Wedding

Wedding Vendor Cincin: Nagma Jewels

Thursday, 8 May 2014

cincin kawin titiw mahe

Menjelang pernikahan, tentunya banyak banget hal-hal yang perlu dipersiapkan. Yang utama, tentu saja pemilihan venue dan catering. Namun terkadang hal-hal kecil suka dilupakan oleh calon pengantin, yang mana malah bikin repot di kemudian hari, Misalnya saja: CINCIN KAWIN. Kecil, tapi sering bikin rempong kalo emang gak dipersiapkan dengan seksama. As for me, saya 3 kali bolak balik ke Melawai dan Blok M Square, tapi malah memutuskan membeli cincin via INSTAGRAM. WHAT? Online shop?! You heard it right! Tapi sebelum bercerita tentang vendor cincin saya, berikut beberapa tips yang patut dipertimbangkan untuk memilih cincin.

1. Waktu pencarian dan pembuatan cincin
Sebenarnya pembuatan cincin tidak lama, apalagi kalau cincin dengan design dan ukuran yang kamu mau sudah ada di toko tujuan. Dua minggu adalah waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan sepasang cincin customized. Tetapi, biar nggak terlalu deg-degan, 2-3 bulan sebelum hari H adalah rentang waktu yang pas untuk mulai mencari dan membuat cincin.

2. Pemilihan bahan baku cincin
Bagi umat muslim, pria tidak diperkenankan memakai emas. Sehingga terkadang beberapa cincin perak disepuh dengan kuningan sehingga terlihat sebagai emas. Namun pintar-pintar memilih karena kadang-kadang sepuhan itu juga tetap mengandung emas. Solusinya? Pilih cincin perak atau cincin paladium. Namun bear in mind kalo paladium ini harganya lumayan menguras kantong.

3. Design atau model cincin
Jamaknya toko emas atau jewellery sekarang bisa membuat cincin sesuai yang diinginkan oleh customer, pokoknya bisa seenak jidat deh. Browsing-browsinglah dengan semangat 45 untuk cincin yang kamu mau. Bisa di Pinterest, google, ataupun tanya-tanya di forum wedding. Ingat, ukuran jari juga bisa menentukan model cincin yang diinginkan. Kalau jari kecil, akan agak aneh kalau modelnya lebar karena si jari akan terlihat tenggelam. Kalau jari besar, ukuran band cincin yang terlalu kecil bisa membuat cincin terlihat rapuh. You also have to consider the comfortable feeling when you wear the ring. Jika berlian atau matanya terlalu besar maka dapat mudah tersangkut atau bikin tidak nyaman. Karena kamu pengen kan, cincin itu tetap nyaman dipakai hingga puluhan tahun ke depan?

4. Harga dan budget yang dimiliki
Tentukan apakah budget kamu cukup besar sehingga bisa beli cincin di jewellery shop di mall-mall besar ibukota, atau malah budget kamu terlalu kecil sehingga hanya bisa beli cincin-cincinan di abang-abang kloneng yang lewat depan rumah. Dari beberapa lama saya riset, *oke oke, yang riset Mahe, bukan saya*, kalau mau sepasang cincin yang standar itu membutuhkan dana sekitar Rp 3 – 7 juta. Ini dilihat dari bahan bakunya, model, berlian yang dipakai, hingga grafirnya. “Kalau beli perak buat cowok, murah dong Tiw?” Iya, murah kalo lihat harga perak 1 gramnya berapa. Tapi rata-rata toko nggak mau dibegituin sehingga dia ngitungnya udah paketan cincin perak yang sudah jadi sekitar Rp 500.000 – Rp 1 juta untuk 1 cincin.

5. Tempat membeli cincin
Apakah tokonya terpercaya, bisa bikin cincin yang customized, bisa grafir nama dengan kuantitas dan kualitas huruf yang diharapkan, bisa final fitting, bisa remodel, bisa membersihkan si cincin, dan melayani kita dengan baik. Jangan cuma mentang-mentang tokonya terkenal terus langsung memutuskan beli di situ.


Itu dia 5 tips memilih cincin kawin dari saya. Trus gemana ceritanya sampe saya akhirnya memutuskan membeli bukan di toko emas yang tenar-tenar itu? Jadi intinya saya pengen cincin emas putih 3-4 gram dengan berlian sebesar 0,05 gram dengan cincin perak polos buat Mahe. Nah, setelah 3 kali ke Kaliem, Toko Tiga Berlian, dan Toko Central yang ada di Melawai dan Blok M Square, saya dan Mahe fed up. Di Kaliem, mereka ngerti banget tentang percincinan dari A-Z. Tapi orang-orangnya kayak gak butuh duit, nanya-nanya di Melawai disuruh ke Blok M Square aja. Lah gw kan pengen tahunya si cincin yang gw tunjuk di display Melawai? Okelah kita akhirnya ke Blok M Square.

Di sana, pengunjungnya rame parah dan kita agak-agak nunggu sampai akhirnya dilayanin. Ketika bilang mau model tertentu, mbak-mbaknya bilang “Oh itu 5 gram mbak.” Saya bales kalo 4 gram aja berapa, karena jari saya nggak gede. Dibales lagi: “Gak bisa mbak, yang model seperti itu HARUS 5 gram“. Lah eike ngotot dong kalo seharusnya bisa, kan tinggal disesuaikan aja ukurannya asal modelnya mirip begitu. Mahe sampe spanneng karena mbak-mbaknya gak mau berubah pikiran dan malah layanin tamu yang lain. Harga untuk sepasang cincin emas dan perak yang saya mau ketika tanya-tanya di bulan Januari 2014? Sekitar Rp 5,2 juta. Well with that attitude, I wont spend any penny for them. So, enough untuk Kaliem.

Di Toko Central Melawai? Harganya lebih murah dari Kaliem, sekitar Rp 3,7 juta dengan spec yang sama. Tapi si Bapak yang melayani terlihat loyo dan ngejawab kita sambil nonton TV. Toko Central? Coret. Dan yang terakhir adalah Toko Tiga Berlian. Harga di toko ini lebih murah lagi dari Toko Central dan engkoh-engkohnya semangat dalam menjelaskan. Harga yang mereka tawarkan sekitar Rp 3,5 juta. Bahkan dia membolehkan untuk fotoin cincin yang kira-kira kami mau. Tapi sayangnya, mereka tidak bisa grafir huruf sambung. Kalo mau ya nambah biaya lagi sekitar Rp 300-500.000 dan itu pun katanya “Diusahakan”. Yaaah.. Padahal Tiga Berlian udah yang paling mending di antara semuanya. Akhirnya berhenti dulu pencarian cincinnya dan mikirin perintilan kawinan yang lain.

Sampai suatu waktu.. Saya yang kerjaannya brosing-brosing olshop, ketemu instagramnya Nagma Jewels. Online shop yang menjual berbagai jenis jewellery dengan variasi model yang menarik. Pertamanya agak ragu, yakin gak sih beli sesuatu yang lumayan mahal dan berarti lewat online shop? Pas browsing lagi sih nemu mereka juga di Bridestory, yang mana berarti udah terverifikasi dong ya. Akhirnya saya memutuskan untuk kontak-kontakan dulu dengan mereka via email. Semua pertanyaan dijelaskan dengan baik, dan mereka tampak mengerti apa yang mereka lakukan. Dihubungi lewat WhatsApp dan telepon juga mudah.

Nagma Jewels Titiw (2)

Classic Lady Diana Ring

Nagma Jewels Titiw (1)

Georgeus Diamond Bracelet

Dan mulailah saya mencoba untuk tahu berapa harga dari sepasang cincin dengan spesifikasi di bawah ini:

Cincin untuk Titiw:

  • 4 gram emas putih
  • Berlian mata bulat (dirangkai spt kotak) 0.07 carats (nambah 0,02 carat dari yg sebelumnya)
  • Grafir tulis sambung “mahesar per sempre”
  • Ukuran 9

Cincin untuk Mahe:

  • 6 gram perak murni
  • Tanpa berlian
  • Grafir tulis sambung “akmar per sempre”
  • Ukuran 15.5

Surprisingly, harga yang mereka tawarkan LEBIH MURAH DARI SEMUA TOKO yang udah saya sebutkan. Padahal caratnya udah nambah 2 carat, dan grafirnya udah tulis sambung banget! Kata empunya Nagma Jewel sih, saya dikasih harga spesial yang kadang-kadang memang mereka berikan kepada pelanggan. Misalnya aja, dalam kasus saya ini katanya itu diskon untuk blogger. Awwwhh.. So sweet.. Not to mention harga segitu sudah termasuk dengan kotak kayu untuk si cincin. Tapi camkan bahwa harga emas itu fluktuatif, dan harga yang diberikan Nagma adalah harga awal tahun 2014. Untuk jelasnya harga yang saya dapet, langsung hubungi aja yang bersangkutan. :)

Nagma Jewels juga bisa ketemuan beberapa kali, dan bisa mereka atau kamu yang nyamperin. Saya sih waktu itu ketemuan pertama untuk ukur jari dan ngobrol-ngobrol cincin seperti apa yang diinginkan, ketemuan ke-dua untuk ukur jari lagi dan revisi jika diperlukan. Setelahnya baru deh mereka melakukan tahap finishing yaitu polish, chrome, dan grafir. Ingat 5 tips yang saya berikan di atas? Nagma Jewels memenuhi kelima prasyarat tersebut.

Untuk tektokan dari email-emailan, pemberian quotation, sampe bener-bener finishing, makan waktu kurang dari satu bulan. Bahan bakunya untuk perak gak semahal di toko-toko lain, designnya persis seperti yang saya inginkan, harganya sesuai budget banget, bisa grafir sambung dengan huruf yang super panjang, dan yang paling penting mudah dihubungi dan komunikasinya gampang. Bahkan mereka juga bisa remodel cincin kamu dan terima service untuk memoles dan membersihkan lagi.

Nagma Jewels Titiw (3)

Our wedding ring!

Kesimpulannya setelah tulisan tips dan review yang membabi buta di atas, maka Nagma Jewels selaku vendor cincin perkawinan saya: SUPER RECOMMENDED. Buat kamu yang mau mesen ke Nagma, coba aja bilang kalo tahu Nagma dari blog saya. Siapa tahu dikasih diskon. Hehe.. All and all, big thanks to Nagma Jewels team for being a great vendor and for making such a beauty ring for our wedding! :)

Nagma Jewels
Instagram
Telp: 087885521637
Email: nagma.jewels@gmail.com

60 thoughts on “Wedding Vendor Cincin: Nagma Jewels

  1. thalique says:

    Ulasan yang bagus, (seperti biasanya)…

    PS
    Beruntungnya saya, untuk cincin kawin dapat gratisan dapat undian

    1. titiw says:

      Well good for you masnyaa.. :)

  2. rasehaM says:

    Tambahan: Si empunya Nagma Jewels, orangnya detail banget! Dia concern banget sama goresan sedikit aja di cincin. So, udah pasti gak rugi dan no tipu-tipu deh.

    1. titiw says:

      Iya, yang waktu itu sempet kamu ceritain ya. Sehingga dia poles lg? :’)

  3. Bieb says:

    Cincinnya simple tapi cantik :)
    Btw…arti “per sampre” tuh apa ya??

    1. titiw says:

      Selamanya. :)

      1. Bieb says:

        trus kenapa dirimu pakai “akmar” bukan “titiw” :)

        1. titiw says:

          Nama belakang kak, makanya di cincin aku tulisannya Mahesar, nama belakang suami. :)

  4. Tya says:

    gilee kamu detail banget ya beb ke masalah percincinan ini, aku cuma ke satu toko di itc, pilih model trus beli *jadi maluw* :”>

    1. titiw says:

      Pengennya juga tinggal beli beb. Namun apa daya bajet bikin gak bisa gak detail x)

  5. pipit says:

    wuiiihh kompliiitttt… dulu saya juga mau beli cincin di Kaliem secara kayaknya tempatnya hits banget ya? Ehhhh pas ke sana kok ya malah tutup tokonya -_-” dan karena males bolak-balik akhirnya terdampar di toko mas apa gitu lupa namanya, tapi namanya kayak RM Padang.. beli di situ dengan budget 3jt saja dengan spek yang dimauin. Berlian 0,1 karat dan suwamih cukup cincin perak yang mesti dibersihin tiap 3 bulan sekali :P trus ilang jatuh ke saluran air pas wudhu di mol.. trus bikin cincin perak yang baru.. trus ilang lagi.. trus ya udahlah ga usah pake cincin aja kalo ilang melulu :P sayang duwitnyaaa..

    1. titiw says:

      Muwahaahahaha.. Iyah kak pit.. Di Kaliem mintaknya sampe 5 koma juta ihhh cih cih cih.. Btw itu tahun kapan kamu beli cingcin? x) Kepikiran juga deh buat bikin imitasi supaya bisa dipake2 sehari-hari. Sekarang ini aku gak pake2 karena takut ilang. hohoho..

  6. didut says:

    Akan kubookmark baik-baik page ini #ohok

    1. titiw says:

      Heeemmm.. *uhuk*

  7. erin says:

    Kaaa boleh dibisikin ga dikasih brp sm nagma hehehe biar aku bisa nawarnya pas gitcuuu…. soalny ditawarin sm dia 5 komaa padahal nih logika aja emas logam mulia 99 aja 480an masa 4gr emas putih plus 5gr perak bisa 5 koma…. hiksss nangis darah budget tipis kirim ke erin.restriana@gmail.com kasih tips nya y ka hehe thankyou

    1. titiw says:

      Halo kak, wah aku ndak enak inih kalo buka2 harga di sini. Hehehehe, ada ongkos buatnya kali say, gak semata-mata harga emas 1 gram berapa, jadinya berapa. Emang kamu udah nanya2 langsung ke Nagma? Pake berlian gak? Trus apakah kamu mau designnya agak rumit? Karena semua itu membentu variabel yang mana Nagma Jewels menentukan harga. Dicolek2 lagi aja bilang tau Nagma dari blog titiw. Heheheh.. Good luck ya!

  8. nita says:

    ak coba cari di instagram ko ga dapet y? search pk nagma jewels.

    1. titiw says:

      nagmajewelsnya nyambung gak? Aku barusan cari di http://instagram.com/nagmajewels ada kok. Good luck! :)

  9. Evi says:

    Waahh untung nemu blog ini..makasih kakak nya

    1. titiw says:

      Sama-sama, kembali kasih. :)

  10. anty says:

    dear titiww..
    boleh skalian info tempat penyewaan baju pengantin yg bagus and harga terjangkau ga?

    1. titiw says:

      Saya kurang tau kalo baju pengantin karena vendor baju saya sama dengan vendor pelaminan khusus bugis. :)

  11. Ka Tiw!
    Yaampun lg googling toko emas tau2 nemu post kamu.
    :))

    1. titiw says:

      Ya ampyun nesiii.. Pa kabarrr? Ngapaiiin kamu cari2 emas lagiii kan udah punya tuh cincin kewong.. hehehe..

  12. Liana says:

    Bener banget mbak. Aku buat cincin di Central malah harganya kok mahal banget dengan spec mirip dengan mbak Titiw. Udah gitu pengerjaannya lama, gak sesuai dengan yg dijanjikan 2-3minggu, ini sudah sebulan belum jadi-jadi. Sebel bgt! Padahal review orang kok bagus2 ya. Entah gimana atau apes :(

    1. titiw says:

      Nah, kalo seingetku tuh di Central yang jualan males-malesan gitu jawabnya. Itu sih yang udah bikin failed. sabar ya neeng.. :)

      1. Liana says:

        Bener banget mbak, padahal cincin mau dipake tgl 25 besok eeeh sampe hari ini masih belum jadi. Hati jadi dag dig dug :(

        1. titiw says:

          Waah.. semoga lancar2 ya kak. Ciayo!

  13. Nisa says:

    Aaaa Aku telat buka blog ini, tadi udh deal2an di Julia jewelry, krn saking mlsnya nyari2 toko Mas yg hokeh :( lengkapbgt mba blognya nih…

    1. titiw says:

      Yaaah sayang banggeeettt.. Kamu kapan marriednya? Di nagma ini bisa juga koook buat anting gelang cincin yang customized. :)

  14. sya'dah says:

    googling nemu blog inih, debest bingits,,emang yah semuanya banyak yg ngusulin ke 3 toko di melawai ituh. kayaknya nagma jewels, jadi list nya nih, karna jujur aku org yg ngk bisa nawar,atau banyak komplain dalam jual-beli. thanks bgt atas infonya :) *)

    1. titiw says:

      Hehe makasih kakak.. good luck nyari2 cincinnyaa ;)

  15. salsabella says:

    hii mbaa tiww..lengkap bgt infonya..aku juga baru beli couple ring nih buat tunangan,di melawai juga nama toko nya V&Co jewellery..krn aku juga banyak di rekomen dari tmn” n dari beberapa blog yg aku baca di sana juga bagus n harganya bersahabat..kebetulan cincin yg aku cari gak pasaran di toko” lain..(cincin batik)makanya aku udah kepincut sama design” nya yg out of the box dan fashion” bgt..
    thanks yaa mbaa udah share” :)

    1. titiw says:

      Sama2 sayaang.. lancar semua yaaa persiapannya. :)

  16. ririe says:

    it help me so much! Thanks untuk info dan reviewnya :D

    1. titiw says:

      You’re very welcome dear :)

  17. Nurhalimah says:

    Hello mba Titiw, beruntung banget deh nemu blog mba titiw. kebetulan saya sedang mencari-cari vendor wedding ring yang sesuai budget kita.
    Btw, Nagma jewels ini domisili di jakarta kan ya ?
    terima kasih

    1. titiw says:

      Iyes domisili di Jakarta, coba aja dulu compare-compare sama tempat lain juga biar tambah sreg. Kontaknya bisa dihubungi di atas ituh yaa.. :)

  18. Tifdany says:

    halo Kak Titiw, karena saya liat review d sni maka saya putusin utk coba hubungi Nagma jewel,tapi kok sepertinya orgnya cuek dan gk update info k saya yah? baru saya kirimin request cincin yg saya mau, dan saya tunggu kabarin seharian gk ad update kabar dan gk ad follow up dari dia…. huhuhu

    1. titiw says:

      Wah, gitu ya. Barusan aku colek2 mbaknya. Semoga cepet dibales ya. :)

  19. Tiffany says:

    Kak, saya d cuekin sama Nagma jewelnya… saya sudah kirim design cincin tapi tidak di update sama sekali….

  20. yulita says:

    makasih berat review nya mb titiw.. meluncur ke instagramnya ah, sapa tau jodoh dan bs dpt murah..Aamiinn

    1. titiw says:

      Aamiin, good luck ya neng! :)

  21. izzyzaps says:

    Mba, saya ada bhan logam titanium. Apakah mba bisa membuatkan cincin nikah dengan bahan titanium saya?

  22. Ellie Oey says:

    Artikel yang sangat menarik, singkat, jelas very informative mbak Titiw. Great post.

    1. titiw says:

      You’re very welcome. :)

  23. rahman suwito says:

    Mbak saya lagi bingung nih mo cari cincin kawin dimana rencana sih tahun depan bisa bantu kasih saran gak ya

    1. titiw says:

      Lah ini coba kak Nagma Jewels. Secara saya kan lagi review vendor ini. Hehehehe :D

  24. Shiran says:

    Mba titiw, muuci review cantik plus lengkap plus kecenyaaaa.. langsung aje berucap “alhamdulillah ya Allah ada tulisannya mba ini” saking senengnya nemu ni tulisan.
    Btw aku boleh minta detail harganya ga ya mba? Buat perbandingan sama toko sebelah nih :p
    Ke email boleh ya mba? Muuci :*

  25. Arum says:

    Mba Titiw,

    terbantukan banget info ini, aku lagi cari-cari mengenai cincin nikah.
    Kalau boleh tua untuk harga cincin sepansang seperti spec-nya yang disbeutin mba Titiw si Nagma Jewel berapa ya? Boleh info ke email aku ya mba, hihihii. arum.fitri25@gmail.com

    Thanks

    1. titiw says:

      Beda2 kak tergantung maunya kita. Aku waktu itu dapet diskon soalnya. Langsung tanya2 ke nagma nya yaaa :D

  26. Miftah Farid says:

    Blognya bagus banget kak ^^
    Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

  27. dary says:

    Waah senangnya lagi nyari-nyari info cincin kawin terdampar di blog ini.. makasih infonya ya ka titiw.. oya mau tanya utk cincin perak punya suami sampe sekarang warnanya masih bagus ga?

    1. titiw says:

      Karena jarang dipake jadinya masih kinclong aja sik kaaak :D

  28. Sari says:

    Makasih banget ka infonya, aku lagi nyari nyari juga nih. Semoga cocok juga di aku ya si nagma jewels ini sama harganya. Hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel Blogger Indonesia

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now