Resep Coto Makassar Asli dan Mudah Dibuat

Coto Makassar adalah makanan berkuah yang berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar my heritage. Yang biasanya bikin makanan ini di rumah saya adalah si Papah. Doi memang jago. Dibuat kalo ada event Lebaran Haji ataupun Lebaran sebentar lagi.

Kok namanya Coto? Yes, you spell it with C, not S. Kenapa pake C? soalnya kalo Soto dari daging Sapi, kalo Coto dari daging Capi (halah.. bang Arham.. lucu-lucuan situ aye pake nih baang..) Udahlah, gak usah banyak cingcong, mulai saja saya share resep Coto Makassar ini, kawan!

Bahan:

  • 1 kg daging sapi bagian sengkel (yang empuk itu, bilang aja ama abang-abang di pasar, pasti pada tau..)
  • 1/2 kg paru (digoreng, pisahkan, masukin toples, boleh juga masukin mulut kalo laper)
  • 2 liter air cucian beras/tajin
  • 5 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun salam
  • 250 gram kacang tanah, goreng, haluskan
  • 3 sdm minyak goreng, untuk menumis
  • 5 cm jahe, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan

Note: sebenarnya kalo mau, pake juga 300 gram babat, rebus matang & 300 gram hati sapi rebus matang. Kalo mo pake beginian, daging sapinya dijadiin 1/2 kg aja. Tapi karena eh kerana keluarga saya pemakan daging (FYI, nama tengah kami semua adalah SUMANTO), hati dan babat skip, dan dagingnya dibanyakin.

Baca Juga: Resep Anti GTM: Bola-bola Kentang Keju

Bumbu yg dihaluskan:

  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir kemiri disangrai
  • 1sdm ketumbar disangrai
  • 1 sdt jintan disangrai
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica butiran.

Pelengkap:

  • bawang goreng
  • irisan daun bawang
  • irisan seledri

Sambal tauco:

  • Haluskan 10 buah bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting yang direbus sebentar.
  • 100 gram tauco yang ditumis dengan 6 sdm minyak goreng hingga matang, tambah garam dan gula merah secukupnya. Campur sama bahan yang udah dihaluskan barusan.

Cara membuat:

  1. Kalo pake babat atau hati, rebus terpisah hingga lunak, angkat, tiriskan, potong dadu.
  2. Rebus daging sapi bersama air tajin, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.
  3. Panasin minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan ke dalam kaldu,tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.
  4. Penyajian: Siapkan mangkuk, isi dengan daging dan ati dan babat dan juga paru yg dari toples tadi. Taburi bawang goreng (enaknya banyak-banyak), irisan daun bawang dan seledri, sajikan dengan ketupat dan sambal taoco.
  5. Sajikan hangat.

PS: Tambahin kecap, garam, dan jeruk nipis jika perlu. O ya, lebih enak lagi kalo masak sama pacar, biar dia yg bikin, kita ongkang-ongkang kaki.

Itu dia resep Coto Makassar asli dari Makassar yang keluar dari bibir Mama dan Papa saya yang emang asli sana. Semoga berhasil ya. Happy Cooking!

200 thoughts on “Resep Coto Makassar Asli dan Mudah Dibuat

  1. aRul says:

    nikmatnya coto makssar…
    nantikan aku dimakassar :D

    –> Kebetulan.. situ berangkat naik apaan? sayah nebeng boleh? udah lama gak pulang kampung.. inget kakek.. nenek.. om. tante.. si pohon coklat yang dulu saya nyoba2 ngerokok di bawahnya.. akh.. *flasback yg gak back2*

  2. ega says:

    say..
    banyak yg bilang coto tuh enak…gw sendiri senang sswtu yg berkuah2 panas n gurih (apa tuuuhh)
    tp waktu prtama kali gw maem ni coto, gw habis dari prjalan makasar-enrekang, jalannya berkelok2, n bikin puyeng n mual…trus langsung disuguhin coto..

    slurppp! bleaachh

    hoooo..moment yg tidak tepat utk makan coto, jadi gw ga suka.
    well smua orang pd suka tuh tpinya

    –> Hyehehe.. emang makanan ini kagak makanan yg enak setiap saat kayak rexona (lha.. itu mah setia setiap saat yak?!) Saya aja cuman makan ginian yaaa.. setahun 5 kali deh.. (tapi sekali makan bisa berkali2 nambah..)
    Anyway pernah ke makasar? dalam rangka apa nak?

  3. thalique says:

    Tapi ko nga percaya kalau si mbak Tiw bisa masak coto..kaykanya sich kagak ada tampang bisa masak lah wong masak air aja hangus

    –> Sial.. ada orang yang membocorkan aibku.. (sok2 prolog kayak sinetron2 ituh..)

  4. Jiewa says:

    Uuhhh… coto makassar emang uenak tenan, apalagi kalo makannya pake buras. Tapi tiap kali abis maem ini selalu merasa berdoa, coz aku suka sekali makan jeroannya, especially Babat ^^

    –> Hooh.. aku mau taro juga resep buras, tapi agak ribet, soalnya cara rebusnya kudu advanced banget mas..
    Anyway.. buras itu semacam ketupat juga.. pokoknya dari beras juga dan dikasi santen, tapi bentuknya persegi panjang deh..
    Heh? berdoa kenapa? guilty pleasure ya? hihi..

  5. thalique says:

    Ko resep Cotonya nga sekalian disertai respe Buras. Kata temanku yang asli Makassar dimana ada Coto, disitu ada Buras

    PS
    Mana alamat Warung Coto Makassar langganan papahmu yang disekitar Cakung itu mbak.

    –> Entar deh kalo papah mau ngemeng lagi tentang resep buras mas.. ini aja saya nanya resep coto sombong bangat!!
    PS: bukan cakung, tapi cilincing mas.. gak tau alamat tepatnya, tapi kalo ke sana aku tahu.. huhu.

  6. ratie says:

    Tiw, gw maunya langsung makan aja aaah.. Syuse bikinnya.. Hahahaha… Eh, emang lo bisa masaknya??? Agak ragu sayah… xP

    –> Emang.. resep kali ini advanced nak. hohoho.. Heh? aku tuh gak pernah klaim aku yg masak ya.. tapi papah. Sekali lagi: PAPAH!!

  7. thalique says:

    Tuch kan Tiw, kagak ada yang percaya dirimu pinter masak. Asyik kapan lagi bisa nyela Tiw..piss jeung

    –> Wah.. dammit nih semua..!! *Ngejar semua orang pake badik di tangan kayak orang kesurupan*

  8. rickisaputra says:

    Pesen Coto Catu yah…
    ama Juc Cetroberi catu..
    gak pake lama yah..
    :D

    –> Walah.. dek rikicaputra ini banyak maunya.. catu2 ya.. yang cabar..

  9. apy says:

    Rahmayanti Sumanto Akmar…. gyaaahahaha

    –> Jangan seneng dulu mas.. nama tengah gw yg lengkap itu adalah “Nggak Pake Sumanto”. Jadi nama selengkap2nya gw “Rahmayanti gak pake sumanto akmar”.. hyehehe..

  10. saya says:

    mbak .. cotonya satu,teh anget satu .. ama kerupuk dua .. berapa semua mbak

    –> Oh totalnya 3 juta dua ratus enem puluh satu ribu lima ratus mbak. Oh, tenang… itu udah diskon 20 % buat pelanggan baru.. Iya.. sama2.. makasih..

  11. thalique says:

    Mas saya, lebih enak kalau minumnya es PalluButung atawa Es Pisang Ijo,,behh (versi flexy) mantap tenan.

    –> Koreksi mas T, “saya” di atas itu cewek.. hehe..

  12. la mendol says:

    kelihatan wenak…aku dah pernah coba tapi kok lebih suka soto madura ya. Mungkin kalau di makassar beda kali y rasanya, sama di sini.

    –> Kalo soto madura aku malah agak gemana gitu.. soalnya gak terlalu suka santen2 gituh.. Iyah, beda tempat ya beda rasa doong.. :D

  13. Dy says:

    Tanya dong mbak : 2 liter air cucian beras/tajin ituh, mmg bener2 air yang habis dipake buat nyuci beras yah?

    n salam kenal ya :)

    –> Hooh, betulll!! tapi kalo gak salah papahku tuh gak pake cucian yg pertama, karena kotor kan.. tapi pake air cucian setelahnya (kok tiba2 inget bahasa lawas “cucian deh loo…” gini ya guah?!)
    Iyah, salam kenal jugahh.. :)

  14. tito says:

    ada gak resep coto yang gak ada dagingnya? *holoh*

    –> Ya kalo gitu bikin aja resep kuahnya mas.. hihihi.. saya kok jadi inget ada orang mau beli bakso bilang gini “Bang, tapi gak pake bakso ya.. mienya aja..” Lah kalo gitu mah mending beli indomie aja bukan?!

  15. sky says:

    hiaaah, dari dulu kukira coto tuh nama laennya soto. ternyata beda toh..
    coba bikinin coto dunk mbak.. pingin icipin.. :p

    –> Yak, ternyata Anda salah!! bikinin? ini saya ajah minta bikinin papah! hehe.. makanya main2 ke rumah ini kalo lagi lebaranan..

  16. Unee.Adisti says:

    halah… udh lama gak posting,sekalinya posting kok ya yang gak berguna buat gue.. RESEP MASAK gituw lhow… Gimana ya,tiw..gue dilahirin ke dunia ini HANYA utk menghabiskan makanan..BUKAN untuk membuat/masak makanan LALU menghabiskannya..
    Tapi ide masak bareng pacar itu bole’ juga.. Nah,the problem is…. gue nyari yang “itu” dimana yak ?…*thinking*

    –> Wah, ngocol ni anak! Hehe.. lho.. aku juga baru sekali2nya kasi resep, biasanya si apy nih.. tapi lagi pengin ajah, biar keliatan kren kayak blog2 kuliner di luaran sanah. Itulah makanya aku kasi tips bikin bareng pacar supaya kita santai aja dia yg kerjain! hehe.. eng.. kamu.. ng.. masih.. mm.. jomblo?? wah kalo gitu.. kesian yaaa.. *kabuuurr*

  17. Hoek Soegirang says:

    johh? bedana coto sama soto afa segh?

    –> Kalo coto dari makassar, kalo soto dari luar makassar (asal mode:on)

  18. herru says:

    Setuju sama komen nomer 3 hehehe

    Ribet Tiw kalau masak mah, praktis beli lagi, nah kalo warung coto makassar yang enak dimana Neng?

    –> Huh.. gini nih, sekali2nya masang resep dicela sana sini.. Iya deeh.. warung coto enak? Tapi aku taunya di jkt aja.. di Kelapa Gading boulevard sama di daerah Cilincing, di samping jalan. Gak tau alamat tepatnya, tapi,, ini adalah tempat langganan aku dari kecil.. Enyak bangyet..!!

  19. Totok Sugianto says:

    tidak hanya suka mengulas film, ternyata menu makanan dihajar juga.. eh Papah itu apa sama dengan papa (ayah)… wah salut bisa masak juga papanya :D

    –> Iya.. Papah sama dengan ayah, babe, bokap, ataupun ayahanda. Hihihi.. FYI, di rumah ini emang yang bisa masak selain pembantu saya ya cuman papah.. hihi..

  20. jeng endang says:

    eh, kenapa ya kalo rumah makan coto makassar itu kebanyakan kecil, sumpek dan kurang bersih, gak yg di kendari (yak, aku pernah tinggal disana) maupun yg di jakarta…..RM Daeng Tata aja kayaknya yg lumayan…

    eh..aku pernah masak ini…..yg belum tuh Konro !

    –> Iya, aku juga selalu berpikir gituh. Giliran yg gede, yaitu RM daeng tata, eh rasanya gak segitu enaknya.. apa teorinya gitu ya? kalo yg kecil itu lumayan, yg ged kagak lumayan? halah..
    Konro? bikin dong. kalo udah bagi2 resepnya ke sini hehe..

  21. nike says:

    huiii. i love coto makassar, lengkap dengan burasnya
    bawain dong, tiiiw
    kadang ibu gw suka masak coto makassar.maklum sempat berdomisili ga jauh dr makassar.

    –> Bawain? gemana kalo kamu main aja ke rumahku kalok lebaran? ataw aku yg main ke rumahmu kalo ibunda sedang memasak inih? Oh sempet tinggal di sono.. (sono mana?) Ah.. aku tetap menanti2kan resep darimu niks.. hiks..

  22. LiSan Skywalker says:

    Aku belum pernah makan Soto makasar loh tiw, jadi penasaran, beli aja ah, bikinnya susah hohohoho ^o^

    –> Lisan sayang.. sekali lagi, namanya COTO. Bukan SOTO. Kamu kan di daerah utara tuh, yang enak tuh coto makassar daerah kelapa gading boulevard.. happy tasting!!

  23. bangsari says:

    lha kalo coto saya juga mau. ini makanan daerah timur paling enak menurut lidah saya. (yang lain belum pernah nyoba) :D

    –> Lha.. saya juga mau. Paling enak? karena gak pernah nyoba yang lain kali.. hihi..

  24. wigati says:

    emang sedep banget coto makassar. duh, udah lama gak icip2 coto makassar belakang kantor nih!

    –> Kantornya di mana mbak? enak gak coto di situ? pasti tempatnya gelap dan kecil deh.. Haha.. tipikal warung coto ya begitu tuh..

  25. isnuansa says:

    Temen saya dari Makassar dateng, pengen makan Coto. Saya ajak di sebelah Lapangan Tembak. udah duduk, pas nanya menunya dia ngotot maunya pake jerohan. padahal nggak ada, adanya daging doang. Eh, dia langsung cabut. Alamak, malunya saya…

    –> Hehe.. kalo situ malu mbak, kalo saya rugi.. krn abis turun dari kereta jaman kuliah dulu, tiba2 udah ada temen2 minta traktir coto di daeng tata ke saya yg ultah hari itu.. huhu..

  26. ria says:

    yummy! biar tambah afdol, wajib pake buras tuh Tiw!
    eniwei, masih banyak kan makanan oke dari Makassar.. konro… es palu butung… pisang ijo… bisa masak jalang kotek gak? (itu kan nama pastel di Makassar, bener kan??)
    ya gini ini yg bikin gendut kalau ke Makassar… makanannya enak2 bok…

    –> Betull!!! kok kamu tau banyak tentang makanan makasar sih? Aku aja yg makassar abal2 tau dikit doang.. hehe.. Tapi kenapa aku gak gendut2 ya? padahal makan udah kayak babi yang baru buka puasa mutih 26 hari, hyahaha!!

  27. fertob says:

    ooooh… gitu cara buatnya ya..?

    *nyobain ntar* :)

    dulu waktu masih sering ke Makassar, coto makassar itu makanan yg pertama kali kucari, sama markisa tentunya. tapi setahun belakangan ini nggak pernah kesana lagi. di Jakarta juga nggak tahu dimana yg jual coto makassar.

    coto makassar dan soto madura itu 2 soto yang paling kusuka….

    hmmmm….. jadi lapar… :)

    –> Hah? Markisa…? siropnya ya? Setau akuh emang siropnya itu banyak yg doyan, padahal kayaknya bikin lengket tenggorokan, trus suara ini jadi agak2 beda tipis ama Mulan Jamilah-Kurang-Bulu gara2 minum begonoan, hyahaha..

  28. arham_kendari says:

    yummy, honeeeeey…

    lah, komennya banyak ahmat..
    laris manis si BCL mah.. :D

    –> Eh ada si abang yang lucu2annya aye pake. Kapan aye ke Makassar sono kita Kopdar ya bang. pokoknya abang kudu bela2in dari Kendarii!! ihiy!!

  29. Ndoro Seten says:

    Welha…dalah, nama boleh lah dikit-dikit mirip, dari soto, sroto, coto…..tapi soal cita rasa, wow bhinneka tunggal ika….
    siiip…..

    Numpang lewat ae…
    Nuhun,

    –> Hihihi.. begini dong.. nasionalis.. (?!) silakeun silakeun..

  30. stey says:

    suka soto,tapi soto kudus ajalah..hehe..

    –> Eh, kalo soto kudus aku juga suka nih.. di daerah otista jakarta enak tuh.. (sotoy marotoy..)

  31. Nna says:

    hm.. salam kenal… :)
    wah coto makassar lengkap dengan buras jadi menu wajib di keluargaku saat idul fitri & idul adha… tapi aku blm bisa bikinnya… :)

    ::nyam-nyam::

    –> Salam kenal juga, waah situ berarti orang makassar juga dong? hehe.. :D

  32. nike says:

    di sulawesi tenggara sih, tiw. tp lumayan sering ke makassar..hehehe

    –> Oh ngonoh, kamu juga berarti pernah tinggal di sonoh? apa pas jaman si ibu belom bertemu bapakmu?

  33. BangYo says:

    Tiw, coto makassar adalah salah satu makanan kegemaran BangYo, karena lidah orang Palembang sangat dekat dengan bibir eh maaf lidah org Makassar (artinya bisa macam2), BangYo pernah coba bikin sendiri Coto ini tapi pake tambahan susu,

    Jadi setelah hampir matang semuanya, masukkan susu cair, masak kembali hingga mendidih sambil diaduk-aduk.

    coba tanya Papa Tiw yg sangat berbakat itu, apakah resep BangYo ngaco??

    BangYo yakin Tiw pasti pinter masak, semua perempuan asli Indonesia punya potensi untuk pandai memasak krn menurut sejarah, kepandaian meramu dan berburu lbh dahulu dimiliki wanita Asia & Afrika sedangkan bersolek dan bicara dimiliki wanita Eropa,Amerika,Australia.

    Ditunggu resep berikutnya ya Tiw, BangYo jd pengen masakin Coto nih karyawan2 BangYo.

    –> Iyah, nanti tanya papa, tapi kayaknya sih doi gak pernah nyampur susu bang. Sok sonoh masakin karyawannya bang yo.. pasti pada seneng punya bos kayak situ, hehe.. Anyway, yakin tuh kalo aku pinter masak? Syahahaha… ;)

  34. gimbal says:

    mentang2 asli makasar…..
    masakin bwt gw donk tante……

    –> Cingcay.. lah situ bikin dong “tips membatik ala pekalongan”, hyehehe..

  35. evelyn says:

    Tiap hari aku makan nie masakan di kantin kampusku. Enak dimakan sama lontong!
    Gila rasanya gurih banget!
    Wow!
    Nagih banget…
    Tapi aku nggak kepikiran untuk bikin sendiri. :)

    –> Tiap hari makan beginian eve? kagak eneg?! hihihi.. aku aja kalo 3 hari hetrik lebaran agak mo muntah juga..

  36. nico kurnianto says:

    ternyata resep soto tah…..wah ini soto makassar aku belum pernah coba. Minta reviewnya donk

    –> Please dear, you spell it with C. Not S. Minta riviu apa nih? tingkat keenakannya? pokoknya maknyuss lah!

  37. Zee says:

    Sy doyan coto makasar, tp ga kepengen buatnya… beli aja kali ya lebih enak, he hehehee,,,

    –> Saya doyan makannya aja, gak mau beli.. maunya dibeliin.. hehehe..

  38. isya says:

    coto enak bgt, uda lama nich ngak makan abisya ngak pernah pulkam lg sich,sumpah kangen bgt.thanks resepnya mau coba masak sendiri.

    –> Oh situ orang makasar juga? apa kareba? hyehehe..

  39. papa athala says:

    duh seneng bgt dapat resep ini, dulu suka buat & suka makan waktu di bontang kaltim, sayangnya resep ilang nah sekarang ketemu lagi..
    besok libur balanja & buat de
    thanks malopo titiw…
    permata yang hilang udah ketemu lage

    –> Wah.. seneng deh bisa bantu situ.. makasih kembali.. :)

  40. sersan ompeng says:

    Enak mantongi tawa cotona makassar, apalagi kalo itu coto asuhanna Dg. Naba ato asuhanna lagi siapa yang di jalan pettarani itue????

    Poko’na kalo makang coto…sampe kulupai utangku…apalagi kalo tempa’ makang cotona itu geratis katupa’na dede…dede…dede…

    Tapi dari resep ini kayaknya ada yang kurang, nabilang penjual cotoa di Makassar kalo mauko kantalaki contonu, rendamki “undies” di dalam air coto sebelum dikonsumsi….selamat mencoba!!!!

  41. Abi Lutfianisa says:

    Aswrwb,
    Wah enak sekali coto makassar nah,,,
    kemarin waktuka buka puasa sama teman2 di Batam .CM jadi menu favourite :-)

  42. mustaman says:

    hehehe terima kasih mega na sinkamma ja ki orang makassar baji bajiki di resep nya emang lumayan yah coto mankasara emang yahut hehehehhe mariki diiiiii

  43. rista says:

    thank y untuk resep coto makassarnya. kbtln aku org jawa dn suamiku org sulawesi. slh satu makanan favoritny y coto makassar. ntar aku mo praktek masak untk srprise di hari jadi kami.

  44. ummi salma says:

    buat yg penasaran buras itu seingatku 2kg beras pulen. Bikin santan dari 1 btr kelapa tua parut + 5 siung bwg putih parut n garam sck. Aron beras + santan sampe stenga matang. Taro 1 sm di daun pisang, bungkus, trus ikat per 2 bungkus. Ikatnya yg kencang biar ga pecah or hancur. Trus kukus sekitar 2 jam. Jadi deh.

  45. dhi says:

    air cucian beras?? tajin?? bukannya tajin tu air dari beras yg lagi di masak…trus air cucian beras, mksdnya beras yg mo qt masak kah??

  46. Maya S Smith says:

    Kebetulan banget ..lagi pengen Coto Makasar, disini nggak ada yg jual…so pasti laris buat acara Hut-4 my little girl. Thank’s banget for your recipe !!!

    –> Kembali kasih mbak, send my b’day wishes to your lovely daughter :)

  47. bob says:

    kita kan lg di kapal niy ceritanya, kokinya orang china, masakannya gak cocok ma perut kita2, so saya copy aja resep coto makassarnya trus sy kasi ke koki. begitu dihidangkan, wah… jadi ingat makassar niy. coto makassarnya mantap, orang2 kapalpun pada suka. mmmariki’ diiii…

    –> Waw.. glad my recipe can solve the problem, hehe.. Sama2.. :)

  48. nouva says:

    gw lagi nun jauh di amrik, mo nyari coto makassar kemana??? eh ketemu resepnya nih. tadi udah beli bahan2nya (gw gak suka intestines ama tripe tapi bf gw suka) jadi ntar malam mo bikin buat dinner, biar di icipin ama bf, mudah2an dia suka (soalnya dia chinese) hehehe. Thanks banget resepnya yah!!!!

    • titiw says:

      Ahahaha.. saya malah belom pernah coba coto kuda, daeng.. Wah kapan2 harus coba tuh biar muka jadi mirip iis dahlia yg mirip kuda.. (??!)

    • titiw says:

      Hah..??! Kalo gak pake tauco kan rasanya jadi gak terlalu “coto” bo!!!! Hemph.. tapi suka2 aja sih.. Hee..

    • titiw says:

      HEH..? Waduh.. yayaya.. nanti saya tanyakan dulu sama ayah saya ya,apakah beliau berkenan resepnya itu ditampikan secara video. Dan satu lagi, saya nggak buka warung. Makasih.

  49. Ranaya says:

    Oks d, lebaran kali ini ga pake opor ayam ah, masak coto aja. Ga ribet kayaknya. Tp klo ga jd, ada yg tau warung coto d semarang? Hehe..

    • titiw says:

      Ha. Yakkkiiin masak coto makasar gak ribet..? Kalo selama ini liat papaku bikin sih katyaknya malah super ribet! Hehe.. *manas2in*.. Semarang ya..? Wah.. ada yg tahu, guys..?! :D

  50. ade says:

    Resepnya udah dicoba nih…enak bgtzzzz…..suamiku nambahhh…kasih saran ya, supaya cotonya agak item dikit tambahin keluak ;) jadi pengen lagi :(oh iya….masaknya super ribeetttt…sangrai, goreng, blender, numis dll…enaknya ada bantuin biar cepet ^_^ selamat mencoba buat yg lain

    • titiw says:

      Oh yaa…? Wah.. senangnya bisa membantu!! Bilang ama suaminya, bantuin masak, jangan cuma makan doang, hehe.. Wah.. makasih juga atas tipsnya ya.. :D

  51. abi salma says:

    Terimakasih resepnya, saya waktu di timtim selalu makan coto karena makan masakan lain takut banyak daging…..yang ga bisa aku makan… jadi tiap makan slalu coto… sampai muka saya kaya babat…

  52. yenny says:

    titiw …aku maen aja krumah mu beb klo aku uda pulang scara rumah yey ma ik deket bukan pondok bambu hahahaha bil ti..om yenny pesen satu gitu hihhihiih

  53. ismail says:

    terimakasih resepnya ini seger dicoba karena kami sudah pngin coto makasar. sudah lama saya tdk kemakassar

    • titiw says:

      Sama-sama.. mungkin kalo mau ke makassar bisa ajak2 saya..? Saya juga udah lama gak pulang kampung.. :D

  54. didang says:

    Resep Konro doooouuuunnngggssss!!!!!??????
    Pisang Epe?????
    Nyuk nyaaaang????
    mmmm..apa lgi yaaaak…bagus2 bisa dapetin resepnya Pallu Basa jl. Srigala Makassar??!!!!…hehehe
    ditunggu yak Tiw!!!:)

  55. astri says:

    mmm. . . Bisa d coba nie. . Aku dr dulu pengen bnget bisa bikin sendiri. . Ni resep mw ku coba dlu y. . Oeya gimana lo daun jeruknya yang dikasi banyaaaaak gt. . . biar wangiiii gt baunya. . . .

  56. lailaaja says:

    akhirnya dpt jg ini resep coto,dulu mamaku jualan coto,konro,es pallu butung sm ikan bakar colo colo di benhill,tp aku gk bisa masak coto&konronya..yg lainnya bs…skrg merantau k riau jd pengenn bgt..untung ada resepnya..tp seingetku serainya dihaluskan jg gk sih?

  57. sita says:

    Gak perlu jauh2 ke Makassar…..Di jakarta Utara atau tanjung priuk..Coto Makassarnya wena tenan rek….Tuh Restoran dari gw kecil n dh punya bocah gini…restoran itu tetep menyajikan makanan makassar yang TOB BGT…Cari aja di daerah Cilincing-Dewa kembar….

  58. Uncle sam says:

    Ada itue coto daeng yg di depan mall panakukang,enaknya…baru murah meriah. Daerah mana cilincing yg ada wrung coto,apa yg dkt marunda ato pasar pagi?info nya yaa

    • titiw says:

      @sam: Wah, mal panakukang mah di makasar ya.. haha.. jauh sekali kalau begitu.. Hoho.. Di cilincing tuh di mana ya..? aku juga kurang tau persisnya.. tapi yang jual kecil orangnya, suka panggil kita daeng.. trus adanya di samping jalan raya..

  59. icha says:

    hu,,hu,,hu,, di malaysia ada yg jual coto ga yaa,,,
    mau nyoba buat sendiri aja aahhh,,,nyontek yaa tiw,,
    tks.

  60. Anjar Rinjani says:

    sudah lama sekali mau bikin coto mangkassara sendiri,trims resepnya, mudhn disini ada org yg jual belanga tanah, biar kecil….yg penting ada…

  61. unding says:

    kebtln iseng cari kata coto makassar di google dan dapat website ini…
    jangan lupa kasih banyak kuahnya biar dipake mandi sekalian… soalnya resepnya disajikan sungguh lucu sekali..

    • titiw says:

      @allan: Tergantung sih. Biasanya kalo papaku bikin (iya ini resep papaku), untuk ngerebus dagingnya aja butuh berjam-jam.. JAdi kalo emang niat masak coto, luangkan waktu seharian ya.. :)

  62. frey says:

    membantu bgt, abang gue asli makasar.. dapet daging qurban bisa masak coto dah ^^
    soalnya di solo yg jual warungnya jauh bgt, tante di klaten… capcus dah ambil piso, nylain kompor ^^
    thks

  63. ninies hp says:

    aku suka banget dengan coto makassar thank you very much dengan bumbu2nya kan kucoba klo bikin sendiri enak gak ya.

    • titiw says:

      Iya, Kadang2 ada orang yang nambah susu, yang mana aku gak tau untuk apaan.. Biar kentel..? Tapi kan aneh malah ya..

  64. Etha says:

    Wah kbtulan nih bln february ak nikah ma org makasar, mumpung masi lama bsa pljri resep ini, kan lumayan kl bisa n kl dh nikah biar suami bth di rmh, scra mknn fav’a coto makasar..

  65. rahmi azizah says:

    makasih resepnya dah lama kucari-cari, sudah sering makan tp blm prnah coba masak sendiri.wah pasti seru kalo masak sendiri serasa di warung

  66. tin says:

    makasih resepnya
    gua org jawa, tp cowo gua org mangkasara
    susah cari RM yg jualan coto disini
    mending gua coba resepnya, biar cowo gua makin sayang

  67. SyiFa says:

    mo tnya dong say.. kuah cotonya ga pake bwg merah sm tauco yah? apa cm sambalnya aja yg pake bwg merah sm tauco? trs ada yg blg klo coto mkssr ga pake daun salam? yg mn yg bnr yah?

    • titiw says:

      Kuahnya juga.. Wah kalo pake daun salam itu masalah selera kali ya.. YAng jelas resep dari papaku sih yg kayak gini.. :D

      • ashadi says:

        mba mau nanya nih..untuk kuahnya, bawang merah ama tauconya apa ikut dicampur sama bumbu yang dihaluskan atau pada saat rebus dagingnya pake air tajin ya mba’?tks.

  68. Bonitha says:

    Thanks resepnya, ini masakan kesukaan suami aku. tolong dong d share gmn buat burasak nya ( spt lontong atau ketupat tapi burasak ini memang lontong yg dibuat khusus sbg pendamping Coto Makasar ) klo ada yg tau share ya….thanks

  69. chantika shepia says:

    wah itu mah juga kesukaan sy tuh,ditmbh lg suami orang mkasr jadi tmbh komplit deh,,,,mkash ya resepnya

  70. christy says:

    Thanks ya resepnya,
    pingin curhat ni, tadi barusan saya makan coto makasar, soalnya warungnya baru dan memang sebelumnya di kota ini (Madiun)gak ada yang jual coto makasar. tadi pas lewat lho kok ada, jadi aku coba. tapi rasanya kok gak sama kayak yang aku biasa makan ya. aku ini penggemar coto makasar. makanya pas pulang aku langsung buka internet cari resepnya, wah ternyata ada, aku jadi pingin buat siapa tau yang aku buat lebih eenak he he he…. aku ini orang manado tapi paling suka coto makasar. thanks ya resepnya.

    • titiw says:

      Waaah.. aku juga lumayan suka masakan manado.. apalagi bakwan jagungnya.. mantapp! :) sama2.. makasih udah mampir ke sini..

  71. ummi says:

    mb.. resep di atas kira2 untuk berapa porsi? trus air tajin nya diambil dari berapa banyak beras? makaciy banget inpoh ny mba.. ^^

    • titiw says:

      Kalo ini sih biasanya buat keluarga aku untuk 4-5 orang, dan untuk sekitar 1-2 kali makan ya. Kalo air tajinnya, dari beras yang dipake untuk masak ini aja berapa banyak. Kalo kayak kata resep2 yang bener sih.. Secukupnya. Hehe.. Semoga membantu.. :)

  72. Gleks says:

    Ehm, akhir nya ketemu juga resep yg komplit dari Tanah Daeng, Begini… saya ini orang sulawesi kuliah di jogja, di kampung belum sempat belajar bikin Coto Makassar sama Orang tua, jadi saya Mau tanya Air Tajin nya itu apa Air Tajin yang pertama yah, maksud nya karena Beras itu kan biasa nya di cuci nya berulang ulang… nah kalo Air Cucian yg pertama kan biasa nya agak kotor ya, Gimana Dong Say?

  73. laela says:

    makasih resepnya.,kmarin abis jalan2 di Makasar tiap hari mkn coto.,suamiku jd ketagihan.,pas udh pulang d bdg jadi pengen bikinin buat suamiku.,

  74. Gozel says:

    Sekalian dong, sop konro, es palubutung, Ikan masak Kuah kuning, Kampalo, ribs,….aku mau buka resto nih,..he..he

      • Imas says:

        Gtu ya.. Terus ada pertanyaan lagi neh mbak.. Harga daging skrg kan lg mahal, kalo kita campur dgn ayam kira2 gmn mbak? Kmdn sambelnya itu mmg harus pake toco ya?

        • titiw says:

          its jangan salah. Kemarin papaku bikin coto ayam lho! Hahaha.. Rasanya enak2 aja, tapi karena gak biasa makan coto ayam jadi gemanaaa gitu. Hihi.. Iya sambelnya pake tauco biar berasa khas coto makassar.

  75. You nick says:

    Kok ane pernah dapat resep pake santan ama kacang tanah ya.

    Tpi biasanya klo aq mau masak sich biasanya beli bumbu jdi aja paling tambahin santan ama kacang tanah.

    • titiw says:

      Hah emang ada bumbu jadi coto makassar ya? Cool. Nemu di mana? Oh ya, ada beberapa resto coto yang resepnya pake santen sih tapi menurutku itu enek dan terlalu fusion, gak original lagi..

  76. Mamanya Zora says:

    I’m a big fan of this kind soup and never try to cook before. Thank you for share this recipe, i’ll cook it tommorow (hari ini mah blanja dulu atuh ?)

  77. wantopia says:

    waaahh.. jadi pengen makan soto makasar setelah lihat resep dari sini… semoga bisa buat nanti pas tahun baru.. hihi makasih banyak informasinya sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *