Perjuangan, Drama, dan Air Mata untuk Menaikkan Berat Badan Anak (Part 2)

Jumpa lagi dalam postingan yang menguras emosi, jiwa dan raga. Sudah baca postingan sebelumnya dimana Kala divonis Gagal Tumbuh? Yang mana penyebab dia naik BB ditemukan? Kalau belum, main-main dulu ke postingan “Perjuangan, Drama, dan Air Mata untuk Menaikkan Berat Badan Anak (Part 1)” yaa.


Semesta *jiyeee udah kek anak indie gaak?* seakan-akan gak mau akur dengan berat badan Kala, Kala tiba-tiba sakit beberapa minggu setelah minum antibiotik pasca ketauan ISK. Karena dokter Herbowo (yang nemuin kalo Kala kena ISK) jadwalnya lagi gak ada dan demam Kala udah menyentuh 40 derajat, maka saya datang ke salah satu dokter anak yang cukup senior juga di RS Hermina Jatinegara, yaitu dokter I. Dari situ, disinyalir badannya Kala ada bakteri.

Hasil tes mengatakan betul ada bakteri. Tapi salahnya saya nggak bilang ke dokter kalau Kala sempat dinyatakan kena ISK. Setelah minum antibiotik lagi dia sembuh. Saya balik ke dokter Herbowo di RS Bunda sekitar 3 minggu setelahnya karena mau vaksin. Beliau bilang, bisa jadi demam yang terjadi 3 minggu lalu adalah ISK yang berulang. Namun kali ini ISKnya menyebabkan panas.

Dari 8,1 kg, berat Kalandra turun jadi 7,9 kg. Sediiiiih akutu kalo gini caranya. Di saat emaknya hirup asep sate aja udah naik 2 kg, anaknya kok gampang banget drop BBnya. Menurut dokter, Kala harus tes kultur urin lagi untuk cek apakah masih ada sisa-sisa bakteri. Hasil lab keluar dan hamdalah tidak ada bakteri lagi.

Lalu, bagaimana cara menaikkan BB anak? Berarti PR saya sekarang adalah masalah gizi. Entah kenapa karena saya pikir Kala sudah “sembuh”, maka saya santai-santai saja dan gak ke dokter gizi hingga 4 bulan kemudian. Ini juga karena saya barengin sama jadwal vaksin MMR Kala.

Dokter Gizi yang saya mau sebetulnya adalah dokter Cut Nurul di Sam Marie, tapi sayangnya dia sekarang sudah tidak praktek di Sam Marie dekat rumah dan hanya praktek di Sam Marie Wijaya. Akhirnya saya capcipcup untuk pilih dokter anak yang ahli gizi juga di RS Bunda dan RSCM, yaitu dokter Klara Yuliarti. Kebetulan RS Bunda gak gitu jauh dari kantor, jadi bisa ijin sore-sore.

First impression dengan dokter ini.. Dokternya sudah lelah kayaknya setelah puluhan pasien sebelum Kala. Jadi ya seadanya aja nanyanya. Saya yang ngebacot kalo Kala udah pernah sunat, pernah kena ISK, dan sekarang sedang minum susu kalori tinggi. Dari cerita saya, dokternya bilang: “Ibu dari awal udah salah kasih makan anak. Kebanyakan sayur dan buah, proteinnya kurang.” JLEB

Ya iya sih, abisnya anak saya lebih suka sayur.. Saya mikir daripada gak mau makan samsek, mending dikasih apa yang dia mau. Trus saya cerita kalo pake susu kalori tinggi dengan takaran tertentu. Beliau bilang lagi, “Takarannya kok cuma segitu bu? Ya gimana anaknya mau gemuk? Yang bener itu 6 sendok dan air hingga hasil akhirnya 120 ml!“.

“Habisnya gemana dok, susu gituan kan mahal! saya pernah samain dengan takaran di kaleng, tapi anak jadi gak mau makan dok.” “Ya gak papa anak gak mau makan. Tujuan utama kita sekarang kan adalah menaikkan BB anak menjadi optimal. Kalau urusan makan, gak bisa belajar 1-2 tahun. Dan itu masih bisa nanti belajar makan, dibandingkan BB yang jauh di bawah rata-rata.”

FYI, BB Kala di usianya yang ke 16 bulan adalah 8,75 kg (tanpa baju dan diapers, tapi 9 kg kalau pake baju), dengan tinggi 76 cm. Menurut dokter Klara, pantesnya anak seumur itu BBnya adalah 10,4 kg dan TBnya adalah 80 cm. Jadi udahlah beratnya kurang, tingginya juga kurang. Dari situ, saya diresepin Zinc & Puyer Heptasan yang harus dihabiskan selama sebulan, dan dibuatin menu untuk Kala:

  • Jam 06.00: Susu kalori tinggi
  • Jam 08.00: Nasi goreng + telor
  • Jam 10.00: Susu kalori tinggi
  • Jam 12.00: Gulai otak/ikan + nasi
  • Jam 14.00: Susu kalori tinggi
  • Jam 16.00: Spagheti Carbonara
  • Jam 18.00: Susu kalori tinggi
  • Jam 20.00: Susu kalori tinggi

Ada 5x jadwal minum susu di situ, namun boleh sampai 6x juga karena Kala suka kebangun tengah malem, jadi saya kadang kasih di jam-jam 1 pagi. Menurut dokter Klara, itu contoh menu saja. Kalau anak kurang mau makannya, yaudah jangan dipaksain, yang penting susunya masuk.

Selepas dari dokter, saya dan ART di rumah lebih kreatif lagi bikin menu, dan lebih ngotot lagi kasih Kala susu kalori tinggi. Untungnya setelah saya menyapih di usia Kala 13 bulan, dia mau minum susu kalori tinggi, sehingga saya bisa bernapas lega.

Hasil dari dokter Klara bagaimana? Percaya nggak percaya, duh saya gak mau GR karena timbangan di rumah beda sama timbangan di RS… Tapi.. Tapi.. Hanya seminggu setelah dapet tips menaikkan BB anak dari dokter, Kala naik 500 gram! Dan 2 minggu setelah dari dokter, Kala naik 800 gram. SENENGNYAAAA HATI INIIIII BAPAK BAPAAAAK IBU IBUUUU SEMUA YANG ADA DI SINIIIIIII!

Tapi saya gak mau kepedean juga. Mau lihat hasilnya setelah sebulan, baru bisa lebih valid ya. Di minggu pertama saya ikutin menu dokter, Kala masih mau makan. Masuk di minggu ke-2, mulai ogah-ogahan. Bahkan kemarin sempat muntah. Tapi saya bilang sama ART di rumah untuk tidak memaksakan dia makan, takut trauma dan malah jadi gak enjoy. Jadi kalo dia cuma mau makan jagung keju, boleh. Cuma mau makan roti, cuss. Gak harus “makan utama”.

Di saat sudah sebulan pasca dari Dokter Klara, Hamdalaaah BB Kala naik 1 kg. THIS IS SUCH A BLESSING! Mau ke dokter untuk kontrol, tapi deg-degan. Mana Zinc & Heptasan yang bikin napsu makan dia itu juga abis. Akhirnya saya WA dokter Klara.

Menaikkan BB Anak

Senengnyaaa dibilang dokter kenaikannya sudah bagus banget. Cobak kalo kita yang naik, pasti misuh-misuh. Pas BB anak yang naik hati rasanyaaaa berbunga-bunga kayak pake Molto varian bunga dari Perancis! Ok, berarti sekarang ini saatnya stop Zinc & Heptasan, tapi lanjut susu kalori tinggi. FYI, jika tidak diresepkan zinc & heptasan oleh dokter, jangan coba-coba beli sendiri ya buibuk. HARUS RESEP DOKTER.

Seperti yang sudah diduga, Kala angot-angotan saat waktu makan tiba. Hap 5 suap lumayan, kalo sampe hap 10 suap, udah buagus banget. Makanya saya juga gak terlalu strict dia gak boleh makan apa. Bakwan rumahan saya kasih, sop kambing hajar, sampe kemarin saya bikin bola-bola kentang keju, dia lahap banget, pemirsaaa! Wajib coba menu anti gtm anak ini.

Hari ini, saya timbang Kala lagi tanpa memakai baju dan popok. Beratnya..

10,5 KG.

HAH YANG BENER? *timbang lagi*

10,5 KG.

AH YANG BONENG?

SEPULUH KOMA LIMA! *trus dijawab pake digampar sama timbangan puskesmas yang buat nimbang karung*

 

Empat puluh hari setelah pertama kali ke dokter Klara, akhirnya membuahkan hasil. Kalandra naik berat badannya sekitar 1,5 kg guyssss! Gak sia-sia beli susu-yang-sekalengnya-180rebu-yang-abis-cuma-dalam-sehari itu! :’) Ini grafik pertumbuhan BB Kala yang saya screenshot dari app Primaku:

Menaikkan BB Anak

Ya Allahurobbi, dia udah gak di bawah garis orens lagi, bahkan udah mendekati garis ijo. Padahal pas usia 1 th sempet di bawah garis merah. Masha Allah Tabarakallah! Dan karena wabah Corona, saya emang belum kontrol lagi ke dokter. Tapi insha Allah saya tetap pantau BB Kala dan perkembangannya. Semoga pertumbuhannya sesuai grafik, begitu juga dengan perkembangannya. Ada aminnyaaa buibuuuuk? Aamiin!

Ada beberapa pertanyaan yang dilayangkan untuk saya. Kenapa sih ngotot banget masalah BB anak? Ibunya kan juga aslinya kurus, selama anak sehat dan aktif kan gak masalah? Inget ya buibukkkk.. pemenuhan gizi di 1000 hari pertama kehidupan anak itu sangat penting dan tidak bisa diulang lagi. JANGAN DITAWAR-TAWAR! Bahkan kalaupun Kala kemarin itu terpaksa pakai sonde atau selang NGT, saya akan lakukan demi masa emas pertumbuhannya dia. MUMPUNG BELUM USIA 2 TAHUN.

Jadi nggak usah terlalu terpengaruh kata orang yang “Ngapain pindah-pindah dokter”, “Ngapain pake selang wong anaknya sehat”, “Ngapain maksain naikin BB padahal ortunya juga kurus”. INGET INGET: Pertumbuhan anak dalam 1000 Hari Pertama Kehidupannya, adalah masa paling penting dalam hidupnya sampek dia mati. Jadi jangan underestimate. BODO AMAT DIBILANG LEBAY. AHAHAHAHAH.

Sekian curhat part 2 saya tentang berat badan anak, kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalo ada cerita tambahan yang panjang, bakal saya ceritain lagi. Untuk ibu-ibu yang merasa senasib, mau share cara menaikkan BB anak, atau apapun, silakan drop comment di sini. Atau bisa DM saya di Instagram @travelmom.id, saya usahakan balas secepatnya. Wabillahi taufik wal hidayah. Assalamualaikum, warohmatullohi, wabarokaaatuhh!

Joged hepi!

100 thoughts on “Perjuangan, Drama, dan Air Mata untuk Menaikkan Berat Badan Anak (Part 2)

  1. izmatul says:

    Mom, mau tanya.. selama diet sayur dan buah itu apa kala pernah sembelit? Kalau sembelit bagaimana cara mengatasinya? Makasih banyak ya mom sebelumnya :)

  2. mona says:

    Halo mom, mau tanya kalau anaknya ga suka sama nutrinidrink gimana ya? HIKS bingung banget. Trs mom kmrn Kala minumnya pake sedotan atau dot? Atau dibuat dalam variasi pudding atau makanan lain ? Thanks before yaa

    • titiw says:

      Anakku juga gak secepet itu kok sukanya. aku pake sufor lain dulu, trus kasih nutrininya dikit2 gak sesuai porsi, lama2 mau. Minumnya pake dot, gak bikin di variasi makanan. Semoga anaknya sehat ya mbak Mona :)

  3. linda says:

    Halo mom, salam kenal. anak saya 18 bulan 21 hari juga BB nya kurang banget cuma 9 kg tanpa baju. makannya juga gampang2 susah (banyakan susahnya). nah yg mau saya tanyakan itu kalo mau dibelikan nutrinidrink apakah harus dari resep dokter atau bisa kita inisiatif beli sendiri ya mom? dah lama pengen beliin tp masih ragu2. makasih sebelumnya

    • titiw says:

      Kalo menurutku mendingan ke dokter dulu mbak. Karena nutrinidrink ini kan susu kalori tinggi, gak bisa kita taker2 sendiri. Takutnya malah kenapa2. Jadi cek dlu dokter, kalo dokter menyarankan, baru beli ya. Semoga BB anaknya melejiiid!

  4. Citra says:

    Lagi ngerasain galau berat krna BB, liat web ini jadi ademmmm pisan, sharing is caring

    umur 1-4 bulan ok bgt nakk 800-1kg sebulan

    dari 5-12 bulan, Astagfirullah,
    naiknya mulai merambat, tadinya sempet yaudahlah biarin aja krna kata orangtua ibu nya dlu pun begitu kecil dan susah naik

    gonta ganti dokter
    pernah juga kena isk pas umur 6bln
    masih aja bb seret

    campur asi dan sufor 10 bulan,
    umur 10 bulan tes urin lgi negatif isk

    akhirnya karena kasian liat badan dia kok gk kyk anak lain walaupun dia aktif bgt laki pula, mulai ganti dokter

    anaku 12 m BB nya 8,3 (pake baju) sengaja pindah ke dokter spesialis anak ada ujung (K) yg katanya ngerti ttg nutrisi gizi kurang dll

    dia blg jangan sampe kecolongan lagi 2 tahun kedepan masa pertumbuhan dia, mulai ketat awasin,

    aku merasa bersalah cm yamau diapain lgi setahun kmren sudah cukup berjuang dan skrg mulai ulang lgi

    direspin dsa nya

    sufor tinggi kalori tdk lebih dari 500ml sehari
    mkn tinggi protein
    zat besi
    apiyalis

    yuk jangan lengah…..
    semoga usaha kita untuk 1000 hari pertama anak kita bisa tercukupi dengan benar

    • titiw says:

      amin amin amin. Semoga postinganku membantu ya mbak. Seneng ada ibu yang berjuang sekuat tenaga demi anaknya. Semangaat!

    • titiw says:

      Mungkin ditotal-total bisa 1,5 juta ya kaaak. Tapi coba langsung tanya aja ke Bunda. Belum tentu juga anaknya harus cek urine atau darah. Beda anak beda kondisi.

      • Icha says:

        Mom, anakku juga seret BB nya, umur 8bulan masih 6,9 kg, mepet banget sama kurva cukup gizi. Sama dokternya disaranin tambah sufor sgm gain 74 tapi ga diresepin, dikasih resepnya suplemen aja. Itu kira² dibeliin sendiri aja sufornya atau nunggu instruksi dokternya setelah resep suplemennya habis ya mom?

        • titiw says:

          Loh ya kalo dokternya bilang kasih sufor itu aja, gpp beli tanpa diresepin. Suplemen sama susu bisa berbarengan kok.

    • Rahma Dewi F says:

      Halo mom, adem bgt sharingnya 🥺
      kebetulan anakku 10 bulan bb 7,8 sama DSA diresepin infatrini cuma sampe skrg blm ku tebus krn klaim nya gangguan pertumbuhan. sebenarnya apakah sufor itu memang bagus buat naikin bb?

      • titiw says:

        Halo kak, percaya aja sama dokternya ya. Mereka resepin gitu pasti hasil experience dan belajar bertahun-tahun. Aku usaha pake susu tinggi kalori hamdalah berhasil naikin BB anakku

  5. Adini says:

    Mom kocak bgt demen saya bacanya! Anak saya jg bulan kmrn ga naik, lagi coba dulu tambahin makannya mudah2an habis ini naik. Btw mom, makannya terapin feeding rules ga? Saya kok pesimis bgt ya sama feeding rules ini rasanya kayak mustahil hahaa. Thanks sharingnya yaa mom!

    • titiw says:

      Gak pakeee feeding2 rules. HAhahaha kalo dia udah malesss banget mangap dan baru 10 menit. aku berenti. Tapi kalo masih hayook hap hap udah 30 menit, aku lanjoottt hehehehe. Semoga melejid BB anaknya yaa :)

  6. Khuni kharomah says:

    Mau tanya mba titiw, anak ku sekarang usia udah 23 bulan dengan bb ga sampe 8kg dan saya baru ingin memberanikan diri untuk mulai mengejar ketertinggalan dia masalah bb dan kecerdasan motorik lainnya, setelah selama ini mengalah dengan kondisi yg penting sehat (mengingat susahnya perjuangan dia lahir dulu) seperti yang mba titiw bilang di atas dan blog sebelumnya, saya begitu tertampar karena kondisinya begitu sama dengan kasus anak saya yg hanya suka buah sayur (maniak). Menurut mba titiw, saya harus mulai pemeriksaan dr mana dulu?

    • titiw says:

      Halo kak, kalo menurut aku nih ya, pasti kan selama 23 bulan ini mbak sudah mengusahakan gizi yang baik. Dengan BB seperti itu, aku kok takutnya ada masalah kesehatan. Jadi coba cek2 kesehatannya dulu. Kalo emang semua bersih dll, bisa ke dokter anak subspesialis gizi. Good luck ya mbak!

  7. Tania says:

    Assalamualaikum
    Makasih sharingnya mbaak.. Aku juga lagi dalam proses naikin bb anakkuu, disuruh pake infatrini nih tapi susaah banget masuknya apalagi ngga mau pake dot…

    • titiw says:

      Iya emang susah kok. Aku juga proses panjang gak sebulan dua bulan. Lebih mudah kalo udah berenti asi siih

  8. uswa says:

    pas lagi galau2nya mikirin bb anak yang seret dan usianya mirip juga bb nya mirip banget sama anaku. Udah kepikiran sih kasih nutrinidrink, karena baca2 reviewnya emang boost, tapi itu penggunaanya sampai berapa lama, apa sampai bb normal aja atau berkelanjutan ya moms? Thanks for sharing nya

      • mala says:

        Halo mom, maaf kalau boleh tau untuk sekarang ini minum nutrinidrinknya berapa ml per hari ya? dan apakah dengan berkurangnya minum nutri, makannya menjadi lebih banyak? Terima kasih mom..

  9. Melinda says:

    Terima kasih untuk sharingnya mbak. Anakku memang punya masalah makan, hingga akhirnya saat ini usia 10 bulan BBnya hanya 7,6kg

    Menaikkannya seperti ujian masuk ke Harvard. Tiap dia tidur saya nangis
    Mama macam apa saya tidak bisa membesarkan anak dengan baik

    • titiw says:

      Jangan menyalahkan diri sendiri mbak. Gak ada ibu yang mau anaknya tidak sehat. Nah kadang makan bermasalah karena ada faktor2. Seperti pencernaan kurang baik, ISK, ada bakteri, dll. Jadi lebih baik konsul dokter ya mbak. Semangat trus! :D

  10. Yushy says:

    Terima kasih untuk sharingnya mbak. Membuka mata saya ttg bagaimana seorang ivu berjuang demi BB anak (cowok)
    Anakku juga lagi mengalama masalah BB.
    Saat ini hampir usianya 10 bulan BBnya hanya 7,2kg
    Padahal saat usianya 7 bulan BB udah 7,9kg
    BBnya turun terus sampai sekarang mbak
    Anakku mulai bulan juli akhir sd sekarang lagi GTM parah banget
    Gak mau makan
    dapet 2 suap kecil pun alhamdulillah
    udah diganti berbagai variasi bahkan tekstur makan juga gak ngaruh
    rasanya potek bener hati saya

  11. Wie says:

    Wah ikut senang kenaikan bb si dede bgus.. Sidede minum nutridrink sekali minum brp ml mom? Baby ku jg lg minum nutridrink tp hanya 1botol yg cair per hari takarannya sekitar 200ml
    Bagusan bubuk atau cair ya?

  12. Ellysabeth says:

    Hi mba, makasih sharingnya ya. Saya juga ada PR naikin BB anak, dalam seminggu harus naik 200-300 gr, padahal sebulan naik 200 gr udah bahagia banget hiks. Minum susu tinggi kalori mau sih, semoga PR nya bisa saya kerjakan dengan baik ya mba jadi pas ke dokter lagi ga kaya masuk ruang BK :)) Sekali lagi makasih mba, ini bikin saya semangat dan ga stres lagi :*

  13. Rusna Akmila says:

    Makasih mom sharing nya bnr2 bermanfaat, jadi akhirnya stlh masalah ISK nya sdh teratasi, susu tinggi kalori lah yg ngeboost BB nya, walaupun maemnya gk byk yg penting susunya hrs masuk sesuai anjuran..

  14. DEWI ANDRIYANI says:

    Baru nemu blog ini, sy skrg jg lagi berjuang buat naikin BB anak, BB anak sy 8,1 diusia 14 bulan, tinggi 73 .. dia sudah minum kalori tinggi juga, sudah konsul dsa dn shopping dsa juga sejak usia 5bln .. syedih mamak tu .. hiks ..

    Mau tanya, kalau kala itu d resepin 5x minum susu kalori tinggi dg merk nutrinidrink, takarannya apa tetap 6sendok sekali penyajian ?

    Anak sy susu kalori tingginya skrg pediasure soalnya ..

  15. Nurul says:

    Ya Allah mbaak..kisahnya sama persis anak saya…9 bulan 7,3 sama persis…tinggi juga. 9 bulan aktif banget..
    Demam juga.. sama persis…beruntungnya saya ketemu blog ini…makasih banyak mbak

  16. Tyarini says:

    MasyaaAllah seneng banget ketemu postingan kisah perjuangan ini mbak .. pas bangeeet. Aku lgi kebingungan dan berjuang juga sama BB adek. Udh 16 bulan tp BB nya baru 7,8 kg. 3 bulan ini stag.. Mbak, kira kira kalau aku ikutin pola makannya, trus lihat perkembangan secara 1 minggu, Bru konsul ke dokter gimana ? Atau lbh baik langsung konsul ke dokter aja ?

    Untuk susu tinggi kalori itu, bisa langsung aja, atau perlu advice dr dokter ya mbak ?

    • titiw says:

      Menurutku gak usah kelamaan nunggu. Bentar lagi usianya 2 th loh. Cek apakah dia ada infeksi dll. Karena percuma makan dibenerin kalo ternyata dia ada penyakit yang menggerus itu semua. Susu tinggi kalori sebisa mungkin diresepkan dokter. Semangaaat!

  17. Melati Ariena says:

    Wahhh bener banget ini. Nutrisi anak selama 1000 hari pertama gabole ditawar2 karena ini masa perkembangan otak. Miskonsepsi umum orang2 (termasuk saya sebelum diajarin) adalah MP asi tuh pisang dll padahal anak umur 1 tahun butuhnya protein dan lemak, bukan serat. Anak belum perlu buah sayur selain sebatas pengenalan biar kedepannya doyan. Malah disarankan makanan sehari2 (gulai kambing, soto betawi, dll dsb) yg teksturnya disesuaikan.

  18. Adziah says:

    Dear mba, aku barusan dr dr.klara disuruh stop asi, aku mewek keluar ruangan beliau, dulu si kk hamdalah bisa sampai 2th, ini si ade br jg 1th, kurleb anaku sama ky anakmu mb, gak mw makan, cek isk, adb jg, hamdalah aman. Saat ini, sy bimbang mw nyapih/gak, mana dia jg ga mw minum nutrinidrink, thank for shsring

    • titiw says:

      halo mbak, salam kenal. Menurutku STOP aja asinya. kan fase eksklusif juga udah lulus. Kadang2 kita maunya gemana, tp kan kenyataannya lain, Kalo tetep maksain, takutnya malah kita jadi orangtua yang egois. Salah 1 penyesalanku adalah maksain anak ASI sampe usia 13 bulan padahal udah diminta stop sama dokter dari usia 9 bulanan. Dan anak yang masih ASI memang cenderung menolak susu lain. Semoga sehat2 trus yaa

  19. anita says:

    Assalamualaikum mbak, anakku divonis gagal tumbuh. Astaghfirullahalladzim. Rasanya sedih dan menyesal banget. Saya udah berkali2 ke dokter, kenapa anak saya lurus, bb seret, dan selalu jawabannya anak ibu ga papa ko, ideal aja, gemuk2 aja tuh. Sampe akhirnya dia sakit batuk pilek dan pindah dokter, beliau concern ke tb dan bb nya,dibukalah itu grafik2 dan beliau bilang “ibu, anak ibu stunting”. Potek hatiku mbak, nahan nangis. Rasanya pemgwn teriak. Why?? Kenapa baru ketahuan srkarang??. Ya Allah, sedih dna merasa bener2 bersalah. Kenapa ga lebih ngotot cari tahu, kenapa..kenapa..dan kenapa..
    Fyi anak aku skg usia 21 bl tb bb 73 dan 8.3. Dokter kasih menu diet dagibg merah dan hati 3 x dalam 1 mg, dan sufor kalori tinggi. Bukannya naik, malah mogok makan, sufor juga ga mau. Duhh…pusing. Udah sicampur si puding, di dot, gelas, campur coklat, maaih ga mau. Huhuhu…. Oh iya dia maaih menyusu mbak. Nemu tulisan mbak rasanaya kaya punya temen curhat. Hehehe
    Dokter targetkan naik 1 kg, tgl 28 nanti kontrol.

    • titiw says:

      Halo mbak Anita. Salam kenal ya. Iyaaa, emang kita tuh gak boleh terlena sama kalimat “Sehat kok, gak papa kurus asal sehat asal aktif”. YAng ada pola pikir dibalik “Mumpung masih sehat, gimana supaya BB dan TBnya optimal?” Menurutku kalau masih ASI, diberhentikan aja mbak. Karena ASI usia segini hanya untuk kenyamanan saja. Semoga membaik yaa :)

      • titiw says:

        Wah, ini udah ngelewatin ambang batas kak. Ambang batas anak belum bisa jalan tuh usia 15 bulan. Langsung aja konsul ke dokter.

  20. Shanaya says:

    Mohon maaf mba bertanya, Mba sampai sekarang anaknya masih konsumsi susu tinggi kalorinya ngga? Apakah dari awal sampai sekarang ada jeda (misal berenti sebulan baru lanjut lagi) tidak? Terima kasih mba

  21. eva widayanti says:

    Ya Alloh aku bersyukur banget nemu tulisan mba. anakku 16 Bulan BB 7.8Kg. sulit banget naikin BB nya. sempet disuruh Sunat tp hati ku berat. Bismillah Insya Alloh aku ikutin langkah mba buat segera bawa anakku ke DSA. semoga BB anakku melejit

  22. Nurul says:

    Halo bun, proses kala mau dan suka minim susu kalori tinggi brp lama ya? mau tanya caranya gmn ya biar si anak suka dan mau minum susu kalori tinggi itu? Anak saya disuruh 60 ml infatrini campur ke 60 ml asi tp msh gakmau juga😩 jd saya turunin infatrininya.

  23. Dita says:

    Alhamdulillaah nemu postingan ini, bisa sedikit memberi pencerahan saat sedang galau BB anak stag saat 5 bln 😭

  24. Desta says:

    Mom apakah saat kala dijam makannya tdk mau makan langsung diberikan susu? Atau tunggu 2 jam setelahnya sesuai feeding rules yg dokter klara anjurkan ya? Karena anak saya jg konsumsi nutrinidrink tp masih tetep kekeh berjuang sesuai feeding rules agar mau makan. Doyannya nyusu aja jd suka minta susu dijam makannya :(

    • titiw says:

      Halo, kalo emang grafiknya sudah bener2 rendah, gak usah maksain makan. Belajar makan bisa nanti, tp BB harus dikejar. Jadi gapapa, gak usah setres ya. Aku kalo pas dia gak mau makan, yaudah gak dipikirin. Tinggal kasih susu, nanti kasih lemper, risol, atau cemilan berat yang bisa bikin dia semangat makan. Semangan bunn!

  25. Fasya says:

    Halo Kak mau tanya ini disapih 13 bulan ya? Karena susah makan kah? Anakku juga diresepin nutrinidrink tapi susaaahh banget minumnya lebih mau nyusu/air putih, makannya dilepeh terus. Galau jyga kalo disapih nanti dia malah maunya air putih doang gamau nutrinidrink nya gimana😂 Ada sharing ketika menyapih dan efeknya gimana terhadap kemauan minum susu barangkali? Makasih kaa

    • titiw says:

      Sapih tentu saja berefek pada maunya si anak untuk mencoba minuman lain. Kalo pas ASI, dia udah nyamaaan banget. Sedangkan pas disapih dia cari kenyamanan lain. Aku kasih susu ini juga gak instan kok, ada 4-5 bulan sampai dia akhirnya bener2 mau. Jadi semangat trus yaa

  26. Haniem says:

    Salam kenal mba,, saya juga lagi di fase bb turun
    Dari 6,7 turun jadi 6,4
    Sempat naik 6,6 2 minggu kemudian malah turun 6,48
    Akhirnya di suruh minum infatrini bubuk 5x60ml.. Alhamdulillaahnya doyan tapi ngga sampai 60ml habisnya.
    Paling sedikit 20ml paling banyak 30-40ml, 50 cuma berapa kali

    Ini hari ke 5 anak minum sufor infatrini.. Masih ada 9 hari lagi sebelum kontrol lagi ke dokter
    Bismillaah semoga ada kenaikan bb anak saya

    • Widy says:

      Hallo bund.. Saya juga konsul ke dokter herbowo karna belum berani jalan sendiri sudah 2 tahun, alhamdulillah kata dr. Herbowo syarafnya nomal tp disarankan ke gizi dan saya konsul ke gizi kemudian di berikan jadwal makan juga sama seperti bunda (susu, makan, susu, makan, susu, susu, makan, susu/susu). Dokternya juga bilang kalo makan jangan dipaksa, itu yang masih saya belum bisa lakuin karna si dede buka mulutnya kalo dipegang pipinya kalo ga ya ga mau buka mulut. Minum nutrini awalnya dipaksa jg tp alhamdulillah sekarang udah ga, walaupun diresepkan dokter gizinya 3 botol (600ml) sehari tapi si dede bisa minumnya 2 botol (400ml) paling banyak 500ml tapi itu juga pake pemaksaan dan akhirnya si dede dah ga mau dipaksa2, saya juga jadi ga maksa dia buat capai target 3 botol sehari. InsyaAllah besok tanggal 10 maret kontrol gizi lagi. Yang saya mau tanya sama bunda waktu anak bunda minum nutrini apa dia juga boleh minum air putih? Karna awalnya dede saya ga kasih air putih tapi ko kayanya lemes saya takut dehidrasi jadi saya minumin air putih juga. Tolong dijawab yak bund.. Terimakasih

  27. Dwi says:

    Hai mbak mau tanya, untuk jadwal makan per 2 jam itu, kalo anaknya tidur bagaimana? Dilewat kah? Misalnya sedang tidur di jadwal sufor jadi bagaimana?

    • titiw says:

      makanya jadwal tidur juga harus diatur kak. Kalo anaknya lg tidur jangan dibangunkan dipaksa makan ya. Jadwalnya diadjust aja, bangun2 langsung makan/sufor

  28. Intan says:

    Mba aku mau Tanya, anakku diresepkan nutrinidrink juga oleh dsa cuma lupa tanya
    Cara penyeduhannya air dingin seperti yg ada di kaleng atau seprti kita seduh susu biasa (dngan air hangat)?
    Terimaksih mba

  29. Getmi Nurmanela says:

    Halo bun… anaku case nya disaranin buat minum susu tinggi kalori infatrini tapi anaku gamau :( gimana yaa buat tetap asupannya? atau ganti susu lain yg sejenis gitu?

    • titiw says:

      dulu pas awal2 anakku belum mau, aku kasi sufor apapun yang anaknya mau. dari situ coba2 infatrini dikurangin takarannya, dikit2 dikit2 lama2 mau

  30. Getmi says:

    Mba, gimana caranya anaku supaya doyan susu infatrini ya? soalnya disaranin susu infatrini sm dokter karna buat ngejar bb nya..

    • titiw says:

      agak sulit memang kalo masih asi. waktu itu aku dari pertama kali kasih ke akhirnya dia mau, itu butuh waktu 5 bulan :’)

      • Ike says:

        Mom maaf mau tanya, anakku skg umur 13 bulan 20hr. Bb nya 8 kg. Sm dokter di resepkan Nutrini botol.
        Masalahnya dl sewaktu dia pkai infatrini mau mom, pas peralihan ke susu lanjutan nutrini dia susah adabtasinya. Akhirnya sm ibuku kl mau di minumkan diatroh botol 50ml, lalu ditanbah air 20ml supaya tdk terlalu manis. Apakah boleh ya mom ?

        Ohya anakku ini lg teraphy TB Kelenjar bulan ke 5 mom. Kmren juga ada ISk tp sudah sembuh. Nah dia ini minum Nutrini sehari mentok 200ml, selebihnya Asi (dbf). Kurang bgt kan mom? Gimana ya mom cara menyapihnya ?

        • titiw says:

          menurutku sih berenti aja ASInya. lagipula kan sudah dapet asi eksklusif. karena kayak anakku, pas masih ASI ya akan males sama susu lain. Iya bisa dicairin dlu aja nutrininya. Gak sesuai takaran. Kalo dia udah mau, lama2 tambahin dikit2 sampe sesuai takaran ya.

  31. Nunu says:

    Abis sahur baca kisah mba,,,,,, nemu tulisan mba ininkrn pas lg nyari di pencarian om gugel efek susu tinggi kalori untuk anak,,,,, (fyi : anakku kmrn diresepin dokter minum susu itu),,,, tp yg bikin sedih teringat anak pertama ku saat ini usia 5 thn dan beratnya 17,3kg ( kisah anak pertama persis sama sama nak Kala) tp krn anakku alergi dan positif mantoux, tp oleh dokter tumbuh kembang gak ada minta tes ISK. Sedihhh klo ingat msa gold nya yg gak terpenuhi

    • titiw says:

      semangat kaaak. Anak pertamaku di usia emas baik2 aja, tapi di usia 5 tahun ini malah cuma 16kg beratnya hehehe.

  32. Fika says:

    Mba, seneng banget nemu cerita ini, mirip ma kondisiku sekarang. Sedih banget BB anakku terus turun dan terakhir disuruh minum susu tinggi kalori. Cuman ya Allah, susaah banget minuminnya, sudah pakai segala cara,tetep suka nenen. 😭. Ada tips ga mba biar anakku 10 bulan ini mau minum susu?

    • titiw says:

      Kuncinya ada di sapih kak. Selama masih ASI, anak akan males minum susu lain. Aku waktu itu udah usaha minumin sufor ke anakku dari usia 8-9 bulan, dan baru sukses di usia 13 bulan setelah sapih, coba sufor lain dlu, kurangin takaran, dll. Jadi ya gak instan. Semangat kak!

  33. Mama Aydin says:

    Hi.. Mbak.. saya baru mau kasih anak saya nurtinidrink… Maka saya flattern weight 4 bulan. TB nya drop hampir diminus 2. Mbak Kalo nurtinidrink ini bisa naikin TB juga gak ya? Waktu anak mbak Naik 1 kilo itu TB nya Naik berapa?

    • titiw says:

      Wah untuk TB jujur saya lupa banget mbak. Tapi pas diukur, TB anak saya agak di bawah rata-rata memang. Kalau kata dokter, coba juga minum zinc untuk penambah TB. Tapi lebih baik konsul juga ya agar lebih jelas. :)

  34. noviaah says:

    alhamdulillaah berkat tulisan mama titiw, bisa nemu hilal bb anak seret 3 bulan terakhir. cuma naik 100gr sebulan,

    pas di cek bener positif isk, lg nunggu isk kulturnya sembari minum antibiotik :((

    bener potek sepotek poteknya hati mamak pas tau anak positif isk, padahl kurang bersih cemana lg gitu. tp pas tau hasilnya, sedikit lega juga karna tau treatment yg inshaallah tepat buat ngejar ketinggalan bb nya anak. makasii banyak mama ilmu & sharingnya, semoga selalu diberikan kesehatan sekeluarga aminnn :)))

  35. Utin says:

    Mbak terimakasih sudah memberikan semangat. Tulisannya enak bgt gak bosenin, malah nambah semangat. ak abs ke dsa juga, disaranin pola yg sama hanya makan dan minum susu nutrinidrink. Dan jg dikasi zinc sm dsanya. Semoga seberuntung mbak ya, anak ak naik BB nya dratis. ak terlambat bgt ke dsanya pas usia udh 14m dg bb 7kg turun dratis yg sblm msh kuning jd merah karna demam bapil gtm. Mbak itu takarannya 6 sendok ya utk mencapai susu 120ml atau airnya 120ml dulu baru 6 sendok takar susu? Mohon dibalas mbak penting buat saya.

    • titiw says:

      Halo, terima kasih udah main2 ke sini. Tenang, gada kata telat kalo mau usaha. Takaran 120ML itu HASIL AKHIR. Jadi gak usah mikir airnya berapa. Masukin susunya dulu, trus masukin air, aduk2, aduk2 terus, sampe ketemu 120ML. Baru deh diminumin. Semoga sehat2 terus yaa anaknya. :)

  36. Ratih says:

    Hallo mom, ini sama dengan yang aku ali, anaku blbr mnm infatrini dr usia 10 hari karena asi ku ga mendukung bb nya, wktu usia 10 hari bb nya cuma 2.2 alhasil stop asi pakai infatrini, lgsung naik 1.3 kg sebulan, tp diusia 5 bln stop infatrini krna kurva sdh bagus, tp bln berikutnya malah turun, menyesal stop infatrini, akhirna balik lagi, tp usia 6 bln keatas bb seret walau pakai infatrini, isk negative, ternyata anemia defesiensi besi (adb), sehingga mnm suplemen zat besi, tp anaknya muntah2 mnm itu, anaku masih 7.4 kg usia 11 bln, 70cm, protein tinggi zat besi kaya ati dll, masih berjuang nyuapin krna sering dilepeh. Krna bb anaku masih seret takut isk lagi kecolongan, semoga naik lagi, bln depan konsul dsa, apakah cek kulture urine ulang hrs saran dsa atau inisiatif sndiri mom? Doakan bb nya naik lagi ya mom, semoga anak mom selalu sehat

    • titiw says:

      Waktu itu kebetulan DSA aku memang teliti sehingga dia yang bilang tes kultur urin. Coba aja dlu kontrol dan konsul, kalo sampe akhir DSA gak saranin, coba tanya. Semoga sehat2 yaa

  37. renita says:

    terharu banget kak denger ceritanya, bener kak, nambahin yg mslh 1000 hari pertama itu. 10 kg pertama berat anak itu banyak disupply ke otak jd gak boleh kurang mmg kalo mau anaknya cerdas , seneng dengernya ka sekarang anaknya udah sesuai track beratnya, semangat terus smua ibuk2… 1000 hari pertama mmg bisa dibilang 2 tahun terpenting penentu masa depan dia, walaupun pembentukan karakter juga penting..

  38. Auliaulia says:

    Mom , kala pas minu puyer heptasan ada efeknya ga?? Sy juga barusan dr dr klara. Trs abis minum itu tidur anak sy jd gelisah, bentar2 tangan sm kakinya ke angkat sndri, kyk kaget2 gt. Aku baca2 efek samping heptasan itu bisa halusinasi, gangguang kordinasi , gelisah dll.. apa anaknya mommy jg gitu dlu??

  39. Eki says:

    Assalamu’alaikum bund, Alhamdulillah saya seneng banget baca pengalaman bunda Titiw, kebetulan anak ke 4 saya seminggu yang lalu di diagnosis ISK & Anemia sama dsa nya, sedih saya, bahkan kondisi anak saya sekarang sampai gak mau belajar jalan, padahal sebelum nya sudah hampir mau jalan, jadi sekarang anak saya ini bisa dibilang kepayahan (sedih), dalam seminggu ini saya juga sudah coba mengatur pola makannya, tapi dia malah GTM (tambah sedih). Apa bunda Titiw berkenan share pengalaman bunda pada saya?

    • titiw says:

      Walaikumsalam kak Eki, punten tapi semua pengalamannya udah aku ceritain nih di blog ini, di part 1 dan part 2. :’) Anaknya umur berapa ya btw? Menurutku gak usah kelamaan sedih, gak ngubah apa2. Bangkit, apa yang bisa dilakukan untuk atasi ISKnya. Lalu apakah butuh asupan zat besi? Lalu setelah beres, lanjut ke dr tumbuh kembang untuk nanya apakah jalan belum lancarnya wajar. Semangat teruuus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *