Wish List & Ide Kado Lahiran Untuk Bayi (Dan Ibunya)

Kado Lahiran (1)

Tahun 1996. Itu tahun terakhir dimana saya mendapatkan kado banyak dalam rangka ulang tahun yang dirayakan. Semenjak itu, sepertinya saya tidak pernah lagi merayakan ulang tahun. Kalaupun pernah, hadiah yang saya dapatkan tidaklah sebanyak atau semeriah tahun 1996 itu. Dan 20 tahun kemudian, kado-kado bertebaran di hadapan saya. Kami menerima banyak lagi kado dan hadiah rupa-rupa dari teman dan keluarga, sebagai ucapan selamat atas lahirnya Sherpa.

Kalo kata Nabi, kado itu adalah simbol persahabatan, persaudaraan. Yang mana jika kita lakukan (memberi kado) dapat menimbulkan kebahagiaan untuk orang yang kita beri, dan juga untuk kita sendiri. Alhamdulillah kelahiran Rayn disambut banyak sekali kado-kado dari para karib. Apalagi ketika acara Aqiqah berlangsung, tangan saya sampe cape bukain kado satu-satu. Rasanya bahagiaaa bener dapet banyak kado. Nyehehehe.

Tapi ternyata, dari sekian banyak kado itu ada aja yang dobel-dobel atau sama. Maklum, orang kita belum terbiasa membuat Baby Registry Checklist atau istilahnya kado apa yang kita mau untuk lahiran si buah hati. Sedangkan di sini jarang nanya, dan kalopun nanya “Bok, mau dikadoin apa deh?” Seringnya dijawab “Apa aja deh“. Maklum, kadang bener-bener blank kita mau apa, sering ndak enak hati ngomong sesuatu yang kita butuhkan jika nanti barang yang kita mau kemahalan, atau takut orang yang nanya jadi repot dan susah untuk mencari hal yang kita inginkan.

Maka untuk memudahkan kamu-kamu yang mau ngasih kado, nih saya permudah dengan list ini. Mungkin telat sih baru menulis wish list hadiah lahiran. Namun tidak ada kata expired untuk kado, anak muda! Dan berikut wish list saya untuk kado lahiran Rayn. (Yang ada tulisan Checked berarti udah dikasih yaa)

Ide Kado Lahiran

  • StrollerChecked. Dikasih sama Iwan-Sarah, pasangan depan rumah sejak eike masih hamil 4 bulan
  • Voucher Mother CareChecked. Dikasih sama geng SMAnya Mahe
  • BouncerChecked. Dipinjemin sama Azky, tetangga komplek. Tapi boleh juga kalo ada yang mau ngadoin bouncer yang Swing. Apa itu namanya Baby Swing ya? Huihihi.
  • Freezer tempat ASIPChecked. Beli second dari amplop duit yang dikasih temen-temen kuliahnya Mahe
  • Kelambu yang kayak tudung saji – Checked. Dikasih Nita sang sepupu
  • SterilizerChecked. Dikasih Ayuning
  • 1 Set Kasur Bayi & BantalChecked. Dikasih Andra & Cimoy
  • Breast pump merk Spectra 9+Checked. Dibeli dari uang amplop saweran Ibu-ibu komplek temen Nyokap. Ini berguna abis buat ibu-ibu yang akan back to work, hemat waktu dan hasil ASIP lebih banyak! Plus harganya pun bersahabat dibanding pompa lain yang double pump
  • Tas Gabag buat naro ASIChecked. Dikasih Juju & Mas Rey
  • Set perlengkapan mandi bayiChecked. Shampo, sabun, baby oil, dll. Banyak dikasih orang dan pasti kepake, ini berguna banget.
  • Set GroomingChecked. Yang isinya sisir, gunting kuku, sikat, dll itu loh. Udah dikasih sama Desti merk Mother Care. Tempatnya kece bisa dibawa traveling!
  • Car Seat – Udah dipinjemin temen, tapi nggak apa-apa banget kalo ada yang mau ngasih. :)
  • Voucher foto studio bayi – Penting gak penting, tapi mau aja buat dokumentasi pribadi.
  • Gendongan bayi Baby K’Tan – Pengen nyoba gendongan wrap tapi yang gak makan waktu libet-libet. Ukuran XS dan maunya warna item. Bisa dibeli di olshop INI
    Ide Kado Lahiran Baby Ktan
  • High Chair – Buat nanti sih kalo dia udah mulai makan, which is 5 bulan lagi
  • Baby Food Maker – Sumpah ini berguna! Yang udah pasti bagus yang merk Pigeon.
  • Tortle Hat – Topi yang bisa bikin kepala bayi bulet. Maklum kepala Rayn rada peyang gara-gara emaknya gak kuat ngeden pas lahiran.
  • Baju – Beberapa udah dapet dari orang-orang, tapi kebanyakan yang ukuran kecil new born. Baju akan selalu kepake, tapi kalo boleh request sih yang jumper pendek atau yang buat umur 9 bulan ke atas, bun!
  • Mainan – Satu-satunya perlengkapan bayi yang saya gak kepikiran untuk beli. Udah dapet dari beberapa kado sih kayak kerincingan, gigit-gigitan, karpet playgro, dan mainan yang kalo ditendang bunyi. Tapi gak nolak kalo dapet mainan lain lagi seperti buku yang bisa digigit itu loh. :D

Selain dari keperluan bayi, kita harus memperhatikan juga kebutuhan dari si Ibu bayi. Karena biar bagaimanapun dia adalah main support dari si bayi. Kalo ibunya nggak bahagia, kena baby blues, ASI seret, jatohnya nanti babynya juga kesian. Maka daripada itu, ada juga nih wish list keperluan si Ibu. Kalo buat saya sih barang-barang di bawah ini ya:

  • Tas JansportChecked. Dikasih temen-temen kantornya Mahe. Buat bawa-bawa barang keperluan bayi macem popok baju dll. Soalnya kalo bawa tas popok terlalu cantik buat bapake.
  • Voucher BelanjaChecked. Dapet voucher MAP dari mantan klien. Mayan mamoy bisa belanja asoy di mol
  • Baju menyusui – Udah dikasih beberapa sama adek ipar dan temen, tapi masih kuraaang. Secara saya gak bisa nyusuin pake kaos doang yang dibuka ngablak gitu. Masyuk engine bow.
  • BH menyusui – Udah beli beberapa tapi ukuran saya berubah. Jadi gak kepake. Huks. Standar 32, pas hamil 36, pas nyusuin pertama 38, eh sekarang si 38 longgar semua. Jadi butuh yang 34 cup B ya. BH yang enak tuh yang gak keras, yang gak pake kawat, yang lembek ala BH nenek-nenek. *terlalu dijelaskan*
  • Set Body Care – Udah dikasih sepaket Body Shop Shea Butter sama geng Inmark. Tapi kalo dikasih lagi masih mauuk! :D
  • Set Makeup – Sebagai buibu baru yang jarang keluar rumah sehingga gak pernah dandan, akuh tidak menolak diberi bedak dan lipenstip baru lho. Siapa tau jadi semangat dendong. :’)
  • Voucher spa – Need. Pijet. Lulur. ASAP.
  • Voucher salon – Need. Creambath. Rapiin rambut. Meni Pedi. ASAP.
  • Voucher sushi – Need. Sashimi. ASAP
  • Botol kaca ASI (yang buanyak) – Udah ada beberapa dikasih temen tapi masih kuraang banyak buat ASIP.
  • Buku – Kalo Rayn tidur dan saya gak bisa tidur, suka mati gaya. Pengen baca-baca. Boleh lho ngasih saya bukunya Dee Lestari yang terbaru berjudul “Intelegensi Embun Pagi”. Atauuu buku-buku Parenting biar kami lebih siap menjadi ortu yang keren.
  • Seprei polos – Anak bayi kan buang airnya nggak pake ijin tuh yeee. Udah dialesin tetep aja bubar jalan rembes ampe kasur. A nice and clean sheet will be very helpful these cloudy days.
  • Essential Oil – Saya orangnya males banget minum obat. Nah beberapa kali pake essential oil (Young Living) enak dan cucok. Katanya juga cocok buat calming dan bikin nyaman bayi. Apa? Mau ngasih sepaket sekaligus sama diffusernya? Aku iklas, Valeria!
  • Hardisk isi film – Soooo.. Busui ini suka ngelamun gak jelas kalo lagi netekin. Daripada ngelamun tanpa ada visi misi mendingan nonton pelem. Tapi gak punya setok felem-felem. Sehingga kalo dikasih (dipinjemin juga gak apa-apa) sebuah harddisk berisi banyak film-film drama, komedi romantis, serial kocak, dsb, maka saya akan hepi lahir batin.
  • Bio Oil – Stretchmark masih bercokol maaak! Kalo dikasih vocer laser ngilangin stretchmark lebih bahagia lagi!
  • Buah – Eh beneran loh. Tiap ada yang nengok Sherpa dan bawa buah, saya bawaannya seneng-seneng aja karena busui kudu makan-makanan bernutrisi, bukan?
  • Makanan enak – Ini dia si jali-jali. Kemarenan temen yang ngasih brownies, ada yang kirimin roti dan milkshake, aaaah enak sekaliii. Jadi jangan ragu ngadoin saya makanan enak. Digojekin juga gak masyalah, kakaak!

Ide Kado Lahiran 2

Ada wish list, ada tips juga nih buat kamu yang mau ngasih kado lahiran secara umum (bukan buat saya). Jangan terpaku kado untuk bayi baru. Bisa juga kepikiran untuk hadiahin alat makan atau slow cooker atau blender dll yang guna nanti pas si anak udah 6 bulan. Lalu hindari kado yang terlalu mainstream sehingga orang yang mau kamu kasih gak dobel-dobel dapetnya. Seperti:

  • Baby Bather. Rayn udah dapet 3 biji nih beda-beda gambar dan warna
  • Diaper bag. Kalo yang ransel macem Jansport atau Eastpack sih keren bisa multifungsi. Tapi kalo diaper bag yang general gak rekomen deh.
  • Baju Newborn. Bayi baru lahir itu cepet banget tumbuhnya sehingga baju-baju newborn cuma kepake sebulanan. Jadi mendingan kalo mau kasih baju yang 9 bulan ke atas.
  • Baby Carrier. Gendongan bayi ini cocok-cocokan. Dan kalo mau yg oke mahal banget. Jadi kalo sekiranya gak pede, mending tanya dulu ke orangnya atau pilih kado yang lain.

Silakan buat yang mau ngasih kado lahiran, dipilih dari barang-barang di atas ini. Boleh japri kalo masih kurang pede. Ehe ehe ehe. Masih ragu juga? Mentahnya aja deh. Kalo masih sungkan juga? Kasih doa ya. We need that a lot as a new parent. Nanti list ini akan saya update secara berkala biar lebih sahih. Dan untuk om dan tante yang udah ngasih kado dan doa-doa baik, thank youuuu so much! Really appreciate it. Have a great day and happy hunting! :)

12 thoughts on “Wish List & Ide Kado Lahiran Untuk Bayi (Dan Ibunya)”

  1. Merzyta Septiyani

    Girang deh baca postingan ini! Hihihi bisa buat #kode (atau blak-blak-an aja ya?) ketemen yang mau ngado…

    Aku skr masuk weeks ke 35, dan belanja keperluan bayik baru yang essential doang. Kebanyakan dari yang kak titi list di atas juga belum beli, masih ngarep dikadoin! hahaha. izin shared linknya boleh yaa kak…? :D

  2. Girang deh baca postingan ini! Hihihi bisa buat #kode (atau blak-blak-an aja ya?) ketemen yang mau ngado…

    Aku skr masuk weeks ke 35, dan belanja keperluan bayik baru yang essential doang. Kebanyakan dari yang kak titi list di atas juga belum beli, masih ngarep dikadoin! hahaha. izin shared linknya boleh yaa kak…? :D

  3. Besok pas bgt mau ada undangan aqiqahan anak nya temen lagi bingung cari kado nya, buka2 mbah google nemu dech artikel ini. thanks, sangat membantu saya yg lagi bingun cari koda nya..

  4. Aku newbie mommy banget baru masuk 28weeks udah kebingungan perintilan buat si baby apa aja (lebay ga sih udah bingung gini hari) dan must have item yg harus dibeli, baca 2 artikel mba titiw alhamdulillah amat sangat membantu mengurangi kebingungan calon mamak2 ini..makasih yaa mba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pulau Padar Titiw

Titiw

Ngeblog sejak 2005

Female, Double (hamdallah sudah laku), berkacamata minus satu setengah yang dipake kalo mau lihat nomor angkutan umum doang. Virgo abal-abal yang sudah menjadi blogger sejak tahun 2005 yang pengalaman menulisnya diasah lewat situs pertemanan friendster.

Scroll to Top