung jebret mau cuti panjaaaang bangett.

Tapi giliran bos udah kasih sinyal-sinyal cinta untuk ijinin cuti, bingungggg mau ke mana. Mending kalo sisa cuti bisa diakumulasikan ke tahun depan atau jadi duit. Kalo gak bisa? KUMENANGIIIISSSS *insert lagu Rossa di sini* Tapi yang jelas sih, paling gampang ke dalam negeri dulu nih gaess. Aku dan teman hidupku alias suami, udah sempet bikin itinerary kecil-kecilan ke tempat yang child friendly. Secara ya punya buntut 2 usia 6 dan 4 tahun, ya kudu ikyuuttt kalo Papoy Mamoynya jali-jali.

Ke manakah destinasi idaman dalam negeri bersama Teman Hidupku (bonus 2 precil)? Jawabannya adalah: BELITUNG! Yes, si negeri Laskar Pelangi!

Kenapa kami memutuskan untuk memilih Belitung? Saya sudah 3x ke Belitung, namun suami dan anak-anak belum. Berdasarkan experience saya, Belitung sangat cocok untuk bawa anak-anak karena:

  1. Perjalanan pesawat tidak terlalu lama. Gak sampe 1 jam. Malah yang lama bisa jadi macet dari rumah menuju bandara. LOL.
  2. Pantai pasir putih nan landai dengan ombak tenang. Plus batu-batu granit yang tidak tajam.
  3. Banyak seafood yang disukai anak-anak. Udang, Cumi. Ikan. Duh, malah saya yang jadi ngiler.
  4. Jarak antarpantai tidak jauh. Bener-bener 10 menit di jalan, langsung liat pantai lain.
  5. Tidak perlu lama untuk menjelajahi Belitung, cukup 3 hari 2 malam.
  6. Karena gak lama, maka biayanya tidak terlalu mahal

Trus kalo udah di Belitung, ke mana aja? Nih sebagai yang udah berkali-kali ke Belitung, saya kasih kisi-kisi jawaban yang nantinya keluar di ujian akhir tahun!

  1. Sarapan di Mie Atep (Jl. Sriwijaya). Jangan lupa minum es jeruk kunci!
  2. Makan siang di Sianlie Resto (view Pantai Tanjung Kelayang)
  3. Main pasir di Pantai Tanjung Kelayang (sekalian lihat Batu Garuda)
  4. Hiking di Bukit Peramun (Bonus liat Tarsius di malam hari sekaligus bonus betis agak kenceng)
  5. Pantai Tanjung Tinggi (alias Pantai Laskar Pelangi)
  6. Makan malam di Restoran Berage (Jangan lupa pesen ikan kuah kuning)
  7. Kongkow di Warkop Kongdjie (pesen gorengan, kopi, dll. Waktu itu saya dapet bonus foto sama pak Gubernur).
  8. Naik boat & liat mercusuar di Pulau Lengkuas. Di tengah laut, bisa snorkel juga dengan pemandangan bawah laut ikan-ikan cantik.
  9. Ke Pantai Tanjung Tinggi
  10. Ke Pulau Batu Berlayar
  11. Ke Pulau Leebong
  12. Ke SD Laskar Pelangi yang dijadikan tempat shooting dulu.
  13. Berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata. Wah ini salah satu yang WAJIB BANGET dikunjungi, sih.
  14. Foto-foto di sekitar Danau Kaolin. Hati-hati, meskipun cantik, danau ini beracun. Kayak saya. #EhGemana.

Makanya nih saya dan suami lagi searching-searching untuk booking hotel murah atau yang gak bener-bener ngabisin jatah akhir tahun lah. Biasanya sih dapet di Traveloka Hotel. Udah paling bener sih Traveloka, UI UX cakep, aplikasinya mudah, dan masih dapet diskon gede juga. Untuk yang mau dapet, silakan klik di sini >> Kupon Diskon Hotel.

Emangnya ada hotel-hotel lumayan di Belitung? Jangan salah. Belitung sempat hampir dilupakan masyarakat, namun sejak ada Andrea Hirata dan buku Laskar Pelangi, Belitung kembali bangkit. Ada Swiss-Bel Resort, Fairfield by Marriot, sampai Santika Premiere. Tapi kalo cuma mau hotel-hotel kelas Oyo juga ya ada banget. Semuanya tertera jelas si hotel Traveloka yang bikin #StaycationJadi seru!

Waktu saya ke Belitung untuk kerjaan kantor, semuanya saya dapatkan dari Traveloka. Status CHSE, kebersihan, keramahan staff, review jujur dari para pengguna aplikasi, hingga dapetin penginapan yang best value dan sewaan mobil juga dari Traveloka. Gak pake ribet, tinggal tunjukin kode booking, gak usah diprint, langsung masuk kamar hotel tanpa harus ini itu.

Biasanya nih, kalo booking hotel Traveloka, saya pasti pilih yang udah ada breakfast biar gak kelaperan karena bingung mau makan apa. Udah gitu saya pilih yang non smoking floor dan non smoking room. Cek reviewnya dulu, lumayan tinggi gak. Kalo kecil, most likely saya gak tengok, hehehe. Karena review adalah suara rakyat dan cungpret seperti kita-kita bukaaan? Yang jelas, di manapun kita berada, tetep harus jadi wisatawan yang bertanggung jawab untuk sama-sama mematuhi protokol kesehatan, dan juga menjaga kebersihan sekitar.

Oh yaaaa.. Gak cuma objek wisata dan kuliner aja yang akan saya bagikan. Di sini saya juga akan sedikit bercerita mengenai beberapa fakta-fakta menarik di Belitung. Saking sudah khatamnya saya dengan buku-buku Andrea hirata yang selalu mengangkat tentang filosofi orang Melayu Belitung, saya sampai lumayan hapal cara berbicara, memakai baju, olahraga favorit mereka, bahkan kebiasan minum kopinya. Misalnya saja, di Belitung semua orang minum kopi, tapi mereka tidak punya pohon kopi atau ladang kopi. Atau, harga sayur di sana lebih murah dibandingkan harga seafood!

Masih banyak sebetulnya fakta menarik atau trivia tentang Belitung, tapi akan lebih menarik jika nanti kamu mengeksplornya sendiri di sana. Yang jelas, Belitung tidak bisa dipandang sebelah mata sebagai destinasi impian di Indonesia. Pantai yang cantik, transportasi yang sudah memadai, akomodasi mumpuni, wisata kuliner yang membuat liur menetes, dan adat budaya yang masih kental, membuat Belitung menjadi salah satu tujuan utama saya dan keluarga jika sudah dapet nih cutinya. (hehehe, balik lagi ke cuti)

Sekadar share, Belitung adalah kawasan pantai dan laut, sehingga baru 2 hari di sana kamu akan langsung geseng kulitnya. Jangan lupa selalu oleh sunblock, dan jaga-jaga cairan pengusir nyamuk. Pakai pakaian nyaman, topi, baju renang, dan sendal yang tidak ribet. Gimana, tertarik untuk ke Belitung? Semoga saya bisa mewujudkan secepatnya ya. Kalo kamu sendiri, destinasi wisata mana yang mau kamu kunjungi untuk #LihatDuniaLagi? :)

Biar gak cuma angan-angan, nih saya bisikin kalo ada lomba blog yang dilaksanakan oleh Traveloka & Komunitas Blogger Perempuan! Meskipun begitu, lomba blog ini juga terbuka untuk pria loh. Caranya gemana? Langsung aja buka >> Kompetisi Blog #LihatDuniaLagi. Kompetisi Blog ini akan berakhir di tanggal 12 Oktober, dan berhadiah hingga 21 juta rupiah! Buruan ikutan, jadi tambah cuan karena gak perlu keluar duit buat jalan-jalan, udah dapet Hotel Traveloka. Good luck & Happy traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published.