Travel Blog Review: Fahmi Anhar Sang Pencinta Hiu

Fahmi Anhar

Dibandingkan blog kuning abal-abal ini yang sudah berdiri sejak tahun 2007, blog Fahmi Anhar memang tergolong baru. Baru pada tahun 2012 muncul ke permukaan lautan blog yang sudah jutaan jumlahnya. Tapi jangan pandang sebelah mata ataupun menutup kedua mata pada blog ini, karena di awal tahun 2014, blognya www.fahmianhar.com menuai prestasi sebagai juara 3 (disebutnya sih juara harapan 2) sebagai blog travel terbaik dalam Bloscars Travel Award 2014! 

Lahir dan besar di Magelang hingga sekarang bekerja di Semarang, membuat pria Aries yang dikenal dengan Fahmi Hiu ini menggalakkan visit Jawa Tengah. Terbukti dari adanya banner di blognya, dan beberapa perjalanannya yang banyak di Jawa Tengah dan sekitarnya. Tengok saja halaman Ebook di blognya yang diisi artikel-artikel berbentuk soft copy yang dihasilkan dari perjalanannya ke Lasem, Magelang, maupun Karimun Jawa. Ia sendiri menggadang-gadang bahwa blognya ini sekadar wadah ekspresi, kreasi dan berbagi, yang mana itu semua sejalan dengan hobinya di dunia traveling, menulis dan fotografi. Dan passionnya itu sudah beberapa kali pula terdokumentasi di media massa yang cukup terkenal, antara lain Jakarta Post dan Divemag.

Tunggu-tunggu, kenapa dipanggil Fahmi Hiu? Karena kak Fahmi ini memang aktif dalam campaign Save Sharks, gerakan dimana kita memberi knowledge pada masyarakat umum dan khususnya kepada nelayan, bahwa hiu itu tidak layak diperjual belikan. Selain merusak ekosistem laut, nilai ekonomis hiu juga akan lebih tinggi jika tidak dibunuh dan jadi bagian dari sop ikan yang akan kamu santap di meja makan. Tulisan-tulisannya sehubungan dengan Save Sharks dapat ditilik di SINI dan SINI.

Sesudah membahas siapa itu Fahmi, bagaimana dengan konten blognya? Untuk pemilik tour and travel, restoran, dan hotel, gak nyesel deh kalo memasukkan nama Fahmi Anhar di list “Bloggers To Be Invited”, karena isi blognya memang gak jauh-jauh dari review makanan khas daerah, review hotel, hostel, maupun tempat yang ia tinggali selama plesiran. Sedangkan buat pembacanya, gak rugi noh subscribe dan bookmark blog yang tampilannya bersih ini. Apa pasal? Kak Fahmi sering bagi-bagi Giveaway bo! Kalo titiw.com cuma bagi-bagi hadiah pas ultah dan ultah blog, kak Fahmi ini bisa bagi-bagi hadiah berkali-kali dalam setaon. Coba deeh intip di SINI.

Kategori di blognya ada beragam, yang mana semuanya tetap bermuara menuju kata TRAVELING. Ada yang membahas tentang kuliner, hotel, festival, museum, tempat-tempat bersejarah, hingga tips. Nah kategori tips ini nih yang paling saya sukai. Misalnya saja pembaca bisa tahu seperti apa sih itinerary yang asoy kalo mengunjungi Siam Reap, atau bagaimana cara membuat paspor.

Kedengarannya remeh, namun yang remeh itu pasti yang paling banyak dicari orang. Ya toch? Oh ya, untuk post yang cukup membikin saya membaca dengan seksama ialah post “Free Things To Do In Changi Airport“. Kalo tipikal tulisan “10 things to do in singapore” kan udah jamak tuh kita temukan, tapi bagaimana Fahmi mengulas sesuatu yang kesannya nggak penting jadi sesuatu yang bikin produktif di sebuah bandara, patut diacungkan jempol.

Selain itu, saya ada sedikit masukan untuk blog Fahmi:

  • Semoga homepagenya lebih ramah dengan pengguna netbook kecil sehingga saya tidak perlu zoom out blognya untuk melihat keseluruhan tampilan. :)
  • Pasang kolom SEARCH dong kak biar orang-orang kepo di luar sana bisa mengamalkan ajaran perkepoannya
  • Banyakin konten di kategori Tips

Semoga masukan ini dipertimbangkan yaa. Sekian ulasan blog Fahmi dari saya, kalo masih kurang, bisa colek-colek beliau di twitter: @fahmianhar dan instagram : fahmianhar. Terakhir, semoga mimpi besarnya untuk bisa bertamu ke Tanah Suci melalui jalur darat menyusuri setiap batas negeri, dapat terkabul. Aamiin. Keep writing, kak Fahmi!

PS: Tulisan ini dibuat secara berjamaah dengan geng Travel Bloggers Indonesia dalam rangka Hari Blogger Nasional. Selamat!

Posting bareng yang lain bisa dilihat di:

  1. Blog Titiw oleh Feli: Review Sekilas titiw.com dan Titi Akmar
  2. Blog Bulan oleh Firsta : Blog Review for Hari Blogger Nasional: The Uber Journey
  3. Blog Olive oleh Andre Handoyo : BLOG REVIEW : http://OBENDON.COM
  4. Blog Wira oleh Fahmi Kucing : Wiranurmansyah Si Travel Photo Blogger
  5. Blog Firsta oleh Adlienz : Mengenal Indonesia Lewat Jejak Firsta
  6. Blog Fahmi Hiu oleh Titiw : Travel Blog Review: Fahmi Anhar Sang Pencinta Hiu
  7. Blog Indra oleh Wira : Berkenalan dengan Backpacker Borneo
  8. Blog Adlienz oleh Indri: Mengulik Adlienz: Si Gadis Pelarian Laut
  9. Blog Andre oleh Indra : Review Blog: Jalan-jalan Bersama http://Andrehandoyo.com
  10. Blog Fahmi Kucing oleh Olive : [Review Blog] Catperku, Jejak dalam Untaian Kata
  11. Blog Yofangga oleh Nugie : [Review Blog] The Lostraveler: Warmer, Softer, Deeper
  12. Blog Bolang oleh Bulan : [Review Blog]: Tentang Kak Kembara..
  13. Blog Nugie oleh Bolang : Learning by Traveling [Review Blog]
  14. Blog Titi oleh Yofangga: Langkah Kaki Titi
  15. Blog Indri oleh Danan: Sepak Terjang Arsitek
  16. Blog Feli oleh Titi: The Batgirl Felicia Lesmana
  17. Blog Danan oleh Fahmi Hiu: Jalan2 Cuap2 Bersama Danan Wahyu Sumirat

51 thoughts on “Travel Blog Review: Fahmi Anhar Sang Pencinta Hiu

  1. Fahmi Anhar says:

    terima kasih kak titiw atas reviewnya, SENANG! hehehe. akan jadi masukan buatku biar tetap semangat berkarya.

    seiring berjalannya waktu, ternyata ada 2 image yang muncul dari fahmianhar di dunia maya. yaitu fahmi hiu anak #savesharks dan fahmi giveaway voucher hotel. hahaha #okesip

    terima kasih juga masukannya. kolom search udin ada di sidebar kanan, di bawah wego, cuma jadi kurang kelihatan mungkin ya

    insyaallah rencana 2015 mau ganti theme dll agar lebih ramah mobile versionnya.

    dibanyakin postingan tips-nya? SIAP NDAN! LAKSANAKEN! :)

  2. Semangat7x says:

    Hore….. punya rujukan Blog baru pecinta Hiu. Ulasan yang sangat mendalam, saya bisa sedikit mengenal sosok Kak Fahmi. Saalam Kenal ya

  3. Fahmi Anhar says:

    baca comment dari teman2 bikin salah tingkah! lha foto andalanku cuma itu kak & pose andalanku pun tampak samping hahahaha.

    postbar kali ini seru juga ternyata :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *