Traveling

Menyusuri Sungai Bawah Tanah Kalisuci

Monday, 27 February 2012

Di hari Sabtu yang setengah terik setengah mendung, tanggal 19 Februari 2012 kemarin akhirnya saya dan geng ACI 2011 yang hoya-hoya itu sampai juga di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Schedule utama: Tubing di Kalisuci dan Caving di Gua Jomblang. Tubing? Caving? Ih, kakak Titiw kok hidupnya berwarna sekali ya? Iya dong, soalnya kakak pake Luna Aquarel. Wow.. Magic.. *krik.. krik..*

Intinya, hari ini kita akan menunaikan tugas untuk tubing di Kalisuci. Kalisuci berada di Dusun Jetis, Desa Pasarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lalu apa itu tubing? Bisa dilihat penjelasannya di SINI, karena beberapa bulan lalu saya juga sempat tubing di Situ Gunung, Sukabumi. Persiapan sebelum Tubing pastinya berdoa, memakai alat-alat standar keamanan seperti helm, pelampung, dan pelindung kaki, serta berfoto bersama. Bedanya tubing di Sukabumi dan di Kalisuci? Kalo yang di Sukabumi bener-bener rock n roll dan gak ada waktu santai, kalo di Kalisuci ada waktu-waktu santai karena airnya tidak terlalu deras.

Persiapan Tubing

Meskipun airnya tidak jernih seperti di Sukabumi, dari segi pemandangan tubing di Kalisuci ini juara banget! Gemana nggak, kita melewati sungai yang berada di bawah tanah dan nyusurin gua, alias perut bumi! How cool was that, people?! Cuma sayangnya, ban yang dipakai di Kalisuci tidak dilengkapi ban kecil yang melindungi pantat kita-kita yang oye, sehingga ada beberapa adegan dimana banyak yang tereak kesakitan karena pantatnya kejedug batu di tempat yang cetek. Jarak dari start sampe finish kurang lebih300 m saja, yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Tubing Kalisuci

Tubingnya sendiri terlihat gancil. Tapi untuk naik lereng selesai tubing.. Susahnya.. Metal bet metal! Jarak yang kita lalui 70 m, langkahnya harus gede, tanahnya licin, dan bikin napas kamu yang Senin Kamis jadi Senin Minggu! Saking licinnya, kita sampe harus pegangan tali supaya gak tergelincir. Tapi yaa.. Shit happens kawan.. Terkadang emang harus ada yang tergelincir dalam hidup. Seperti layaknya Farchan teman kita yang terjatuh di track menanjak ini. Gak di Sukabumi, gak di Kalisuci, jatoh adalah kata yang sangat dekat dengan bocah yang pentilnya sangat hits dan jadi bahan omongan itu.

The view is oh so grande!

Tubing diakhiri dengan minum teh hangat mesen Indomie rebus anget-anget ditabur cabe rawit. Ah.. Sepertinya emang kurang afdol kalo traveling tanpa Indomie. Puas ketawa-tawa sampe rahang pegel dan perut kenyang.. Kembalilah kita ke penginapan untuk mandi-mandi, makan malam, dan bobok. Gak pake main gitar, bikin api unggun sambil makan Silver Queen tiw? Secara susah tidur di kereta, dan besok pagi bakal caving di Gua Jomblang, gak ada waktu untuk bersosialisasi! Jadi.. Langsung simakĀ  cerita saya tentang Gua Jomblang, hanya di blog ini. Cuss!

Notes:
1. Sebagian foto adalah milik @giffa, video milik @bramadity
2. Jangan go-show, karena tempat ini akan ditutup jika curah hujan tinggi. Keterangan lebih lanjut ditilik dari Yogyes.com:

Tarif: Rp. 65.000 / orang (minimal 5 orang)
Jam buka: 09.00 – 16.00 WIB
Fasilitas: perlengkapan cave tubing, pemandu, makan 1 x sebelum/setelah pengarungan
Contact person:Winarto (0877 3879 4513), Kendro (0878 3974 0730), Yanto (081 7412 2826).

17 thoughts on “Menyusuri Sungai Bawah Tanah Kalisuci

  1. seno says:

    Cieee jalan2 terus nih… :D kalo ga salah di sini ini masuknya ecotravel kayak yang di majalah waktu itu. Asik ya tempatnya..

    1. titiw says:

      Iyes.. ecotravel. Udah pinter nih anak mamah.. *puk2* Yoi tempatnya asik, meski gak se rock n roll di sukabumi.. :D

  2. gerandis says:

    jadi yg beginian ini yg kamu tawarin ke akuh! hah, gak level! tar pantat akuh yg tepos makin ilang kegerus batu! *padahal pengeeeeeeeeeeeeeen banget, tp gada temennya :”(*

    1. titiw says:

      Hahahaha.. Gak terlalu mahal lho padahal.. di bawah 100.000, tapi pengalamannya asooy.. Cuman aja emang 2 jam perjalanan dari Yogya.. :D

  3. Farchan says:

    hahaha..
    baru sadar ada namaku dan pentil fenomenalku.. :)

    1. titiw says:

      Huahaha.. gak lupa dilink ke blogmu lho.. Mantap toch..? ;)

  4. Bieb says:

    kaya’ sinetron nih bersambung terus >.<

    Ditunggu kelengkapan ceritanya!! :P

    *btw, klo acara jalan2 sm temen2 ACI hrs semuanya anggota ACI ya?? :(

    1. titiw says:

      Hihi.. Nantikan cerita selanjutnya. gak harus anak ACI sih, cuma yang kali ini kita dapet jatah gratisan nginep gitu khusus anak2 ACi, kan gak enak kalo ajak orang luar jadinya.. :)

  5. emfajar says:

    lama juga ya tubingnya untuk jarak 300m 2 jam, apa kebanyakan berhentinya ya.. hehe

    1. titiw says:

      Kebanyakan foto-foto sih di tengah2.. x))

  6. Elzam says:

    Wew… pas kita ke sana airnya jernih lho Tiw… mungkin coz kemarau ya…
    Nemu blog ini pas googling meja kantor bekas, xixixi…
    Gue anak ACI juga dong ah…

    1. titiw says:

      Iyaah.. tau ini anak ACI juga.. hehehe.. Iya, mungkin karena lagi ujan yes.. :D

  7. tya says:

    ihh diriku mw begini2an gak kesampean muluk pdhl pasti seru bgt yaaa tapi poto apaan tuh yang terakhir, penasaraaaann hahahah

    1. titiw says:

      Haha.. kamu pasti bukanya dari HP ya..? Yang terakhir itu video.. Wajib tonton! ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Latest

About Titiw

Female, double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau liat nomor angkutan umum doang.

Pic of Life

Subscribe Now