Trivia Remy Sylado

Dewan Kesenian Jakarta membuat program yang rencananya akan diadakan sebulan sekali dengan tajuk “Bincang Tokoh”. Event ini bertujuan untuk memberikan ruang diskusi yang tidak berjarak antara siapapun peminat sastra dengan tokoh sastra Indonesia yang telah teruji kualitasnya. Untuk Bincang Tokoh pertama, tokoh sastra yang terpilih adalah REMY SYLADO. Karena kebetulan (baca: DINIATIN) hari itu saya datang ke TIM, tepatnya Galeri Cipta II untuk ngintip2 acara itu, saya menangkap banyak sekali Trivia mengenai Opa Remy Sylado yang bikin.. merinding rinding badinding gemanaaa gituh..

Remy Sylado di Bincang Tokoh
  • Sampai sekarang, Remy Sylado masih make mesin tik. Sehingga semua karyanya termasuk cerbung “Aku Mata Hari” yang sedang tayang di Kompas harus diketik ulang.
  • Sehebat2nya tokoh yg dibuat Remy Sylado, tidak ada yg lebih hebat dari beliau sendiri. Si spionase Mata Hari bisa 7 bahasa. Remy? Lebih! Ples bahasa Sunda, Manado, Jawa, dll.
  • Dulu, tiap Remy Sylado buat karya, selalu dibilang pop. Sekarang, dibilang sastra tingkat tinggi. Ini Remy yg maju/sastra yg mundur?
  • Ada salah seorang penanya yang memanggil diri sendiri “mbak diah” & tiba-tiba seperti meramal Remy dengan menjumlahkan angka dari nama re-mi-si-la-do = 1. Artinya leader. Mantap!
  • Kata Remy Sylado, budaya kita adalah budaya bicara, atau budaya cangkem. Sedangkan di luar sudah budaya tulis. Jadi akan naif kalo kita menyamakan semua dan menganggap luar negeri selalu lebih bagus.
  • Remy Sylado pernah membuat kamus bahasa Minahasa-Indonesia dengan nama asli, yaitu Yapi Tambayong. Begitu juga ketika dia buat ensiklopedia musik yg meraih penghargaan “One Man Achievement” dari Amerika. Iya, karena dia bikin ensiklopedia SEORANG DIRI.
  • Ketika ditanya, hal apa yang belum tercapai dalam hidup seorang Remy Sylado? Remy dengan senyum simpul menjawab asal: “MASUK SURGA”
  • Orang nyentrik yang selalu berpakaian serba putih ini selalu make arloji 2 buah. 1 di kiri kurang 2 menit. 1 di kanan lebih 3 menit, sebagai simbol bahwa mesin aja bisa beda, apalagi pemikiran. Jamnya terlihat seperti mahal, tapi dia bilang “Ini jam 50.000 aja beli di Senen!”
  • Remy dengan kapasitasnya sebagai Munsyi (ahli bahasa) berkata: “Selain welcome, apalah itu yang bahasa inggris, fuck you, dan lain-lain, kadang orang kita keder pake bahasa. Mau masuk & keluar gedung kok tulisannya in & out. Emang kita shuttle cock? Entrance & exit kali!” –> Di sini saya ngakak gilaa!
  • Dan yang paling menggegerkan adalah: Beliau bukanlah seorang muslim, namun sudah khatam Quran di usia 14 th, dan bisa menulis huruf arab gundul!!

Hwaaah! Maaf nih saya berapi-api banget nulisnya.. Secara ngefens banget sama beliau! Di akhir acara, saya minta tanda tangannyalah di buku Jalan Tamblong (buku naskah ples CD musik) yang baru dibeli, beserta 3 buku Remy lain yang saya bawa dari rumah. Gak lupa tentunya foto bersamaaa! *pingsan*

“Itulah Remy Sylado, semua dikerjakannya dan hasilnya selalu bagus.” (Martin Aleida)

31 thoughts on “Trivia Remy Sylado”

  1. sebenernya aku nggak gitu kenal sama sosok om Remy Silado. tapi baca ini… wow… keren banget dia!

    Flo
    nengflora.blogspot.com

    1. Coba deh baca2 beberapa buku atau artikelnya dia neng flo.. Pasti ngerasa kalo Remy itu lebih keren lagi! ;)

  2. Saya pernah ketemu ama beliau waktu ada acara kampus di Bandung, sekitar akhir tahun 90an.

    Beliau pake setelan jas warna putih, kemeja putih, sampai sepatu putih. Keren banget deh tampilannya.

    Dan begonya saya ga foto bareng..

    Huaaaaaaa

    1. Yah eneng pitt… Sayang amatan kagak moto bareng!! Saya 2 kali ketemu dua2nya poto bareng dan dapet tanda tangan teruss!! :D

  3. i love his writings. in fact his books are always my favorite :)
    thanks for the trivia. i didn’t know lots of things about him.

  4. oooo…. Remy Sylado tuh bukan nama aslinya yah? *polos*

    eh eh…trivia no 4 ada yg menyebut dirinya sebagai “mbak diah” jd inget blog “who do think he are”, tau gak? hehehehehehe…..

    1. Bukan nama asli cin.. haha.. akupun pertama denger orang itu nyebut namanya mbak diah, jadi inget who dou you think he are. hahaha..

  5. aldriana amir

    titiw, aku baru sekali baca bukunya, boulevard de clichy. beli seharga 15ribu di obralan buku ultah gpu kemarin… :) baru baca bab pertama aja udah jatuh hati sama anugerahati alias nunuk, budiman dan tentu saja sama, om remy sylado. :D
    sepertinya bakalan nagih baca bukunya lagi nihh… sekarang lagi ngikutin “mata hari” :D

    1. HAH?! Boulevar cuman 15 ribu??!! Murah sangat!! Waktu itu aku dibeliin temenku, harganya 80 ribu. Ck ck ck.. iya, matahari okeeeh!! Tapi aku ada yg ketinggalan dan disearch lagi di kompas cetak kok rada susye ya.. ? :(

  6. deuuh tau deh yang pens beratnya…
    darling.. aku jadi makin penasaran sama buku2nya doi, mbok sini aku dipinjemin satu bukunya, hihihi ;)

  7. nice info… ^^
    tapi ada yg bingung neh ama poin ke 4..ato sy yg bolot yah..hehehe..
    re = 2
    mi = 3
    si = 7
    la = 6
    do = 1
    kalo dijumlah = 19

    nah…bingung bingung ..

    1. Iya juga ya.. harusnya sih angka terkahir itu gak bisa 2 angka, melainkan 1. Nah 1 ditambah 9 = 0. Ih iya juga ya.. si mbak2 itu agak sotoy yah.. Hehehe.. makasih atas pencerahannya.. :D

  8. bener dong tiw…19 kan jadinya 1 + 9 = 10 lah 1 + 0 = 1 toh??hihiihi

    *silent reader yg akhirnya gatel jg komen*

    1. @deshi: Mwahaha.. aku begok banget 1+9 = 0. Nyahaha.. 10 ya padahal.. duh.. deshi kamu gak pernah nongol, nongolnya kalo ada kebodohan akut begini ya.. hihi.. :)

  9. Aku baca cerita bersambung di Kompas: “Aku Mata Hari” Pertama kali baca cerbung sampai tamat. Pertama kali kenal dengan karya Remy Sylado. Langsung jatuh hati + kagum pada sosok Remy Sylado. Kalau bisa ketemu, waduh senang sekali ya. Mau deh baca karya Remy Sylado yang lainnya juga.

  10. Haryadi Yansyah

    Wow wow woooow, beberapa fakta tentang beliau baru aku ketahui ketika baca tulisan ini. Makin ngefans sama om Remy. Om oooomm, mau ketemuu ooom, minta tanda tangan di jidat boleh? :D

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top